Monday

Review Motor Kawasaki Ninja 250

Industri otomotif Indonesia khususnya motor Sport, hampir semuanya didominasi oleh motor buatan Kawasaki, salah satunya adalah Kawasaki Ninja 250 ABS. Motor sport ini dilengkapi sistem pengereman ABS (anti-lock braking sistem) yang merupakan sistem pengereman modern untuk mencegah terjadinya penguncian ban ketika melakukan pengereman mendadai. Selain itu, motor ini juga dilengkapi mesih bertenaga 250 cc yang didalamnya terdapat sistem pendingin air dan 2 silinder tegak yang berdiri sejajar.

Teknologi mesin canggih yang dimiliki Kawasaki Ninja 250 ABS membuat harga jualnya dibanderol lebih mahal dibandingkan Yamaha R25 ABS. Meski sama-sama mengadopsi mesih 250 cc dan teknologi pengereman ABS, namun menurut kami desain Ninja 250 ABS terlihat lebih sporty dibandingkan Yamaha R25. Hal inilah yang membuat pecinta otomotif di Indonesia lebih memilih membeli motor Sport buatan Kawasaki, ketimbang membeli motor sport besutan Yamaha maupun Honda, meski dari segi harga tidak berbeda terlalu jauh.

Kepopuleran Kawasaki Ninja 250 ABS sebagai salah satu motor sport terbaik di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, soalnya dengan mudah kita bisa menjumpai motor sport ini hilir mudik dijalan raya. Padahal harga Kawasaki Ninja 250 ABS dibandrol mencapai 65 Jutaan, yang tergolong cukup mahal bagi kalangan menengah kebawah. Namun rupanya motor ini mampu menarik minat pecinta otomotif yang menginginkan sebuah sepeda motor bergaya balap dengan body full fairing yang terlihat sporty.

Fitur-fitur modern, dan teknolog mesin canggih memang sebanding dengan harga Kawasaki Ninja 250 ABS. Hadirnya mesin berkapasitas 250cc, menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta otomotif yang ingin memiliki motor sport berpeforma maksimal.

Di pasar Indonesia, pabrik Kawasaki telah merilis produk motor sport Kawasaki Ninja 250 dengan dua varian utama, yakni yang dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-lock Brake System) dan non ABS. Secara garis besar, perbedaan di antara keduanya adalah pada penerapan teknologi ABS saja. Motor Kawasaki Ninja 250 edisi ABS memiliki sistem pengereman ABS yang membantu mencegah ban mengunci saat pengereman mendadak. Sistem pengereman ini persis seperti yang diterapkan pada Ninja ZX-1400F.

Selain teknologi ini, perbedaan keduanya dapat dilihat dari bobot motor. Motor Ninja 250 non ABS memiliki berat 172 kg, sedangkan Ninja 250 ABS memiliki berat total yaitu 174 kg.

Baik motor Ninja 250 ABS atau non ABS, keduanya telah dilengkapi dengan teknologi Slipper Clutch. Teknologi ini mampu mengurangi efek back torque atau engine brake pada saat menurunkan gigi dengan cepat atau mendadak. Dengan demikian, akan sangat berguna dalam mencegah terjadinya ban belakang yang mengunci atau selip.

Sebagai sebuah kendaraan roda dua yang berharga mahal, fitur-fitur unggulan dapat dijumpai pada keluaran Kawasaki yang satu ini. Pada bagian fairing motor terlihat lebih maskulin. Pada bagian stang, didesain dengan stang jepit ala motor semi balap. Pada bagian jok, mengusung jenis single seat yang merupakan jok terpisah. Pada bagian lampu utama, ada 2 bagian lampu yang menyerupai mata orang dan memberikan kesan lebih agresif. Lampu sein depannya dibuat dengan sistem built-in model, sementara lampu sein belakang bergaya sharp design.

Pada bagian speedometer, motor sport Ninja 250 ini menggunakan sistem digital yang memiliki panel-panel, seperti penunjuk kecepatan, RPM, indikator gigi, indikator lampu dan sein, serta indikator fuel-injection. Sejumlah panel tersebut memiliki fungsi memberi kemudahan dan panduan kepada pengendara.

1. Fitur Unggulan Kawasaki Ninja 250

Berikut ini adalah sejumlah fitur unggulan yang dimiliki oleh motor Kawasaki Ninja 250 terbaru ini.

Short-style silincer Kawasaki Ninja 250 Short-style silincer
Petal disc-brake and ABS Kawasaki Ninja 250 Petal disc-brake and ABS
Fuel tank Kawasaki Ninja 250 Super Bike Fuel Tank Design
Modern speedometer Kawasaki Ninja 250 Modern speedometer
Fuel injected and parallel twin engine Kawasaki Ninja 250 Fuel injected and parallel twin engine
Dual throttle valve Kawasaki Ninja 250 Dual throttle valve
Dual headlamps Kawasaki Ninja 250 Dual headlamps
Circuit-Developed Frame Kawasaki Ninja 250 Circuit-Developed Frame
10 spkoe wheels Kawasaki Ninja 250 10 spoke wheels

Sumber: Kawasaki Motor Indonesia

2. Varian Kawasaki Ninja 250

Motor Kawasaki Ninja 250 tersedia dalam dua varian utama, yakni ABS dan non ABS (standar). Untuk varian ABS, tersedia model Ninja 250 ABS dan Ninja 250 SE. Sementara untuk varian non ABS, tersedia model Ninja 250 dan Ninja 250 BEET.
Warna Hijau, Merah, Hitam, Metallic Merah Hijau, Metallic Merah

Sumber: Kawasaki Motor Indonesia
Kawasaki Ninja 250 non ABS hijau
"Kawasaki Ninja 250 non ABS hijau"

Kawasaki Ninja 250 non ABS merah terbaru
"Kawasaki Ninja 250 non ABS merah terbaru"

Kawasaki Ninja 250 BEET
"Kawasaki Ninja 250 BEET"

Kawasaki Ninja 250 ABS hijau
"Kawasaki Ninja 250 ABS hijau"

Kawasaki Ninja 250 ABS metallic
"Kawasaki Ninja 250 ABS metallic"

Kawasaki Ninja 250 SE
"Kawasaki Ninja 250 SE"

3. Spesifikasi Kawasaki Ninja 250

Motor Ninja 250 merupakan motor sport premium yang membawa desain dan teknologi terbaru. Mesin yang diusung berkekuatan 250 cc terdiri dari dua silinder yang sejajar. Dua silinder ini memiliki teknologi DOHC dengan 4 tak, 6 percepatan. Selain itu, dilengkapi dengan sistem pendinginan yang menggunakan water cooling system. Motor sport Kawasaki ini mampu memberikan kekuatan maksimum sebesar 23.5 kW (32 PS) pada putaran mesin 11.000 RPM, torsi maksimum sebesar 21.0 nM (2.1 KGF-M) pada putaran mesin 10.000 RPM. Inilah sebab motor ini begitu responsif dan berpower besar.

Tipe Mesin 4-Langkah / Tak, Pendinginan Air, Dua Buah Sejajar
Volume Silinder 249 cc
Diameter X Langkah 62,0 x 41,2 mm
Perbandingan kompresi 11.3 : 1
Katub Sistem DOHC, 8 valves
Daya maksimum 23.5 kW (32 PS) / 11,000 RPM
Torsi maksimum 21.0 n-M (2.1 KGF-M) / 10,000 RPM
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection System (o28 mm x 2) dengan katup Throttle Ganda
Tipe transmisi 6-speed, return shift
Sistem starter Electric Starter
Sistem Pengapian Digital
Sumber: Kawasaki Motor Indonesia

Kekuatan motor yang besar juga diimbangi dengan suspensi yang nyaman. Pada bagian belakang, motor ini dilekatkan suspensi bertipe Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan. Kawasaki Ninja 250 juga menggunakan rem cakram depan dan belakang yang compact untuk memberikan tenaga pengereman yang akurat.
Suspensi Depan 37 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan
Ban Depan 110/70-17 M/C (54S)
Ban Belakang 140/70-17 M/C (66S)
Rem Depan Tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston serta Anti-lock Brake System (khusus model ABS)
Rem Belakang Tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston serta Anti-lock Brake System (khusus model ABS)
Panjang x Lebar x Tinggi 2.010 mm x 715 mm x 1.110 mm
Berat 172 kg (model non ABS) dan 174 kg (model ABS)
Sumber: Kawasaki Motor Indonesia

4. Harga Kawasaki Ninja 250

Berikut ini adalah daftar harga motor Ninja 250 dengan variannya masing-masing.
Harga Rp 54.900.000 Rp 62.300.000 Rp 63.300.000 Rp 57.700.000
Sumber: Kawasaki Motor Indonesia
Keterangan: Harga OTR dan berlaku di JADETABEK

5. Kelebihan Dan Kekurangan Kawasaki Ninja 250

Kelebihan motor sport Kawasaki 250 cc ini terdapat dalam sejumlah fitur high-end yang dimilikinya, seperti penerapan teknologi ABS (Anti-lock Brake System). Desain motor sport Ninja 250 yang mengusung desain futuristik dengan perpaduan warna yang eye-catching sungguh menarik terlihat, memberi kesan sporty dan aerodinamis yang kental. Satu-satunya kelemahan motor ini adalah harganya yang mahal, sebab memang ditujukan untuk kelas menengah ke atas.

Demikianlah Review Motor Kawasaki Ninja 250 yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan  KORAIBI Cover Motor K2 - Black
KORAIBI Cover Motor K2 - Black 


Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof).

Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan

KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.

Model / Tipe / Size

  • K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
  • K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
  • K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
  • K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)

0 komentar:

Post a Comment