Sunday

Review Mobil Ford Focus

Ford Focus adalah mobil kompak yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat, Ford sejak tahun 1998 sampai sekarang untuk pasar global. Focus dibuat dalam bentuk Sedan 4 pintu, Hatchback 3 dan 5 pintu, Coupe Cabriolet 2 pintu, serta Station wagon 5 pintu. Focus pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2005.

Focus merupakan mobil yang digunakan oleh Ford dalam kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC) dari tahun 1999 sampai 2010. Dengan mengandalkan Focus RS WRC bermesin turbo 2.0 liter dan penggerak 4WD, Ford berhasil menjadi juara dunia manufaktur WRC pada tahun 2006 dan 2007
Berikut kami sampaikan  Review Mobil Ford Focus dibawah ini :
Image result for ford focus
Ford Focus

Review Mobil Ford Focus


Eksterior


Ford Focus memiliki desain yang sangat aerodinamis dengan tampilan yang fresh dan lebih futuristik, jika dibandingkan dengan varian hatchback lainnya yang dipasarkan di Indonesia. Ford Focus sendiri adalah hatchback dengan model 5 pintu. Desain yang futuristik dari New Focus dapat dilihat dari headlamp berteknologi halogen yang sipit melebar ke belakang sehingga mampu menampilkan kesan tajam. Bagian grille depan Ford Focus juga berubah dari desain sebelumnya yang lebar, kali ini front grille New Focus terlihat lebih minimalis dan pas dibandingkan versi terdahulu. Front grille pada New Focus juga memiliki fungsi untuk memonitorisasi pasokan udara ke dalam kabin. Beralih ke bagian foglamp, Ford Focus menampilkan kesan minimalis dengan peletakan foglamp yang didesain mengikuti alur headlamp. Lalu, pada bagian bumper dibuat agak pendek dari jarak dengan tanah sehingga menampilkan kesan yang benar-benar sporty. Selain itu, terdapat juga aksen grill pada bumper Ford Focus untuk mempermanis fascia depan serta melindungi bagian radiator mobil. Beralih ke sektor samping, desain mungil khas hatchback juga terlihat pada New Focus ini. Di mana desain samping mobil ini memiliki lekukan aeorodinamis. Selanjutnya, pada kaca diberikan list berwarna krom dan dibuat berbentuk straight ke belakang. Beralih pada bagian stoplamp Ford Focus, bagian tersebut dibuat dengan bentuk sipit mengikuti bodi mobil secara keseluruhan dan diberi sentuhan sedikit smoke untuk mempercantik tampilan mobil dari belakang. Untuk menambah kesan sporty, New Focus dilengkapi dengan desain baru pada bagian belakang mobil berupa spoiler yang pas mengikuti bentuk tubuh mobil secara keseluruhan. Ada juga tambahan berupa printed antena pada bagian belakang Ford Focus yang memberikan kesan modern dan praktis. Terakhir, spion New Focus ini telah menggunakan model retractable mirror. Secara keseluruhan spesifikasi Ford Focus pada bagian fisik ini cocok untuk tipe pengendara yang mengedepankan model dan memiliki sifat dinamis.

Interior

Image result for interior ford focus
Interior Ford Focus
Bagian dashbard Ford Focus dirancang dengan mengikuti teknologi masa depan. Hal ini terlihat pada fitur komputerisasi pada panel-panel di dashboardnya. Pada dashboard Ford Focus ini juga disematkan teknologi-teknologi terbaru yang menunjang kebutuhan pengendara akan informasi. Selain itu, pada bagian setir kemudi juga dilengkapi dengan panel-panel yang sangat lengkap dan informatif, seperti misalnya speedometer yang juga sudah membawa teknologi komputer sehingga yang ditampilkan di cluster speedometer lebih menarik secara visual dan akurat. Untuk bagian kabin, Ford Focus menampilkan ruang kabin yang elegan di mana jok terlihat mewah dengan bahan full leather berkualitas tinggi dari Recaro. Perpaduan warna cerah di jok semakin menampilkan kesan fresh pada New Focus. Untuk menunjang kebutuhan hiburan, Ford Focus juga sudah dilengkapi dengan fitur audio double DIN dari Sony. Selain itu terdapat juga LCD pada bagian depan yang bisa menampilkan navigasi serta playlist audio dan juga memperkirakan suhu dan waktu bagi pengendara. Layar LCD pada Ford Focus juga sudah terintregrasi dengan teknologi SYNCTM yang bisa memudahkan kebutuhan multitasking anda. Untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Ford Focus tentunya juga telah dilengkapi dengan AC Double Blower yang bisa jadi andalan disaat menghadapi cuaca panas di jalan raya.

Dimensi

Spesifikasi Ford Focus di bagian dimensi fisik sudah sangat pas dan tepat. Dimensi mobil yang mungil merupakan ciri khas dari mobil berjenis hatchback, apalagi mobil jenis hatchback sangat jarang digunakan untuk mengangkut banyak penumpang. Secara fisik, Ford Focus memiliki ukuran panjang 4.354 mm, lebar 1.823mm, dan tinggi 1.484mm, serta wheelbase mencapai 2650 mm. Bobot yang dimiliki Ford Focus adalah seberat 1.470 kg. Dimensi ini memang cukup kecil bagi yang terbiasa mengendarai mobil berjenis SUV, namun sangat ideal untuk mobil berjenis hatchback. Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Ford Focus juga sudah disematkan suspensi Independent MacPherson strut-type yang dilengkapi dengan stabilizer bar pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, Ford menggunakan shock berjenis hidrolik yang sudah menggunakan teknologi Fully Independent Control Blade SLA. Suspensi belakang Ford Focus pun juga sudah menggunakan stabilizer bar untuk mendukung shock bertipe hidroliknya. Untuk bagian kaki-kaki, New Focus ini disokong oleh pilihan velg 17 inci berjenis painted aluminium yang dibalut oleh ban berukuran 215/50 R17. Pada sektor pengereman, spesifikasi Ford Focus juga sudah didukung teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang akan menambah kenyamanan New Focus serta membuat pengontrolan kendaraan akan lebih mudah.

Mesin

Image result for mesin ford focus
Mesin Ford Focus
Ford Focus kali ini dijejali dengan mesin 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel (optional PZEV states) yang telah mengusung teknologi Powertrain Control Module. Dengan kapasitas 2.000 liter, Ford Focus sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 180 PS pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 240 Nm pada 5.000 rpm. Selain itu, pada Ford Focus juga dibenamkan mesin berteknologi EcoBoost System yang akan membantu meningkatkan efisiensi pembakaran karena langsung terintegrasi dengan fitur Turbocharging. Mesin EcoBoost ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada Ford Focus hingga mencapai 20 persen dan akan membantu mengurangi emisi gas buang CO2. New Focus dioperasikan dengan model transmisi 6-speed automatic. Di Indonesia, spesifikasi Ford Focus hanya dihadirkan dalam tipe 2.0L GDI Sport yang menggunakan transmisi otomatis.

Fitur

Sebagai unit hatchback modern, fitur keamanan dan juga fitur penunjang kenyamanan yang ada di New Focus ini terbilang sangat lengkap. Untuk fitur kelengkapan kemudi ada teknologi Torque Vectoring Control, yaitu teknologi pada Ford Focus yang memungkinkan kontrol lebih lanjut pada pengereman dan keseimbangan roda mobil. Selain itu, mobil baru ini juga dibangun dengan struktur kerangka mobil yang bernama Boron Steel Safety Cage yang memiliki kekuatan untuk menopang berat berlebih pada mobil. Fitur-fitur standar pada umumnya seperti ABS dengan EBD pada sektor pengereman juga telah dibenamkan pada Ford Focus ini. Salah satu fitur yang paling terbaru dari Ford adalah teknologi SYNC di mana pengendara bisa memngintegrasikan handphone dengan mobil, namun fitur ini harus digunakan sesuai dengan standar keselamatan berlalu-lintas. Kestabilan Ford Focus juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah didukung oleh teknologi ESC (Electronic Stability Control) untuk menjaga stabilitas mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Selain itu, ada juga fitur Rear Parking Sensors Camera untuk membantu pengendara ketika hendak memarkir mobil. Ada juga fitur Cruise Control yang dirancang Ford untuk meminimalisir kecelakaan lewat kontrol otomatis. Fitur yang terakhir yang melengkapi spesifikasi Ford Focus kali ini adalah Keyless Entry and Push Button Start yang bisa menghindarkan Ford Focus dari tindakan pencurian.

Video


Demikianlah  Review Mobil Ford Focus yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih

0 komentar:

Post a Comment