Cara Merawat Oil Cooler Satria F150- Banyak yang salah kaprah
yang mengira oil cooler pada Satria F150 adalah radiator. Jika dilihat
sekilas memang ada kesamaan bentuk dari oil cooler dan radiator. Padahal
kedua kompenen ini jelas sangat beda secara fungsinya. Nah cara kerja
dari oil cooler pada satria F150 ini adalah dengan mendinginkan oli
pelumas yang disirkulasikan menggunakan sebuah pompa. Dengan demikian
temperatur dari satria yang notabene mempunyai kapasitas silinder yang
besar dan perbandingan kompresi yang cukup besar akan terjaga.
Oil Cooler Satria F150 |
Agar oil cooler satra F150 bekerja secara maksimal tentu perlu dilakukan perawatan secara periodik. Selama ini memang teknologi besutan suzuki yang telah dikenalkan sejak 2005 silam itu tidak terjadi masalah. Namun ada beberapa part terkait, yang jika terjadi masalah akan mengganngu kinerja oil cooler. Jika hal tersebut terjadi maka imbasnya mesin Satria F150 akan mudah overhead.
Perawatan Pada Oil Cooler Satria F 150
1. Filter Oli
Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang bercampur pada oli
pelumas. Nah untuk itu perlu dilakukan penggantian secara teratur
minimal setiap tiga kali pergantian oli.
2. Cek Kebersihan Filter Oli
Jika terdapat kotoran pada filter oli maka tentunya akan menghambat sirkulasi dari oli pelumas.
3. Pastikan Gear Pompa Oli Bekerja Dengan Baik
Pompa ini berfunsi untuk memberikan tekanan pada oli pelumas sehingga
bisa bersirkulasi. Apabila ada masalah akibatnya sirkulasi terhambat.
Masalah yang biasa terjadi adalah rompalnya pada salah satu gigi gear
pompa oli tersebut.
Jadi jika filter oli dan pompa oli bekerja secara maksimal maka kinerja oil cooler
tidak terganggu, sehingga temperatur oli akan terjaga. Hal ini penting
karena jika terjadi overhead akibatnya akan merusak komponen-komponen
lain seperti cylinder head yang bengkok, kompresi bocor dll.
0 komentar:
Post a Comment