Suzuki Smash 110 adalah sepeda motor bebek produksi PT Suzuki Indomobil Motor (sekarang PT. Suzuki Indomobil Sales) yang diluncurkan tahun 2002 ber-tagline "Si Gesit Irit".
Suzuki Smash (FD110) adalah sepeda motor 4 tak Suzuki yang sangat
disukai oleh banyak orang di kala itu. Tampilan yang wah dan memikat,
serta dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi di balik itu, sepeda
motor ini sebenarnya tidak lebih baik dari sepeda motor yang
digantikannya yakni Suzuki Shogun
110 sebelumnya. Hanya saja, pada sepeda motor ini kualitas barang dan
bahannya sedikit dikurangi untuk menekan biaya produksi. Serta untuk
bersaing dengan sepeda motor perusahaan lainnya, yakni Honda Supra X dan Yamaha Vega.
Dalam perkembangannya, lahir Suzuki New Smash (FL110) walaupun dengan
cc yang sama, perbedaannya hanya terletak pada sentuhan desain bodi yang
lebih kuat dan sporty serta beberapa fitur tambahan.
"Suzuki Smash 110" |
Motor ini pertama kali dirilis pada November 2002. Saat itu,
motor dengan tagline “Si Gesit Irit” ini sangat populer dan digemari
masyarakat Indonesia. Pasalnya, desain motor ini terlihat wah dan
memikat untuk zamannya serta memiliki harga jual yang relatif
terjangkau.
Ketika itu, Suzuki Smash dihadirkan untuk menggantikan
posisi sang senior, Shogun 110. Namun, kualitas barang dan material pada
motor ini sedikit dikurangi untuk menekan biaya produksi agar mampu
bersaing dengan sepeda motor Honda Supra X dan Yamaha Vega.
Smash sendiri memiliki keunggulan pada torsi mesin yang besar jika dibandingkan dengan Shogun 110. Pasalnya, motor ini telah mengusung teknologi
SEPIS (Suzuki Economy and Power Intake System) sehingga konsumsi bahan
bakar lebih irit namun tetap menghasilkan performa yang maksimal.
Untuk sektor jantung pacu, Suzuki Smash menggendong mesin tipe
4-stroke, single cylinder, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 109,1cc.
Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga 7,7 PS
pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 0,81 kg-m pada putaran 5.500
rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi manual empat percepatan.
Pada tahun 2006, dirilis Smash generasi kedua di Taman Mini
Indonesia Indah. Saat itu, Suzuki New Smash ini sempat menjalani uji
ketahanan di Sirkuit Sentul dengan jarak tempuh 4.226 km selama 50 jam
non-stop. Smash generasi kedua ini juga telah disokong teknologi PAIRS
(Pulse-secondary Air-injection System) untuk mengurangi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.
Selang empat tahun kemudian, generasi ketiga dirilis dengan
tajuk Smash Titan. Terdapat beberapa perubahan pada model ini, salah
satunya desain bodi yang sudah menganut 3D dan karburator yang telah
disokong dengan TPS (Throttle Position Switch). Berikut spesifikasi teknis Suzuki Smash 110.
Dimensi
1.932 x 650 x 1.062 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 650 mm |
Jarak ke Tanah | 153 mm |
Tinggi Jok | 755 mm |
Kapasitas Bahan Bakar | 4,5 liter |
Berat | 93,7 kg |
Tipe Rangka | Pipa segi empat |
Suspensi Depan | Teleskopik, peredam oli |
Suspensi Belakang | Swing arm, double shock |
Rem Depan | Tromol (2002), Cakram Hidraulis (2003) |
Rem Belakang | Tromol |
Ban Depan | 2,50-17 4PR |
Ban Belakang | 2,75-17 4PR |
Tipe Mesin | 4-stroke, single cylinder, SOHC, pendingin udara |
Kapasitas Silinder | 109,1cc |
Diameter x Langkah | 53,5 x 48,8 mm |
Daya Maksimum | 7,7 PS @ 7.000 rpm |
Torsi Maksimum | 0,81 kg-m @ 5.500 rpm |
Sistem Transmisi | Manual, 4-speed |
Starter | Electric dan Kick |
Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan KORAIBI Cover Motor K2 - Black
Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof
KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan
parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga
dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis
berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan
tahan terhadap air (Waterproof).
Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan
KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain
full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah
ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu
dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik
jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat
pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.
Model / Tipe / Size
- K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
- K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
- K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
- K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)
0 komentar:
Post a Comment