Wednesday

Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras

Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras - Bagi pembaca yang sering mengalami operan gigi persneling motornya terasa berat pastinya pembaca harus tahu penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras. Masalah pada persneling motor keras yang satu ini memang sudah banyak sekali dialami dan dikeluhkan oleh para pengendara sepeda motor. Tentu, hal tersebut sangat menjengkelkan bukan? Bagaimana tidak, saat sedang asyik melaju tiba-tiba gigi persneling terasa berat dan keras. Tentu, kondisi seperti ini dapat membahayakan bagi pengendaranya, apalagi ketika sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi. Maka dari itu, mengetahui penyebab gigi persneling motor keras dan cara mengatasinya merupakan hal yang wajib diketahui oleh setiap pengendara sepeda motor, apalagi bagi kawan-kawan yang mengalami masalah perpindahan gigi motornya seret atau berat. Tapi, bagi kawan-kawan yang belum tahu penyebab dan cara mengatasai masalah tersebut jangan khawatir. Pasalnya, kali ini kami akan berbagi info mengenai penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras.

Related image Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa topik terkait dengan penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras harus pembaca ketahui dan benar-benar dipahami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, selain bisa menyebabkan kecelakaan, masalah perpindahan gigi motor terasa berat atau keras bisa berdampak pada kerusakan komponen mesin yang lain jika tidak segera ditangani. Banyak sekali faktor penyebab persneling motor susah dioper yang sebenarnya bisa dicegah jika kita mengetahui penyebab gigi persneling motor keras dan cara mengatasinya tersebut dengan benar. Bahkan, cara mengatasi gigi persneling motor yang keras atau terasa berat pun juga bisa pembaca lakukan sendiri dengan mudah. Namun, tentu untuk melakukannya dengan benar pembaca perlu mengetahui langkah-langkah nya secara benar. Karena, jika pembaca belum mengetahui cara mengatasi permasalahan ini dengan benar maka bukan tidak mungkin niat hati ingin memperbaiki malah justru menambah kerusakan. Untuk mengawali ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras, kami akan mengawalinya dengan membahas penyebab gigi persneling motor keras terlebih dulu.

Penyebab Gigi Persneling Motor Keras

Di awal pembahasan ini, kita akan memulainya dengan mengulas beberapa penyebab gigi persneling motor keras. Berikut beberapa penyebabnya:

Image result for Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras
  1. Penyebab gigi persneling motor keras yang pertama yaitu dikarenakan setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang kurang pas. Pasalnya, pengaturan spelling atau jarak renggang pada tuas persneling ini memiliki settingan yang akan berdampak pada akselerasi motor. Di mana ketika diatur dengan ukuran sempit maka perpindahan giginya akan terasa lebih empuk tetapi untuk tarikan akselerasinya menjadi sedikit lambat. Begitu juga dengan sebaliknya, jika ukuran tuas persneling terlalu renggang maka perpindahan gigi akan mengalami kesulitan. Sebab, pada saat tangkai kampas belum mencapai posisi maksimal namun justru tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Hal ini harus pembaca ketahui.
  2. Selain itu, kerusakan yang terjadi pada arm pendorong kopling pun juga merupakan salah satu penyebab gigi persneling motor keras. Sebab, jika komponen yang satu ini rusak maka gigi persneling pun akan terasa susah dan sulit untuk berpindah meskipun mur-baut spelling sudah diatur dengan benar.
  3. Penyebab lain yang juga menjadikan persneling menjadi keras adalah plat kopling yang sudah rusak. Biasanya, komponen yang satu ini jika sudah rusak dan perlu diganti, umumnya akan terlihat melengkung yang akan membuat kerenggangan antara kampas kopling koplight menjadi kurang maksimal. Sehingga, gearbox pun yang kondisinya masih berputar justru akan membuat tangkai pemindahnya menggeser drum pada pemindah gigi.
  4. Tidak berfungsinya cluth cover juga menjadi salah satu penyebab gigi persneling motor keras. Pada umumnya, tanda-tanda komponen ini rusak bisa diketahui dari timbulnya suara kasar ketika pemindahan gigi transmisi.
Selain keempat penyebab gigi persneling motor keras yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan perpindahan gigi persneling terasa berat. Antara lain seperti motor dipaksa membawa beban berat, setelan kopling handle yang kurang sesuai, kampas kopling yang mulai menipis, kabel kopling berkarat dan terlalu kaku. Namun, dari sekian penyebab gigi persneling motor keras yang sering ditemukan, penyebab yang paling sering ditemukan yaitu setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang kurang pas, setelah arm pendorong kopling dan plat kopling rusak serta cluth cover yang tak berfungsi. Maka, untuk dapat melakukan perbaikan dengan benar, sobat harus cermat dalam mendeteksi penyebab gigi persneling motor keras tersebut.

Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras

Setelah kita tahu penyebabnya, kini kami akan menerangkan cara mengatasi gigi persneling motor keras yang dijabarkan di bawah ini:
  1. Pertama, cara mengatasi gigi persneling motor keras bisa dilakukan dengan menggunakan oli berkualitas atau sesuai dengan standar pabrik. Sebab, oli memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang kinerja komponen mesin, tak terkecuali pada persneling gigi. Pasalnya, oli yang memiliki kualitas di bawah standar atau mengental maka akan membuat gigi persneling susah dioper sehingga akan membuat gigi persneling pada mesin pun terpaksa bekerja lebih ekstra.
  2. Pengecekan kampas kopling khusus motor berkopling pun menjadi salah satu cara untuk mengatasi gigi persneling motor yang keras. Bukan tanpa alasan mengingat jika kampas koplingnya sudah aus atau habis maka akan membuat tenaga motor menjadi lemah. Bahkan, jika tak segera diganti maka akan berakibat fatal pada gigi persneling yang menjadi keras. Maka dari itu, pengecekan dan penggantian kampas kopling merupakan hal mutlak sebagai salah satu cara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.
  3. Selain itu, cara mengatasi gigi persneling motor keras bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada tali kopling. Perhatikan kekencangan tali kopling, jika dirasa sudah mengendur maka harus diatur kembali agar menjadi lebih ketat. Untuk memperlancar tali kopling agar perpindahan gigi persneling terasa enteng maka bisa dilakukan dengan mencuci tali kopling dengan menggunakan minyak dan sedikit ditambah oli pada tali kopling.
  4. Memanaskan mesin sebelum digunakan pun juga sangat dianjurkan agar gigi persneling tidak teras keras. Sebab, ketika proses pemanasan mesin maka secara tak langsung oli akan melumasi mesin motor, termasuk gigi persneling sehingga ketika dikendarai maka perpindahan giginya pun akan terasa lebih lembut dan enteng. Sobat bisa melakukan pemanasan mesin ini di waktu pagi hari secara rutin sebelum dikendarai. Dengan begitu, meski terlihat sepele namun memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan langkah efektif sebagai cara mengatasi gigi persneling motor keras.
Jika kita melihat beberapa cara mengatasi gigi persneling motor keras yang disebutkan di atas, tampaknya memang dirasa cukup mudah dan tak terlalu rumit. Bahkan, kawan-kawan bisa menerapkan beberapa tahapan tersebut secara mandiri. Di samping itu, dari beberapa paparan mengenai cara mengatasi gigi persneling motor keras yang disampaikan di atas, tampaknya hal yang paling mudah untuk mencegah gigi persneling terasa berat, yaitu dengan rutin memanaskan mesin sebelum digunakan dan rutin service agar performa mesin motor kawan mampu bertahan lama.

Setelah kita tahu beberapa penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras, tentunya bukan hal yang sulit. Sebab, jika melihat ulasan di atas, tampaknya tahapan-tahapan yang dilakukan cukup mudah dan simple bahkan bisa sobat lakukan sendiri di rumah. Namun, hal yang paling penting untuk dilakukan yaitu selalu rutin service motor sobat agar segala kerusakan termasuk pada gigi persneling pun bisa diperbaiki atau dicegah sedini mungkin. Nah, sampai di sini dulu perjumpaan kita ya sob. Semoga ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras di atas bisa bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment