Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Transmisi Manual - Bagi pembaca yang ingin tahu tentang penjelasan transmisi manual, kali
ini kami akan berbagi informasi terkait pengertian, fungsi, komponen
dan cara kerja transmisi manual. Sering kali saat ini masih
banyak orang yang belum mengetahui apa itu transmisi manual, baik dari
pengertiannya maupun fungsinya. Padahal, pada transmisi manual ini
memiliki banyak sekali susunan komponen dan cara kerja yang seharusnya pembaca ketahui, apalagi bagi pembaca yang memiliki kendaraan bertransmisi
manual. Oleh karena itu, meski tampaknya sederhana dan tidak berpengaruh kepada
kinerja kendaraan pembaca, namun mengetahui pengertian, fungsi, komponen
dan cara kerja transmisi manual tampaknya menjadi topik pokok yang
sebaiknya pembaca ketahui dan pahami oleh setiap orang pemilik kendaraan
yang menggunakan sistem transmisi manual. Hal ini ditujukan agar suatu
saat jika kendaraan mengalami kerusakan yang berhubungan dengan sistem
transmisinya, maka si pengguna akan sedikit paham apa yang haru
dilakukan. Di sinilah letak pentingnya mengetahui pengertian,
fungsi, komponen dan cara kerja transmisi manual.
Dalam kaitannya dengan pengertian, fungsi, komponen dan
cara kerja transmisi manual yang akan kami sampaikan kali ini, bukan
berarti bahwa dengan mengetahui pengertian maupun fungsi dari komponen
transmisi manual beserta cara kerjanya, langsung bisa mengatasi masalah.
Hanya saja, kelebihan yang akan pembaca dapatkan jika memahami atau pun
mengenali pengertian, fungsi, komponen dan cara kerja transmisi manual,
tentu akan memudahkan pengguna yang memiliki kendaraan bersistem
transmisi manual ini lebih tahu di mana letak kerusakan jika pada suatu saat
terjadi hal yang tidak beres pada sistem transmisinya. Bahkan, dengan
mengetahui cara kerja transmisi manual pun, setidaknya pembaca bisa tahu
juga bagaimana cara merawat kendaraan
yang bertransmisi manual sehingga kerusakan yang kemungkinan terjadi
pun bisa dicegah sedini mungkin. Untuk itu, bagi pembaca yang belum tahu soal transmisi manual ini, tidak perlu bingung. Mari, kita simak
bersama ulasan lengkap dari kami kali ini yang akan membahas secara
lebih spesifik tentang pengertian, fungsi, komponen dan cara kerja transmisi manual pada segmen-segmen di bawah ini!
Pengertian Transmisi Manual
Pertama,
sebelum jauh membahas berbagai segmen-segmen, di awal pertemuan ini kami akan mengulas tentang pengertian transmisi manual. Perlu diketahui
dahulu bahwa secara umum, transmisi merupakan komponen pada mesin yang
memiliki tujuan untuk merubah kecepatan dan tenaga putar dari mesin yang
tertuju pada roda yang nantinya bisa digunakan untuk menggerakkan
kendaraan. Disamping itu, sistem pemindah tenaga ini meliputi unit
kopling, transmisi, deferensial, poros serta roda kendaraan. Seluruh
bagian tersebut akan saling berhubungan satu sama lain. Terkait
dengan pengertian transmisi manual, posisi dan komponennya terletak pada
ujung depan sesudah unit kopling dari sistem pemindah tenaga pada
sebuah kendaraan. Sebagai contoh seperti ini, sebut saja pada sepeda
motor yang memiliki 4 percepatan, letak transmisi manual di sini sebagai
salah satu bagian hardware dari sistem pemindah tenaga dengan 4
tingkatan. Dengan adanya transmisi tersebut maka tenaga yang
dihasilkan mesin bisa diteruskan ke poros propeler shaft sehingga
kendaraan pun bisa berjalan. Dengan sedikit memahami pengertian
transmisi manual tersebut maka bisa diambil kesimpulan singkat bahwa
pengertian sistem transmisi manual merupakan suatu komponen pemindah
tenaga yang dihasilkan dari mesin ke poros roda yang membuat kendaraan
bisa berjalan sesuai dengan percepatannya.
Fungsi Transmisi Manual
Setelah pembaca memahami atau mengetahui apa itu transmisi manual, kini
waktunya kami untuk membahas fungsi transmisi manual. Sebenarnya,
fungsi utama dari setiap transmisi pada kendaraan bermotor, memiliki
tugas yang sama, yaitu menyalurkan tenaga dari mesin ke roda-rodanya.
Hanya saja, sistem kinerjanya saja yang berbeda. Dalam kaitannya
dengan fungsi transmisi manual ini, ada beberapa fungsi dengan
penggunaan mesin yang bertransmisi manual. Antara lain sebagai berikut:
- Pertama yaitu untuk menyalurkan tenaga atau pun sebut saja putaran mesin dari kopling ke poros propeler shaft.
- Kemudian, fungsi yang ke dua yaitu merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan beberapa kebutuhan yang tergantung dari beban yang ditanggung mesin serta keadaan medan jalan.
- Selain itu, fungsi transmisi manual ini juga terletak pada kemungkinan bahwa kendaraan untuk bergerak mundur atau disebut juga dengan reserve yang umumnya kondisi ini ada pada kendaraan yang memiliki lebih dari dua roda, seperti mobil.
Dari
beberapa fungsi transmisi manual tersebut di atas, tentu saja
dipastikan bahwa setiap orang yang memiliki kendaraan sendiri yang
bertransmisi manual tentunya akan lebih mudah memahami bagaimana kinerja
daripada sistem transmisi pada kendarannya sendiri. Selain itu, dari
penjelasan mengenai fungsi transmisi manual yang disebutkan di atas,
pastinya sobat akan tahu mana komponen yang perlu mendapat perawatan
dalam kaitannya pada sistem transmisi manual.
Komponen Transmisi Manual
Di
sisi lain, setelah sobat semua memahami pengertian dan fungsi dari
sistem transmisi manual ini, kini waktunya kita untuk mengenal jauh
beberapa komponen transmisi manual. Sebenarnya, jika ditelisik lebih
mendalam, ada beberapa komponen yang memiliki fungsi sendiri-sendiri.
Nah, untuk mengenal lebih jauh, berikut Mas Sena sampaikan beberapa
komponen transmisi manual:
- Transmission Case atau disebut juga dengan input transmisi ini merupakan salah satu komponen transmisi manual yang nantinya bertugas untuk menerima output yang dihasilkan dari unit kopling. Dengan kata lain, komponen yang satu ini merupakan salah satu bagian dalam transmisi manual sebagai tempat berdiamnya seluruh komponen transmisi.
- Selanjutnya, komponen yang cukup penting yaitu transmission gear atau biasa dikenal dengan roda gigi transmisi. Komponen yang satu ini bertugas untuk merubah input yang dihadirkan dari sistem permesinan menjadi output torsi di mana nantinya akan meninggalkan transmisi yang sepadan atau pun sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan.
- Selain itu, ada juga komponen transmisi manual yang bernama Synchroniser atau gigi penyesuai di mana komponen ini merupakan media yang digunakan untuk melengkapi atau membantu pemindahan kecepatan ketika dalam kondisi putaran super tinggi. Tentu, dengan adanya gigi penyesuai ini maka dipastikan akan membuat kinerja transmisi manual semakin ringan.
- Gear Shift Lever dan Shift Fork pun juga salah satu komponen yang ada pada sistem transmisi manual. Komponen transmisi manual yang lebih kita kenal dengan nama tuas pemindah persneling dan garpu pemindah ini sangat penting sekali keberadaannya dalam transmisi kendaraan. Pasalnya, fungsinya sendiri sebagai alat untuk menggerakkan maupun mengoperasikan sistem transmisi yang dilakukan oleh si pengemudi.
- Reverse Gear adalah komponen yang ada pada sistem transmisi manual yang bertugas untuk merubah arah dari putaran output shaft sehingga akan membuat kendaaran bisa berjalan mundur jika dibutuhkan. Maka, karena fungsinya tersebut, tentu komponen transmisi manual yang satu ini cukup penting keberadaannya.
- Di samping itu, ada juga yang namanya Hub Slave yang merupakan komponen pada transmisi manual di mana memiliki tugas sebagai pengunci penyesuaian yang terjadi dengan gigi percepatan sehingga akan sangat memungkinkan output shap bisa berputar dan berhenti.
- Nah, komponen transmisi manual yang terakhir yaitu Main Bearing dan Output Shaft di mana untuk Main Bearing ini berfungsi sebagai bantalan dari output shaft. Sementara itu, untuk output shaft sendiri memiliki tugas untuk menutup output shaft yang juga sekaligus dudukan tongkat persneling.
Jika melihat satu persatu, tampaknya ketujuh
komponen transmisi manual yang telah diutarakan di atas memang cukup
banyak. Namun, perlu sobat pahami bahwa seluruh komponen yang
tersematkan dalam sistem transmisi manual tersebut sangat berpengaruh
pada performa yang diberikan oleh kendaraan. Maka dari itu, merupakan
suatu kewajaran jika komponen transmisi manual ini tersusun dari banyak
bagian yang saling terhubung satu sama lain.
Cara Kerja Transmisi Manual
Menginjak pada bagian yang terakhir, kini saatnya kami
berbagi informasi mengenai cara kerja transmisi manual yang didasarkan
atas posisi gigi persneling. Berikut penjelasannya:
- Pertama, cara kerja transmisi manual ketika dalam kondisi netral (N) maka mesin tak akan disalurkan pada poros output. Hal ini dikarenakan Syncromesh dalam kondisi bebas atau tak sedang terhubung dengan roda gigi tingkat.
- Untuk cara kerja mesin transmisi manual yang ke dua yaitu pada saat tuas transmisi ditekan maka secara otomatis pemindah gigi akan berputar bersamaan dengan pemutar shift drum yang mengaitkan serta melakukan dorongan shift drum sampai kondisi berputar.
- Kemudian, cara kerja transmisi manual yaitu shift drum tadi akan terpasang dengan garpu pemilih gigi yang sudah diberi pin di mana pin ini nantinya akan melakukan penguncian pada garpu pemilih pada bagian ulirnya.
- Lalu, garpu pemilih gigi yang terhubung dengan gigi geser atau sliding gear tadi nantinya akan bergerak ke kanan atau ke kiri di mana gerakannya akan mengikuti ke mana langkah dari gerak garpu pemilih gigi. Setiap gerakan pada gigi geser ini nantinya akan mengunci pada gigi kecepatan yang disesuaikan dengan sektor poros di mana letak gigi tersebut berada.
- Menginjak cara kerja transmisi manual selanjutnya yaitu gigi kecepatan (1-4 percepatan) akan bebas berputar pada setiap porosnya. Katakanlah ketika gigi masuk pada saat sepeda motor dikendarai, sebenarnya kondisi tersebut merupakan proses penguncian gigi kecepatan yang dikaitkan pada poros tempat di mana gigi tersebut berada dalam proses penguncian yang dilakukan oleh gigi geser.
Jika dilihat sepintas
bisa dikatakan bahwa cara kerja transmisi manual tersebut cukup rumit
dan sulit dipahami. Namun, dari langkah-langkah pada kinerja transmisi
manual di atas bisa diambil kseimpulan ringkas bahwa dalam proses
perpindahan gigi, tentunya ada komponen pemindah gigi dari percepatan 1
hingga 4 di mana ketika menginjak salah satu dari percepatan tersebut,
gigi geser akan terkunci dan berputar pada porosnya masing-masing. Dari uraian tersebut, apakah pembaca sudah paham dengan cara kerja
transmisi manual yang telah kami terangkan di atas?
0 komentar:
Post a Comment