Yamaha NMAX adalah model skuter matik (skutik) yang dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), anak perusahaan Yamaha Motor Company di Indonesia. Skuter ini diluncurkan secara resmi pada bulan Februari 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor, sebagai sebuah model global yang akan berbasis produksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara.
NMAX diperkenalkan sebagai anggota terbaru dari seri MAX, yang
merupakan jajaran maksi-skuter sporty dari Yamaha. Model yang populer
dari seri MAX yang cukup populer di Eropa dan Amerika antara lain TMAX dan XMAX
"Yamaha NMax" |
Skuter matik berkapasitas mesin yang cukup besar memang masih jarang
populasinya. Yamaha akhirnya menelurkan skutik gambot bermesin 150 cc, N
Max seolah menjadi oase bagi rider yang mau mengendarai skutik dengan
performa yahud dan nyaman dikendarai.
Desain N Max cukup berbeda
dengan skutik yang sudah beredar sebelumnya, berkesan futuristik
sekaligus sporty. Cover penutup dek samping dan tangki bahan bakar yang
bergaris tegas menonjolkan desain kekar matic 150 cc ini. Saat melongok
ke tampang depan, lampu LED terlihat keren dan kala riding malam dan
tentu sangat membantu menerangi jalan dengan maksimal. Sayangnya,
windshield kurang besar. Tentu bakal cimaik jika panel indikator yang
serba digital bisa diteduhi oleh windshield agak tinggi.
Begitu
duduk di jok langsung terasa kenyamanan khas big skutik. N Max cukup
nyaman dikendarai dengan dua posisi kaki. Rider bisa selonjorkan kaki
kedepan kalau mau agak santai, dan juga bisa menapak ke dek bawah supaya
lebih sigap. Tapi sayangnya dengan postur rider kurang dari 170 cm agak
sulit menapakkan kaki ke tanah. Tapi saat sudah melaju tentu hal itu
terlupakan, dibuai oleh performa dan kenyamanan N Max. Tak cuma
kenyamanan yang ditawarkan oleh N Max. Bagi yang mau membawa muatan
berlebih bisa diakomodasi oleh matic yang punya bagasi berkapasitas 23
liter ini. Untuk sekedar menyimpan helm half face saja tentu bisa
ditelan oleh bagasi ini.
Output tenaga yang cukup untuk melaju di
dalam kota maupun perjalanan luar kota dimiliki N Max pada mesin 155 cc
yang digendongnya. Dapur pacunya memang cukup menggiurkan. Tenaga 14,8
dk dihasilkan dari mesin berteknologi Blue Core, 4 klep dengan sistem
Variable Valve Actuation (VVA). Mirip teknologi VTEC dan VVT-i pada
mesin mobil.
"Yamaha NMax" |
Kompresi mesin matic gambot ini memang cukup tinggi,
yaitu 10,5:1 tentu menuntut bahan bakar berkualitas bagus sekelas
Pertamax. Saat selongsong gas dipelintir, respon mesin untuk melesatkan
motor berbobot 127 kg ini cukup mengesankan. Kami ukur dengan Racelogic
Performance Box, akselarasi awal 0-60 km/jam didapat pada tempo 5,4
detik saja. Cukup kencang untuk stop and go di dalam kota.
Tarikan
N Max yang cukup kencang ternyata tak membuat N Max boros BBM. Dengan
pengetesan dalam kota, kecepatan dipatok tak lebih dari 60 km/jam dengan
rute bervariasi, skuter Yamaha ini mencatat konsumsi 46 km/liter.
Mengimbangi
performa mesin kencangnya, N Max dibekali fitur ABS pada rem cakram
depan dan belakang. Gejala hilang traksi ban pada permukaan licin cukup
baik diredam sistem pengeremannya. N Max yang kami tes adalah unit yang
sudah pakai sistem pengeraman ABS. Tapi ada 1 varian N Max yang tidak
pakai ABS. Perbedaan dari kedua varian ini hanya di penggunaan ABSnya
saja. Selebihnya punya spesifikasi yang sama.
Mesin Blue Core yang
dijejali Yamaha tentu menjadi fitur yang cukup diunggulkan di sektor
mesin selain teknologi VVA yang disebutkan diatas. Matic yang punya
sistem pendinginan radiator ini juga berlimpah fitur pada panel
indikator. Saat kontak di posisi ON, maka indikator full digitalnya akan
menyajikan informasi yang cukup lengkap. Selain dua trip meter, ada
indicator Eco Fuel, konsumsi BBM dan jadwal servis sabuk CVT. Saat
mengisi ulang bahan bakar rider dan penumpang N Max tak perlu turun dari
motor. Karena tangki bahan bakar yang terletak diantara kaki rider
cukup dibuka dengan kunci saat isi bensin.
Kemunculan Yamaha N Max
tentu adalah salah satu strategi pabrikan berlambang garpu tala ini
untuk mengisi ceruk pasar skuter matik 150 cc. Honda sudah hadir duluan
dengan PCX 150. Meski mesin sekelas, PCX dibanderol cukup jauh dari N
Max. Sementara itu, hadir juga pesaing dari Eropa, yaitu Vespa
Primavera, Vespa Sprint dan Peugeot Django yang diluncurkan belakangan.
Dibekali
mesin yang bertenaga dan segudang fitur, membuat N Max sangat layak
dikendarai untuk akhir pekan atau aktivitas sehari-hari. Walau dimensi
dan bobotnya yang agak besar tak berarti akselarasinya lemot. Putaran
atas juga asik. Bagi yang sudah bosan dengan matic di bawah 125 cc
mungkin sudah saatnya untuk naik kelas pakai N Max
"Yamaha NMax" |
Kelebihan dan Kekurangan Motor Yamaha NMax
salah satu hal yang menyebabkan motor NMAX ini banyak diminati adalah karena motor NMAX ini memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari motor NMAX :
1. Harga yang tergolong cukup terjangkau
2. Penuh akan fitur dan juga teknologi terbaru dari Yamaha
Belum lagi fitur – fitur lainnya yang dimiliki oleh NMAX< seperti teknologi blue core Yamaha, Forged piston, Diasil Cylinder, serta berbagai macam teknologi dan juga fitur baru dari Yamaha membuat mtor NMAX ini memiliki banyak sekali keunggulan dan juga kelebihan dibandingkan dengan competitor lainnya, yang mungkin belum selengkap Yamaha NMAX ini.
3. Bahan bakar yang efisien dan lebih irit
4. Tenaga dan juga performa yang luar biasa
5. Penggunaan velg ukuran 13 inch yang menambah kestabilan motor alias handling
6. Memiliki desain premium yang elegan ala motor Eropa
7. Posisi riding style yang nyaman
sedangkan kekurangan dari motor Yamaha NMax adalah :
1. Aksesoris dan juga spare part masih cukup jarang di pasaran
Karena merupakan salah satu jenis motor premium dan juga motor keluaran tebaru, maka adalah sebuah hal yang cukup wajar apabila aksesoris dan juga spare part dari Yamaha NMAX masih cukup jarang di pasaran. Apalagi toko – toko aksesoris yang berada di pinggir jalan, kemungkinan masih sangat jarang menyediakan kebutuhan spare part dan juga aksesoris NMAX. Paling anda hanya bisa menemukan aksesoris NMAX di dealer Yamaha, ataupun di toko – toko yang menjua aksesoris premium dan juga bermerk.
2. Harga aksesoris dan juga spare part yang masih cukup mahal dan tinggi
3. Body yang besar dan bongsor agak kurang cocok untuk dikendarai oleh mereka yang berpostur tubuh kecil
Demikianlah review Motor Yamaha NMax yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan
Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof
KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan
parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga
dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis
berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan
tahan terhadap air (Waterproof).
Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan
KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain
full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah
ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu
dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik
jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat
pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.
Model / Tipe / Size
- K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
- K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
- K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
- K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)
Keren emang ini motor gan, desain elegan, posisi riding style nyaman + irit, bisa lihat disini kalo mau cek harga motor nmax 155 ABS :D
ReplyDelete