Friday

Speedometer dan Odometer

Speedometer berguna untuk mengukur kecepatan sepeda motor. Biasanya speedometer dipasang dibagian depan di atas lampu kepala agar mudah dibaca oleh pengendara sepeda motor. Speedometer sangat penting dan harus ada pada setiap sepeda motor yang beroperasi di jalan raya demi keselamatan. Di sepanjang jalan raya ada rambu - rambu batas kecepatan sepeda motor tidak boleh lebih cepat. Pada jalan yang disekitarnya ada tempat - tempat penting sepeda motor tidak boleh terlalu cepat. Dengan demikian pengendara sepeda motor harus menyesuaikan kecepatannya dengan rambu - rambu lalulintas tersebut. Untuk memudahkan hal itu dipasanglah pengukur kecepatan yaitu speedometer.
Image result for speedometer motor
Speedometer
Di samping speedometer, sepeda motor juga dilengkapi dengan alat pengukur jarak yaitu odometer. Odometer dipasang satu unit dengan speedometer. Odometer sangat penting untuk pemeriksaan, penyetelan dan perawatan sepeda motor. Penggantian oli pelumas, saringan udara, penyetelan celah katup dan sebagainya secara berkala berdasarkan jarak yang ditempuh sepeda motor. Apabila sepeda motor yang baru hendak dioperasikan, terlebih dahulu sepeda motor harus dijalankan dengan jarak tertentu tanpa beban. Sepeda motor baru yang langsung dioperasikan akan mengalami kerusakan, sebab komponen - komponen yang bergerak masih agak kasar permukaanya dan belum terbiasa menerima panas dan beban yang tinggi. 
Image result for odometer
Odometer

Pemeriksaan dan perawatan :

  1. Lepas kawat speedometer dan kawat odometer. Periksa keadaan kawat tersebut dari kemungkinan aus, berkarat atau putus. Jika perlu kawat dapat diganti dengan yang baru.
  2. Periksa keadaan mekanik penggerak kawat speedometer dekat poros roda depan dan mekanik penggerak kawat odometer pada blok silinder. Jika keadaan mekanik penggerak tersebut sudah rusak atau aus sekali maka harus segera diganti.
  3. Pasang kembali kawat speedometer dan kawat odometer. Jangan lupa beri pelumas secukupnya dengan vet pada seluruh permukaan kawat tersebut.

0 komentar:

Post a Comment