Honda Vario (juga dikenal sebagai Honda Click) adalah skuter bertransmisi otomatis produksi dari Astra Honda Motor
di Indonesia. Skuter yang diluncurkan pada tahun 2006 ini dimaksudkan
untuk mengantisipasi makin populernya skuter otomatis di pasar sepeda
motor Indonesia. Honda Vario hadir dalam beberapa varian, diantaranya:
Vario, Vario Techno (CBS dan non-CBS), Vario Techno 125 PGM-FI (ISS dan
non-ISS), dan Vario FI.
Siapa bilang motor injeksi
susah diotak-atik mesinya untuk sekedar meningkatkan performa. Buktinya
saat ini skutik-skutik berinjeksi banyak dijumpai di arena balap. Salah
satu skutik dengan teknologi injeksi yang sering di upgrade performanya
adalah Vario 125. Honda vario 125
ini dijual dengan dua variant yakni versi standard an versi ISS.
Perbedaan dari keduanya terletak pada striping, speedometer serta
teknologi ISS itu sendiri. ISS atau Idling Stop System adalah sebuah
teknologi yang memungkinkan kendaraan anda mati secara otomatis beberapa
detik saat posisi idle. Untuk menghidupkanya kembali cukup dengan
memutar handle gas. Jika anda salah satu pemilik Honda Vario 125 anda
bisa melakukan upgrade performanya melalui langkah-langkah berikut ini.
Bahkan Vario 125 ini bisa di bore up hingga 170 cc dan bisa digunakan untuk harian bahkan untuk touring.
Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian |
Bore up pada vario 125
untuk harian memang tidak mengubah secara ekstrim. Untuk menambah
kapasitas ruang bakar salah satunya dengan mengganti blok mesin dan
seher aftermarket berdiameter 61 mm. Dengan hanya penggantian dua
komponen tersebut kapasitas mesin sudah membengkak menjadi 170 cc.
Karena ruang bakar semakin besar maka injektor sebagai pemasok bahan
bakar juga perlu disesuaikan. Alternatifnya bisa menggunakan injector
milik Honda PCX 150.
Selanjutnya masuk ke sector CVT. Agar pada tarikan lebih enteng roller
perlu diganti, bisa menggunakan roller besutan TDR dengan berat 15 gr.
Puli depan diganti dengan yang memiliki kemiringan agak tirus,
alternatifnya bisa menggunakan puli merek SPS. Per CVT milik Honda Beat
bisa diaplikasikan guna menahan kampas kopling ganda. Terakhir untuk
memperlancar aliran gas buang, knalpot berlabel tsukigi bisa
diaplikasikan pada Vario 170 cc anda. Dengan perubahan tersebut tenaga
yang dihasilkan vario yang awalnya berkapasitas 125 cc inipun
terdongkrak cukup besar. Tenaga yang awalnya hanya 9 dk pada putaran
8.900 rpm kini naik menjadi 12,99 dk pada putaran 7.700 rpm. Torsi
maksimum yang dihasilkan pun bertamabah yakni dari 8,54 pada putaran
5.700 rpm menjadi 12,92 Nm pada putaran 5.800 rpm. Demikianlah cara bore up vario 125 yang aman untuk harian.
0 komentar:
Post a Comment