Wednesday

Suzuki Smash 110, Motor Bebek Yang Gesit dan Irit

Suzuki Smash 110 adalah sepeda motor bebek produksi PT Suzuki Indomobil Motor (sekarang PT. Suzuki Indomobil Sales) yang diluncurkan tahun 2002 ber-tagline "Si Gesit Irit". Suzuki Smash (FD110) adalah sepeda motor 4 tak Suzuki yang sangat disukai oleh banyak orang di kala itu. Tampilan yang wah dan memikat, serta dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi di balik itu, sepeda motor ini sebenarnya tidak lebih baik dari sepeda motor yang digantikannya yakni Suzuki Shogun 110 sebelumnya. Hanya saja, pada sepeda motor ini kualitas barang dan bahannya sedikit dikurangi untuk menekan biaya produksi. Serta untuk bersaing dengan sepeda motor perusahaan lainnya, yakni Honda Supra X dan Yamaha Vega. Dalam perkembangannya, lahir Suzuki New Smash (FL110) walaupun dengan cc yang sama, perbedaannya hanya terletak pada sentuhan desain bodi yang lebih kuat dan sporty serta beberapa fitur tambahan.

Image result for suzuki smash 110
"Suzuki Smash 110"

Motor ini pertama kali dirilis pada November 2002. Saat itu, motor dengan tagline “Si Gesit Irit” ini sangat populer dan digemari masyarakat Indonesia. Pasalnya, desain motor ini terlihat wah dan memikat untuk zamannya serta memiliki harga jual yang relatif terjangkau.
 
Ketika itu, Suzuki Smash dihadirkan untuk menggantikan posisi sang senior, Shogun 110. Namun, kualitas barang dan material pada motor ini sedikit dikurangi untuk menekan biaya produksi agar mampu bersaing dengan sepeda motor Honda Supra X dan Yamaha Vega.

Smash sendiri memiliki keunggulan pada torsi mesin yang besar jika dibandingkan dengan Shogun 110. Pasalnya, motor ini telah mengusung teknologi SEPIS (Suzuki Economy and Power Intake System) sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit namun tetap menghasilkan performa yang maksimal.
 
Untuk sektor jantung pacu, Suzuki Smash menggendong mesin tipe 4-stroke, single cylinder, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 109,1cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga 7,7 PS pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 0,81 kg-m pada putaran 5.500 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi manual empat percepatan.
 
Pada tahun 2006, dirilis Smash generasi kedua di Taman Mini Indonesia Indah. Saat itu, Suzuki New Smash ini sempat menjalani uji ketahanan di Sirkuit Sentul dengan jarak tempuh 4.226 km selama 50 jam non-stop. Smash generasi kedua ini juga telah disokong teknologi PAIRS (Pulse-secondary Air-injection System) untuk mengurangi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.
 
Selang empat tahun kemudian, generasi ketiga dirilis dengan tajuk Smash Titan. Terdapat beberapa perubahan pada model ini, salah satunya desain bodi yang sudah menganut 3D dan karburator yang telah disokong dengan TPS (Throttle Position Switch). Berikut spesifikasi teknis Suzuki Smash 110.

Dimensi

1.932 x 650 x 1.062 mm
Jarak Sumbu Roda 650 mm
Jarak ke Tanah 153 mm
Tinggi Jok 755 mm
Kapasitas Bahan Bakar 4,5 liter
Berat 93,7 kg
Tipe Rangka Pipa segi empat
Suspensi Depan Teleskopik, peredam oli
Suspensi Belakang Swing arm, double shock
Rem Depan Tromol (2002), Cakram Hidraulis (2003)
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 2,50-17 4PR
Ban Belakang 2,75-17 4PR
Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder, SOHC, pendingin udara
Kapasitas Silinder 109,1cc
Diameter x Langkah 53,5 x 48,8 mm
Daya Maksimum 7,7 PS @ 7.000 rpm
Torsi Maksimum 0,81 kg-m @ 5.500 rpm
Sistem Transmisi Manual, 4-speed
Starter Electric dan Kick

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan  KORAIBI Cover Motor K2 - Black
KORAIBI Cover Motor K2 - Black 


Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof).

Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan

KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.

Model / Tipe / Size

  • K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
  • K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
  • K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
  • K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)


0 komentar:

Post a Comment