Friday

Review All New Soul GT AKS SSS

Review  All New Soul GT AKS SSS - Yamaha melakukan penyegaran terhadap salah satu koleksi matic miliknya, yang saat ini disebutnya sebagai All New Soul GT AKS SSS. Sebenaranya varian motor yang satu ini tidak jauh berbeda jika dibandigkan generasi sebelumnya, baik itu dari segi bodi maupun kaki-kakinya, dimanya pengguna diberikan kenyamanan lebih saat berkendara dengan dirinya, dan motor ini sangatlah cocok bagi anda yang memiliki rumah di perkotaan dengan karakter jalan halus.

Image result for Yamaha All New Soul GT AKS SSS

Namun bukan berarti motor ini tidak bertenaga, pasalnya sektor dapur pacu yang di bawanya telah didukung oleh teknologi Blue-core, yang notabennya pengembangan teknologi terbaru dari yamaha untuk setiap motor koleksi miliknya. Dan menariknya lagi, pada generasi terbaru dari All New Soul GT di tahun 2017 ini dilengkapi dengan teknologi SSS yang berarti Start & Stop System, dimana untuk fungsi teknologi tersebut hampir mirip dengan ISS di Honda, yakni mematikan mesin saat motor berhenti lebih dari 5 detik.

Kemudian teknologi lainnya yang berbeda dari versi sebelumnya serta membedakannya dari varian reguler, pihak yamaha ternyata mendukungnya dengan sistem kunci kontak super aman, berupa AKS ( Advance Key System) yang begitu canggih, pasalnya anda bisa menemukan motor ketika berada di parkiran hanya dengan menekan satu kali panel tombol yang berada di kunci kontak, secara otomatis motor akan berbunyi dan mengedipkan beberapa lampu yang terdapat pada bagian tubuhnya.

Keren kan teknologi baru yang di bekalkan oleh yamaha terhadap motor yang satu ini ? tapi tentunya dengan peningkatan yang terjadi, akan sangat mempengaruhi harga All New Soul GT AKS SSS itu sendiri yang pastinya bakal lebih mahal di banding varian lainnya, di tambah lagi beberapa part dalam bagian tubuh dari generasi terbaru all new soul GT, membuatnya sangat cocok jika di bandrol mahal, namun untuk detailnya, pembaca bisa langsung simak ulasanya dalam Review  All New Soul GT AKS SSS dibawah ini :

Review  All New Soul GT AKS SSS

Desain


Image result for Yamaha All New Soul GT AKS SSS

Jika kita melihat dari segi bodi luarnya, tampaknya motor matik generasi baru ini memang dihadirkan dengan desain yang cukup spoty dan atraktif. Hal itu bis dilihat dari garis bodi yang tampak kian tajam pada setiap sisinya. Namun, yang cukup menarik yaitu pada bagian depan di mana Yamaha akan melengkapi motor Yamaha Soul GT AKS SSS ini dengan head lamp unik yang didesain begitu agresif dengan teknologi LED Lamp beserta lampu sein yang begitu futuristik pada sisi kanan dan kirinya sehingga selain mampu memperlihatkan tampilan yang gagah dan sporty, motor matik ini pun juga mampu memancarkan cahaya yang cukup terang dan fokus pada satu titik di depan. Dengan demikian maka akan membuat pengemudi lebih mudah dalam mengendarai Yamaha Soul GT AKS SSS ini di saat melewati jalan yang minim penerangan. Selain itu, pada bagian samping bisa dilihat lekukan dan beberapa garis tegas dengan balutan warna yang kompak sehingga semakin memperlihatkan kesan keagresifannya. Tak sampai di situ saja, pada sisi samping ini pun terlihat jok empuk yang dibuat simple dan nyaman untuk diduduki. Menariknya, di bawah jok dari Yamaha Soul GT AKS SSS ini terdapat sebuah bagasi yang cukup lega sehingga bisa menampung barang bawaan dengan kapasitas hingga 14 liter. Tak hanya itu saja, Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun juga akan disediakan tangki bahan bakar berkapasitas 4.2 liter yang cukup sebagai bekal untuk perjalanan jarak dekat. Nah, menginjak pada sektor belakang, bisa kita lihat desain stop lamp yang begitu dinamis dan agresif sehingga akan semakin membuat penampilan eksterior dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini kian tampak begitu sporty dan beraura maskulin.

Speedometer


Related image

Pada sektor ini, tampaknya Yamaha akan menggunakan panel analog saja. Meski belum menggunakan panel digital namun instrumen indikator dari motor matik besutan Yamaha ini diyakini bakal cukup menarik mengingat pabrik asal Jepang tersebut akan mengusung desain yang maskulin dan atraktif pada panel indikator Yamaha Soul GT AKS SSS tersebut. Nah, pada panel indikator ini akan ditampilkan beberapa informasi, antara lain kecepatan Km/jam, jarak tempuh, indikator lampu sein (kanan-kiri), lampu tembak (high beam), ECO Indicator, dan pengaturan pengereman ABS. Lalu, tak ketinggalan juga indikator bahan bakar pun tampak semakin jelas menyatu dengan panel kecepatan dari Yamaha Soul GT AKS SSS. Menariknya, seluruh informasi yang ditampilkan dari instrumen indikator ini, dinilai cukup akurat. Selain itu, dengan desain unik dan panel informasi yang lengkap maka akan membuat setiap pengendaranya akan lebih mudah dalam memahami kondisi motor matik ini ketika dikendarai. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS pada panel indikator ini memang cukup lengkap, akurat, dan informatif.

Dimensi


Seperti yang sudah diketahui bahwa dari sisi tampilan desain, motor matik generasi baru dari Soul GT Series ini memiliki tampilan desain yang cukup sporty dan bongsor. Tentu, hal tersebut tak lepas dari dimensi rangka pengusungnya. Di mana, Yamaha Soul GT AKS SSS ini mengandalkan rangka tipe Underbone (tulang punggung) yang dikenal cukup kokoh untuk menahan beban dari bobot motor. Di sisi lain, untuk dimensinya sendiri, motor matik ini memiliki panjang 1.870 mm, lebarnya 685 mm, tingginya 1.070 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.260 mm dengan bobot hingga 98 Kg. Jika melihat dimensi dan rangka yang diusungnya tersebut maka tak heran jika Yamaha Soul GT AKS SSS ini memiliki bentuk bodi yang cukup besar namun tampak kokoh. Selain itu, motor matik generasi terbaru dari jajaran Soul GT Series ini pun juga memiliki tinggi tempat duduk yang standar, yaitu 760 mm sehingga akan mempermudah si pengemudi dalam mengontrol motor Yamaha Soul GT AKS SSS ini sekalipun harus berhenti di jalan atau lampu merah. Di samping itu, untuk ukuran ground clearance pun juga cukup tinggi, yaitu 135 mm sehingga akan mencegah gesekan pada bodi bawah motor ketika berkendara di jalan yang bergeronjal. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa dengan dimensi yang diusung motor matik tersebut maka akan membuat spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun kian cocok dikendarai di berbagai medan jalan.

Suspensi


Image result for Yamaha All New Soul GT AKS SSS

Untuk memberi sokongan kuat dan menjaga keseimbangan dalam berkendara maka Yamaha pun melengkapinya dengan suspensi depan Teleskopik. Sementara untuk suspensi belakang akan mengandalkan Unit Swing. Tentu, dengan keberadaan kedua suspensi ini pada Yamaha Soul GT AKS SSS tersebut maka keseimbangan pun akan terjamin dan membuat pengguna lebih nyaman dalam berkendara sekalipun melewati jalanan yang penuh lubang atau bergeronjal. Kemudian, untuk memperkuat kaki-kakinya maka Yamaha Soul GT AKS SSS ini akan dilengkapi dengan velg berukuran 14 inci di mana velg tersebut akan terbalut ban berukuran 80/80-14 M/C 43P di bagian depan dan ban belakang berukuran 100/70-14 M/C 51P. Dengan adanya kedua roda tersebut maka kana mempermudah setiap pengemudinya dalam bermanuver di medan jalan. Selain itu, tak ketinggalan juga, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju dari Yamaha Soul GT AKS SSS ini maka Yamaha pun membekali generasi baru dari Soul GT Series ini dengan rem handal, yaitu Single Disc Brake pada bagian depan dan tipe Drum Brake pada bagian belakang. Menariknya, sistem pengereman pada spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini akan dilengkapi dengan teknologi Smart Lock System sehingga akan memberikan kualitas pengereman yang cukup handal.

Mesin


Hadir sebagai generasi baru dari Soul GT Series, tentu Yamaha akan membekali motor matik garapannya ini dengan komponen mesin pacu yang handal namun tetap efisien serta ramah lingkungan. Untuk menunjang hal tersebut maka produsen otomotif asal Negeri Sakura itu pun akan membekali motor matik buatannya dengan mesin berkapasitas 125 cc 4 langkah yang bertipe SOHC Single Cylinder. Mesin dari Yamaha Soul GT AKS SSS tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 7.0 kW pada putaran ke 8.000 rpm dan maksimum torsi hingga 9.6 Nm pada putaran ke 5.500 rpm. Selain itu, untuk mengatur suhu mesin, Yamaha pun juga menyematkan sistem pendinginan Air Cooled. Di samping itu, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi V-Belt Automatic. Tak hanya itu saja, yang menarik yaitu pada sektor permesinan ini, Yamaha Soul GT AKS SSS ini akan dibekali dengan teknologi Fuel Injection dan Blue Core yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya lebih hemat, irit, dan efisien sebesar 50 % jika dibandingkan mesin karburator dengan perbandingan kompresi hingga 9.5 : 1. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor mesin pacu dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini bisa dibilang cukup handal di kelasnya namun tetap efisien dan ramah lingkungan.

Fitur


Selain mengusung mesin handal, spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun juga dilengkapi dengan fitur menarik dan canggih guna menunjang keselamatan/keamanan serta kenyamanan dalam berkendara. Nah, salah satu fitur yang menarik yaitu Start & Stop System (SSS) yang merupakan Fitur Eksklusif dengan system otomatis yang membuat mesin Yamaha Soul GT AKS SSS ini mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Selain itu, ada juga fitur Advance Key System (AKS) yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan kunci agar lebih aman dan mencegah tindak pencurian. Selain itu, Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun juga dilengkapi dengan Smart Lock System yang kan membantu pengereman saat kondisi jalan menanjak. Tak sampai di situ saja, motor matik buatan Yamaha ini pun juga dilengkapi dengan bagasi yang cukup lega dan fungsional sehingga bisa menampung satu helm full face. Dengan demikian, fitur-fitur yang diusung pada spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini bisa dibilang cukup canggih dan fungsional guna menunjang keamanan dan kenyamanan si pengguna.

Demikianlah Review  All New Soul GT AKS SSS yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

0 komentar:

Post a Comment