Lampu Motor Mati Pada Putaran Tinggi
Mungkin diantara anda pernah mengalami ketika motor anda berada pada putaran tinggi lampu kepala langsung mati. Untuk motor dengan rangkaian full wave seperti motor bebek pada umumnya arus listrik bersumber dari generator bukan dari baterai/aki. Generator pada sepeda motor bekerja berdasarkan putaran, sehingga apabila semakin tinggi putaran maka tegangan listrik yang dihasilkan juga semakin tinggi. Komponen-komponen kelistrikan pada sepeda motor memakai tegangan tidak lebih dari 13 volt. Oleh karena itu tegangan yang dihasilkan oleh generator perlu dibatasi, agar pada putaran tinggi tegangan yang dihasilkan tidak lebih dari 13 volt. Komponen yang berfungsi untuk membatasi tegangan listrik tersebut bernama regulator rectifire.cek kiprok saat lampu mati pada putaran tinggi |
Regulator rectifire atau yang sering disebut dengan kiprok
berfungsi untuk mengatur (meregulasi) agar tegangan yang dihasilkan oleh
generator tidak lebih dari 13 volt. Jadi apabila lampu motor anda mati
ketika mesin pada putaran tinggi, penyebabnya adalah besarnya tegangan
yang mengalir ke lampu akibat rusaknya kiprok. Untuk lebih meyakinkan
lagi anda bisa mengeceknya dengan multimeter. Putarlah selector pada DC
50 volt kemudian hubungkan probe merah (+) multimeter ke kabel yang
menuju ke lampu (biasanya berwarna kuning) dan probe hitam (-) ke massa /
body. Hidupkan mesin dan putar perlahan-lahan handle gas, lihatlah
jarum pada multimeter apakah menunjukan lebih 13 volt atau tidak. Jika
jarum multimeter menunjukan lebih dari 13 v maka dapat dipastikan kiprok
anda soak atau rusak.
ciri-ciri kiprok pada sepeda motor rusak adalah lemahnya pada pengisian aki dan lampu motor redup walau sudah digas.
Kiprok m rusak kebanyakan malah tegangannya jadi tinggi ke aki nya bisa
sampe 19 volt atau lebih,cara untuk mengetahui kerusakan kipruk ialah
ukur pake Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian
gas motor, umpama tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt
sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki
efeknya aki cepat jebol, cdi, kelistrikan bisa rusak,yang normal saat
diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun
kiprok bebek Honda Supra ada 4 kaki (kabel warna putih, kuning, hijau dan merah). Tugasnya selain buat pengisian (mengubah arus AC jd DC) juga sebagai penyetabil (jika pengisian berlebih akan dibuang ke massa).
Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt)
semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.
kiprok bebek Honda Supra ada 4 kaki (kabel warna putih, kuning, hijau dan merah). Tugasnya selain buat pengisian (mengubah arus AC jd DC) juga sebagai penyetabil (jika pengisian berlebih akan dibuang ke massa).
Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt)
semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.
Jadi regulator rectifire atau kiprok ini sangat penting peranya
pada kendaraan. Jika dipastikan rusak maka segeralah ganti dengan yang
baru agar tidak merusak komponen-komponen lainya. Semakin tinggi putaran
mesin, semakin tinggi pula listrik yang dihasilkan sehingga bisa
menyebabkan kerusakan salah satunya lampu motor mati.
Pak motor saya supra x 125 th 2007.
ReplyDeleteKlo baru stater rpm tinggi lampu kepala dan spedo mati.
Saya coba sen dan doble stater tetap ok.
Tp klo buat jalan beberapa kilometer/panas baru bisa normal.
Kira-kira kendalanya di apanya ya?
Spd motor sya justru sebaliknya,saat putaran mesin tinggi baru nyala lampu utamanya saat putaran mesin rendah mati lampu utamnya, itu masalahnya apa ya,? Mohon penjelasan dan cara mengatasinya. Trims
ReplyDeleteYang saya kasus nya, saat di panaskan normal semua.. saat masuk gigi lampu malah mati.
ReplyDelete