Saturday

Review Nissan X - Trail

Review Nissan X - Trail - Tampaknya kendaraan roda empat masih terus menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Hiruk pikuknya jalan raya yang semakin hari semakin padat akan kedaraan menjadikan hampir semua pabrikan mobil yang ada semakin gencar memproduksi produk yang mereka miliki termasuk juga pabrikan Nissan Motor Indonesia yang beberapa waktu lalu kembali menghadirkan satu seri mobil terbaru bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) yakni All New Nissan X-Trail yang hadir dengan penuh gaya sporty serta trendy.

Dipasarkannya mobil ini untuk kalangan menengah tentu saja menjadikan banyak kelebihan dan keunggulan yang di berikan Nissan pada mobil yang satu ini. Harga Nissan X-Trail yang di bandrol lebih dari 200 juta rupiah menandakan bahwa mobil ini cukup layak untuk bisa dijadikan pilihan. Desain elegan, penuh warna, interior menawan dan juga performa mumpuni menjadi bagian dari kelebihan yang akan di tawarkan mobil ini untuk pembaca. Didesain dengan menawarkan konsep yang mewah namun tetap memiliki stabilitas tinggi, mobil SUV generasi ketiga dari Nissan ini tentu sangat cocok untuk anda.

Berkendara di jalanan Indonesia yang notabennya masih belum merata di setiap daerahnya tentu bukan lagi menjadi masalah ketika menggunakan mobil SUV yang satu ini, disamping memiliki performa mesin yang tangguh dengan adanya kapasitas mesin 2500 cc untuk tipe Nissan X Trail 2.5 dan 2000 cc untuk tipe Nissan X Trail 2.0, kendaraan roda empat yang satu ini juga memiliki suspensi yang cukup empuk dengan segala teknologi canggih sudah di sematkan pada mobil ini sehingga ketika di ajak bermanuver di jalanan di Indonesia Nissan X-Trail akan sangat nyaman dan aman.

Selain itu mobil yang secara resmi di pasarkan di Indonesia tepat 1 tahun lalu atau lebih tepatnya lagi pada 12 September 2014 lalu ini masih menjadi idola bagi sebagian besar masyarakat Indonesia meskipun harga Nissan X-Trail yang ditawarkan masih cukup tinggi. Dan seperti kita ketahui seri mobil Nissan All New X-Trail terbagi dalam tiga varian yakni Nissan X Trail 2.0 MT, Nissan X Trail 2.0 CVT, dan Nissan X Trail 2.5 CVT yang mana semua seri tersebut juga dapat menjadi mobil keluarga yang sangat cocok karena memiliki desain interior yang super keren. Berikut kami sampaikan Review Nissan X - Trail dibawah ini.

Image result for nissan x trail
Nissan X - Trail

Review Nissan X - Trail


Eksterior


SUV besutan Nissan ini memang hadir dengan menawarkan tampilan eksterior dengan gaya desain mewah dan elegan. Selain itu, beberapa lekuk bodi yang begitu aerodinamis pada setiap sisi bodinya pun kian membuat tampilan mobil ini tampak begitu menawan. Apalagi pada sektor depan Nissan X-Trail ini, Nissan menyematkan headlamp auto On/Off berteknologi LED Daytime Running Light yang didesain mengusung gaya modern dan berkarakter gagah yang mampu memberikan penerangan secara maksimal, terutama ketika dikendarai di waktu malam hari di saat jalanan minim penerangan lampu kota. Bahkan, lampu sein pun juga terpasang manis pada bagian depannya dengan mengandalkan lampu LED sehingga menampilkan kesan SUV premium yang berkarakter. Selain itu, pada bumper depannya pun Nissan X Trail juga tidak kalah elok dengan disematkannya bumper khas SUV yang berkarakter tinggi dan gagah ditambah Foglamp yang siap menerangi dari kabut tebal yang mengganggu perjalanan.

Sedangkan dari samping, terlihat Roof Rail dan Side Skirt yang dibentuk dengan kesan simpel yang kian membuat mobil ini tampil begitu elegan dan easy to use. Selain itu, pada sektor bodi samping terlihat juga sedikit lekukan samar namun tampak begitu tegas dan berotot yang semakin memperkuat Nissan X-Trail ini sebagai mobil yang gagah dan berwibawa. Sedangkan untuk body bagian belakangnya tampil premium dengan Tail Light-nya yang besar dan  menjorok horizontal di mana mengusung stop lamp berteknologi LED yang semakin menyempurnakan kesan sporty. Tampaknya, sektor eksterior dari spesifikasi Nissan X Trail ini memang menampilkan tampilan desain mewah yang berkarakter SUV petualang.

Interior


Ketika memasuki pada ruang kabinnya, akan disuguhkan ruang kabin yang cukup luas di mana pada ruang kabinnya tersebut terdapat jok yang berbahan material yang dibuat soft yang sangat baik dengan pilihan kulit yang nyaman untuk diduduki dalam perjalanan jauh. Bahkan, ruang kabinnya tersebut juga mampu menampung hingga 8 penumpang sekaligus pengemudinya. Selain itu, desain interior dari Nissan X Trail ini pun juga terbilang sangat elegan dan comfortable yang dilengkapi dengan beberapa fitur canggih pada dashboardnya. Menariknya, dashboard sampai dengan pintu panel pun tertutup dengan pelapis soft yang tampak begitu elegan dengan gelaran warna hitam yang begitu elegan. Selain itu, pada sektor dashboard, tampak terpasang manis sebuah layar touchscreen seluas 7 inci yang tersematkan pad bagian tengah dari dashboard. Layar tersebut dilengkapi Around View Monitor di mana fitur ini akan memantau keadaan sekitar secara 360° dari atas kendaraan dengan 4 (empat) kamera yang ditampilkan dalam format bentuk split screen close-up di monitor. Sehingga, pengemudinya pun akan lebih mudah dan nyaman saat memarkir Nissan X-Trail ini di ruang sempit. Selain itu, di sekitar layar sentuh tersebut juga terdapat tombol panel Integrated 2DIN AM/FM CD Player (MP3 Compatible) yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik kesukaan. Lalu, dilengkapi juga fitur Advanced Drive-Assist Display di depan pengemudi yang akan menyajikan beragam info terkait kondisi kendaraan dan perjalanan didepan mata, sehingga pengemdui pun dapat tetap fokus mengemudi. Bahkan, pada steering wheel dari spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dilengkapi panel Steering Switch Audio Control yang akan memudahkan pengemudi dalam mengontrol sistem audio sistem dengan panel pada kemudinya.

Di sisi lain, spesifikasi Nissan X-Trail ini menawarkan kabin tiga sap jok yang tentu saja menjadi kelebihan mobil dari SUV mewah ini. Apalagi jok baris kedua bisa dilipat secara fleksibel dengan format kursi terpisah 60/40 yang dapat digeser ke depan sehingga penumpang pun akan lebih merasakan keleluasaan saat berbaring tidur. Tak hanya sampai di situ saja, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih pada pintu belakang bernama Hands Free (Touchless) Back Door System yang menjadi sebuah keunggulan utama dari Nissan X Trail ini di mana teknologi ini memungkinan pintu secara otomatis akan terbuka hanya dengan menyentuh panel di dashboard. Menariknya pada tipe X Trail 2.5 CVT, pintu tengah dari spesifikasi Nissan X-Trail ini juga bisa dibuka hingga 77 derajat sehinga akan lebih mudah memasukan barang ketika bagasi di belakang sudah penuh.

Dimensi


Apabila kita kembali menilk pada sektor desain yang tampak bongsor dan interiornya yang luas, tentu hal tersebut tak bisa lepas dari struktur ukuran dimensi pembentuknya. Dalam kaitannya dengan dimensi dari Nissan X Trail, SUV ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tingginya 1.720 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2.705 mm sehingga membuat bobot mobil ini mencapai 1.501 Kg. Selain itu, SUV besutan Nissan ini juga memiliki ground clearance setinggi 210 mm. Dengan ukuran jarak terendah ke tanah atau ground clearance tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa mobil ini akan cocok dikendarai di berbagai medan jalan, baik jalan perkotaan maupun medan petualang. Di sisi lain, untuk menunjang stabilitas dalam berkendara maka Nissan X-Trail ini akan dilengkapi dengan suspensi kokoh di mana pada sektor depan akan mengandalkan tipe Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Sedangkan untuk sisi belakang, akan disematkan tipe suspensi Independent Multi-link with Stabilizer Bar. Kedua suspensi tersebut diklaim mampu meredam dan menahan setiap getaran atau goncangan ketika melewati jalanan terjal, bergeronjal, atau pun berlubang. Sehingga, pengemudi maupun penumpangnya akan merasa nyaman. Tak sampai di situ saja, untuk menunjukan tingkat kenyamanan yang lebih sempurna, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan roda berukuran 225/65 R17 lengkap dengan dua tipe pengereman berbeda yakni depan menggunakan Ventilated Disc dan belakang menggunakan tipe Disc. Menariknya, kedua pengereman tersebut juga disemtkan sebuah teknologi ABS, EBD dan BA yang akan memberikan tingkat pengereman yang sempurna dan handal. Sehingga, dengan dibenamkannya teknologi yang mempuni dalam fitur pengereman tersebut, tentu saja tak salah bila harga Nissan X-Trail ini cukup mahal.

Mesin


SUV premium besutan Nissan ini akan hadir dengan menawarkan 2 varian mesin yang berbeda, yaitu varian 2.0 liter dan 2.5 liter. Dengan adanya dua varian tersebut maka calon konsumen pun akan lebih lelusa dalam memilih varian mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mengingat kedua varian dari Nissan X-Trail ini ini memiliki harga yang berbeda. Untuk varian 2.0 L, akan mengandalkan tipe mesin MR20DD dengan 4 silinder dan 16 katup serta memiliki teknologi DOHC dan Dual CVTCS yang berkapasitas mesin 1997cc. Mesin ini mampu menghasilkan power maksimum 144 PS per 6.000 rpm dan torsi maksimum 20.4 kg.m per 4.400 rpm. Sedangkan untuk tipe transimisnya seri ini menggunakan 6 percepatan manual. Sementara itu, untuk tipe 2.5 L, Nissan akan mengandalkan tipe mesin QR25DE berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder sertai memiliki teknologi Dual CVTCS. Yang mana dengan teknologi tersebut mampu membuat mesin berkapasitas 2.488cc ini menghasilkan power maksimum 171 PS per putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 23.8 kg.m setiap berputar 4.000 rpm. Perbedaan lain dari dua varian Nissan X-Trail ini terletak pada sistem injeksi di mana pada versi 2.5 L akan menggunakan Multi Point Injection sementara itu, pada versi 2.0 L akan menggunakan Direct Injection. Namun keduanya sama-sama mampu membuat penggunaan bahan bakar berkapasitas 60 L lebih irit. Dengan diberikannya teknologi mesin yang cukup mumpuni pada spesifikasi Nissan X-Trail tersebut, tentu saja membuat kedua versi mobil ini terasa lebih pas bagi para konsumen yang memiliki jiwa petualang.

Fitur


Pertama, untuk menunjang keselamatan atau keamanan pengemudi dan penumpang depan, maka Nissan pun membekali SUV garapannya ini dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan. Di sisi lain, Nissan X Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan 4 titik sensor parker yang disematkan pada sektor belakang dari mobil ini. Sehingga, pengemudi pun akan lebih mudah dan aman ketika memarkir mobil di tempat yang tak terlalu luas atau sempit. Kemudian, spesifikasi Nissan X-Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan Seat Belt pada bagian depan maupun belakang kursi yang akan membuat para penumpangnya merasa nyaman ketika meleati jalanan yangberkelok-kelok. Tak hanya itu saja, penumpang pun akan merasa betah dalam mobil mengingat pada spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dibenamkan beberapa fitur canggih, seperti audio sistem dan juga AC.

Demikianlah  Review Nissan X - Trail yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. terima kasih


0 komentar:

Post a Comment