Review Motor Kawasaki KLR 650 - Teknologi yang terus dikembangkan oleh banyak produsen otomotif dunia
berhasil menciptakan sesuatu benar-benar baru dan berbeda dari apa yang
pernah dibuat sebelumnya. Sama halnya dengan kawasaki yang kini resmi
merilis motor dual purpose, yakni dimana nantinya memungkinkan pengguna
bukan hanya bisa menggunakan motor terbaru garapan kawasaki ini pada
medan jalanan On-road atau dengan kata lain jalanan halus / beraspal
Akan tetapi pengguna tetap dapat pula menggunakan motor terbaru yang
membawa tag nama Kawasaki KLR 650 pada medan jalanan Off road, yang
notabennya berlumpur / tanah. Adanya fungsionalitas yang terbilang
lengkap, tentunya makin memudahkan pengguna dalam berkendara, karena
tidak perlu mengganti motor ketika akan melewati dua medan berbeda. Berikut ini kami sampaikan review Motor Kawasaki KLR 650
Review Motor Kawasaki KLR 650
Fitur
Spesifikasi
Kawasaki KLR 650 ini dilengkapi dengan beragam fitur pilihan yang
sederhana namun cukup berguna. Pertama, pada bagian belakang sudah memiliki tempat
atau rak tambahan yang cukup luas sehingga dapat difungsikan untuk
membawa barang bawaan ketika pengemudi Kawasaki KLR 650 ini akan
melakukan perjalanan jarak jauh. Selain itu, untuk mempermudah
pengendara dalam mengontrol laju kecepatan maka Kawasaki
membekali dengan pengereman cakram berdiameter cukup besar. Meski
pengereman pada Kawasaki KLR 650 ini belum berteknologi ABS namun dengan
pengereman tersebut sudah cukup handal dalam mencegah
kecelakaan. Di sisi lain, windscreen pada bagian depan pun juga akan
menjadi pelindung pengemudi dari terpaan angin kencang yang besar dari
depan ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.
Mesin
Dihadirkan sebagai motor
adventure traveling maka mesin pacu yang dibenamkan pada motor
ini tidak sembarangan. Terbukti dengan dibekalinya sektor
dapur pacu pada motor traveling buatan pabrik asal Negeri Sakura ini
dengan komponen mesin tangguh di mana teknologi DOHC dengan silinder
tunggal 4 langkahnya siap menjadi andalan Kawasaki KLR 650 dalam
memberikan tenaga besar. Dengan kapasitas mesin yang mencapai
651 cc maka akan mampu memberikan performa mesin yang super handal dan
mumpuni. Sistem water cooled juga disematkan untuk
menjaga kestabilan suhu mesin. Mesin yang
diusung motor ini akan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan return
shift. Di sisi lain, meski memiliki bekalan mesin gahar namun tetap irit
dan efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. Pasalnya, motor ini telah
dilengkapi dengan teknologi fuel injection Keihin CVK40 yang memiliki
rasio kompresi hingga 9.8 : 1. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa
disimpulkan bahwa sektor dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki KLR 650
ini terbilang sangat handal dan tangguh namun tetap irit serta efisien
dalam konsumsi bahan bakarnya.
Suspensi
Nampaknya spesifikasi Kawasaki
KLR 650 pada bagian kaki-kakinya pun juga turut mendapatkan perhatian
dari pabrik pembuatnya. Kawasaki sendiri diketahui
telah melengkapi sektor kaki-kaki tersebut dengan sokongan suspensi
yang kuat dan kokoh yang terpasang pada sektor depan dan belakang. Di
mana, untuk bagian depan Kawasaki KLR 650 menggunakan tipe suspensi 41
mm Telescopic Fork 7.9 inci atau 200 mm. Sementara itu, untuk suspensi
bagian belakang sendiri akan menggunakan tipe Uni-Trak Single Shock
System berukuran 7.3 inci atau 185 mm yang tingkat peredamannya bisa
diatur sesuai kebutuhan hingga 5 kali pengaturan. Tentu, dengan
disematkannya kedua suspensi tersebut pada Kawasaki KLR 650 maka
kenyamanan dalam berkendara pun akan kian terasa mengingat kedua
suspensi tersebut dikenal memiliki kemampuan dalam meredam setiap
goncangan ketika melalui jalanan yang berlubang. Di sisi lain, untuk
menopang dan mendukung kekokohan pada kaki-kakinya maka Kawasaki KLR 650
akan dilengkapi dengan velg berdiameter 21 inci yang terbalut ban
berukuran 90/90. Sementara itu di sisi lain, pada bagian belakang akan
digunakan velg yang memiliki ukuran diameter 17 inci yang akan dibalut
ban berukuran 130/80. Lalu, guna menunjang keselamatan atau menghindari
kecelakaan ketika melaju dengan kecepatan tinggi maka Kawasaki KLR 650
ini dibekali rem single berdiameter 280 mm petal-type disc, 2-piston
caliper pada bagian depan dan tipe single berdiameter 240 mm petal-type
disc, 2-piston caliper untuk bagian belakang. Sehingga dengan beberapa
komponen tersebut sektor kaki-kaki dari spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini
memang akan sangat membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan
aman.
Dimensi
Selain memiliki tampilan fisik yang begitu gagah, spesifikasi Kawasaki
KLR 650 juga akan disokong dimensi pas dan rangka yang kokoh. Pertama,
untuk ukuran dimensinya sendiri, motor traveling buatan Kawasaki ini
memiliki ukuran dimensi dengan panjang 2.296 mm, lebarnya 960 mm, tinggi
1.348 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.480 mm. Setelah kita
mengetahui ukuran dimsneinya tersebut maka tak heran jika bentuk bodi
dari Kawasaki KLR 650 ini memiliki bodi yang cukup besar. Namun, meski
memiliki bodi yang besar, keseimbangannya pun tetap terjaga. Sebab,
Kawasaki mengandalkan tipe rangka Semi-double cradle High Tensile Steel
yang dikenal kokoh namun ringan sehingga sangat cocok untuk menopang
dimensi dan bobot dari Kawasaki KLR 650 ini. Di sisi lain, motor
traveling ini juga memiliki jarak tempat duduk setinggi 889 mm yang
dirasa sudah cukup pas dengan postur atau tinggi tubuh para konsumen di
Indonesia. Namun, nampaknya bagi pengguna yang bertubuh kurang tinggi
kemungkinan kan sedikit kesulitan dalam mengendalikan motor traveling
besutan Kawasaki ini, terutama ketika dalam posisi berhenti. Tak sampai
di situ saja, Kawasaki KLR 650 ini juga memiliki ground clearance yang
sangat sesuai dan pas yaitu setinggi 210 mm. Sehingga, pengemudi tak
perlu khawatir ketika melewati jalanan penuh bebatuan tinggi karena
dengan ketinggian ground clearance tersebut, bagian bawah motor tak akan
mudah tergesek. Nah, dengan melihat dimensi dan rangka bodi pada
spesifikasi Kawasaki KLR 650 tersebut maka tak heran jika motor ini akan
sangat nyaman dikendarai di medan jalan apa pun.
Speedometer
Motor travel buatan pabrik asal Negeri Sakura ini akan dilengkapi dengan
panel indikator analog yang dibentuk membulat dengan latar/background
warna hitam. Pada sektor indikator ini, Kawasaki sendiri akan membagi
panel analog ini menjadi 3 bagian, yaitu sisi kiri, tengah, dan kanan.
Nah, untuk sisi kiri, akan memperlihatkan info mengenai rpm. Sementara
itu, pada bagian tengah panel dari Kawasaki KLR 650 akan memperlihatkan
informasi terkait kecepatan dalam hitungan Km/jam maupun Mph dan jarak
tempuhnya. Di sisi lain, untuk indikator sebelah kanan akan memberikan
informasi mengenai indikator bahan bakar. Selain itu, sektor panel
indikator pada Kawasaki KLR 650 ini juga akan dilengkapi dengan beberapa
lampu indikator, seperti indikator lampu netral, indikator lampu
tembak/jarak jauh, dan indikator lampu sein. Tak ketinggalan juga jam
digital pun juga turut disematkan pada instrumen indikator pada dari
spesifikasi Kawasaki KLR 650.
Desain
Di sektor ini, kita bisa lihat bagaimana gagahnya
bentuk bodi dari motor traveling buatan Kawasaki ini. Dari depan saja
kegagahannya tersebut tampak dari penempatan-penempatan single headlamp
yang berukuran besar dengan bentuk sedikit meruncing pada sisi atas
kanan dan kiri dari Kawasaki KLR 650 ini. Sehingga, selain mampu
memberikan pencahayaan yang maksimal, dengan bentuk desain seperti itu
maka akan membuat tampilannya semakin tampak garang jika dilihat dari
depan. Di samping itu, pada bagian depan di stang kemudi Kawasaki KLR
650 ini juga terpasang Windscreen berukuran cukup besar yang akan
melindungi si pengendara dari terpaan angin dari depan. Kemudian, pada
bagian stang kemudinya pun dibuat dengan penyesuaian pada jok dan tangki
bahan bakarnya sehingga akan membuat pengendara merasa nyaman ketika
mengemudikan motor travel ini. Selain itu, berkaitan dengan tangki
bakar, Kawasaki KLR 650 akan dibekali juga dengan tangki bahan bakar
yang berukuran cukup besar namun berdesain simple di mana mampu
menampung bahan bakar hingga 6.1 gall atau sekitar 23 liter. Yang
menarik, pada bagian tangki ini Kawasaki sendiri melengkapi sebuah cover
dengan bentuk kotak, yang dapat membantu pendinginan mesin secara
manual dengan mengandalkan terpaan angin dari depan. Lalu, sedikit
mundur ke bagian belakang Kawasaki KLR 650, terdapat jok empuk memanjang
dan sesuai dengan stang kemudinya sehingga akan memberikan posisi
riding yang cukup proporsional dan nyaman. Tak cukup sampai di situ,
pada lini belakang, Kawasaki KLR 650 ini juga dilengkapi dengan stop
lamp yang dibuat lebih minimalis dan sebuah Sturdy Cargo Rack yang
berfungsi untuk membawa barang bawaan. Maka, secara keseluruhan bisa
disimpulkan bahwa sektor tampilan desain pada spesifikasi Kawasaki KLR
650 ini memang bisa dibilang memiliki desain simple namun tanpa
menghilangkan kesan kegagahannya.
Demikianlah Review Motor Kawasaki KLR 650 yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan KORAIBI Cover Motor K2 - Black
Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof
KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan
parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga
dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis
berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan
tahan terhadap air (Waterproof).
Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan
KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain
full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah
ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu
dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik
jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat
pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.
Model / Tipe / Size
- K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
- K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
- K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
- K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)
0 komentar:
Post a Comment