Wednesday

Review Suzuki Grand Vitara

Review Suzuki Grand Vitara - Suzuki memang bukan pemain baru dalam industri mobil tanah air karena hampir semua pecinta otomotif yang ada di Indonesia pasti sudah tidak lagi asing ketika mendengar nama Suzuki. Banyaknya para pecinta mobil juga sering menjadikan Suzuki sebagai pilihannya ketika sedang mencari mobil, menjadi bukti kuat bahwa Suzuki tidak boleh kita pandang sebelah mata. Salah satu tipe mobil keluaran Suzuki yang hingga kini masih eksis dan masih banyak di gandrungi di pasar Indonesia adalah Suzuki Grand Vitara.

Image result for suzuki Grand Vitara

Mobil yang masuk dalam kategori mobil SUV (Sport Utility Vehicle) ini memang bisa di katakan cukup menarik minat para pecinta otomotif di Indonesia. Desainnya yang tampil elegan serta mesin yang sangat bertenaga menjadikan Suzuki Grand Vitara banyak di pilih. Hadir pertama kali pada tahun 1988 hingga kini memasuki tahun 2015, Suzuki Grand Vitara sudah memiliki tiga generasi yang mana dari semua generasi tersebut bisa dibilang cukup mempuni dan juga cukup menarik sehingga selalu laris manis di pasaran.

Harga Suzuki Grand Vitara yang bisa dibilang cukup tinggi memang sebanding dengan kaulitas yang di berikan Suzuki pada mobil SUV yang satu ini. Dipasarkan dalam dua varian yaitu Suzuki Grand Vitara 2.0 L dan Suzuki Grand Vitara 2.4 L memungkinkan setiap pembaca yang ingin memilikinya bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan juga kebutuhan yang dimiliki. Selain itu, dua varian tersebut sama sama di lengkapi dengan menggunakan jajaran teknologi yang mempuni sehingga tak heran bila performanya cukup tangguh.

Image result for suzuki Grand Vitara

Desain eksterior yang selalu di buat dalam bentuk mengotak (Boxy) menjadi ciri khas Suzuki Grand Vitara dari semua generasi, hal ini dikarenakan dengan bentuknya yang mengotak Suzuki Grand Vitara sangat terlihat lebih bergaya dan juga keren. Adapun selain memiliki bodi dalam yang menarik, dengan harga Suzuki Grand Vitara yang mahal membuatnya juga memiliki tampilan luar yang gagah dengan bentuknya yang sangat sporty. Berikut ini mari kita simak review Suzuki Grand Vitara dibawah ini :

Review Suzuki Grand Vitara


Eksterior


Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2.4 ini memiliki tampilan luar yang lebih maskulin dan gagah. Bahkan jika dilihat-lihat mobil ini terlihat seperti mobil SUV premium yakni Range Rover. Mulai dari fascia depan Suzuki Grand Vitara ini memiliki tampilan yang berubah signifikan. Di mana tampilan dengan lebih terlihat gagah dan maskulin karena grill radiator menyatu dengan lampu depan berdesain stylish yang memiliki ukuran sama yakni cukup besar. Bagian bawahnya pun tidak kalah machonya karena memiliki bumper berdesain trapesium berukuran cukup besar dengan lampu foglamp pada tiap sisinya. Dengan memiliki aksen chrome pada grill dan bumper depannya membuat Suzuki Grand Vitara ini memiliki kesan yang mewah dan futuristik.

Untuk sistem pencahayaannya sendiri, spesifikasi Suzuki Grand Vitara ini dilengkapi dengan fitur HID (High-Intensity Discharge) head lamps & auto leveling, di mana akan memberikan pencahayaan yang lebih terang karena Xenon Flash. Namun tetap memberikan konsumsi listrik yang kecil dan memberikan pencahayaan yang lebih presisi dengan area distribusi penyinaran yang luas serta tidak menyilaukan pandangan pengendara lain yang berlawanan arah sehingga tidak membahayakan kendaraan lain. Beberapa varian dari Suzuki Grand Vitara ini juga memiliki fitur Auto lamp yang mana apabila tuas di posisi AUTO maka pada saat gelap lampu otomatis menyala dengan sendirinya. Sedangkan pada bagian samping Suzuki Grand Vitara terlihat kekar karena desain bodi bagian samping yang kokoh. Bahkan dengan memiliki lampu sein pada bagian spionnya dan memiliki velg  18 inci berdesain modern membuatnya tampil lebih sporty dan futuristik. Lalu untuk bagian fascia belakangnya terlihat sangat gagah dan maskulin berkat desain eksterior bagian belakang yang memiliki ciri khas mobil SUV modern. Untuk spesifikasi Suzuki Grand Vitara pada bagian belakangnya, memiliki lampu berdesain sangat modern dan dipadukan dengan cover ban cadangan yang modern serta memiliki bumper belakang yang futuristik membuat kesan dari mobil SUV yang satu ini semakin gagah dan mewah.

Interior

Image result for suzuki Grand Vitara


Spesifikasi Suzuki Grand Vitara ini memiliki desain interior yang lebih sporty, mewah dan penuh dengan kenyamanan. Mobil SUV yang memiliki kapasitas tampungan 5 orang dewasa ini dibalut dengan kulit berkualitas tinggi dengan jahitan yang detil pada bagian jok. Desain kursi Suzuki Grand Vitara pun telah dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan keamanan serta kenyamanan ketika dalam perjalan menuju destinasi tertentu. Kemewahannya pun terpancar dari sisi interior bagian depannya, mulai dari Multi Information Display yang berintegrasi menampilkan temperatur, fuel consumption dan beberapa informasi lainnya mengenai kondisi Suzuki Grand Vitara ini.

Image result for suzuki Grand Vitara

Lalu design instrument panel yang dilengkapi dengan berbagai tombol panel yang menyatu termasuk Audio Steering Control memberikan kesan kemewahan tersendiri pada Suzuki Grand Vitara ini dan memudahkan pengemudi untuk mengatur audio yang diinginkan saat berkendara tanpa memecah konsentrasi mengemudi. Pada ruang kabin juga sangat terjaga kesejukannya berkat adanya fitur Automatic Air Conditioner pada spesifikasi Suzuki Grand Vitara yang mana akan menyalurkan hawa dingin kesetiap setiap sudut ruangan. Untuk hiburannya mobil ini dilengkapi dengan car audio 2 Din, 6 disc, MP3/WMA/I-Pod ready (with interface) dan AVC (Auto Volume Control) yang akan memanjakan telinga saat dalam perjalanan. Kesan mewah Suzuki Grand Vitara juga timbul di bagian lain yakni dengan adanya seat cover berbahan fabric yang berkualitas dan terdapat fitur Reclining & Sliding front seats sehingga pengemudi maupun penumpang dapat merasakan kenyamanan yang maksimal dalam berkendara menuju destinasi tertentu.

Dimensi


Biasanya ukuran dimensi dari sebuah mobil SUV sangat besar, namun untuk spesifikasi Suzuki Grand Vitara ini memiliki ukuran yang kecil atau kompak membuatnya semakin tangguh untuk melibas semua jenis jalanan yang ada. Memiliki detail dimensi berukuran 1.810 x 1.810 x 1.683 mm dengan wheelbase 2.640 membuat pergerakan dari mobil ini terasa sangat mudah dan nyaman untuk kondisi jalanan apapun. Dengan berat kosong mulai dari 1.572 kg membuat Suzuki Grand Vitara ini terasa mantap untuk melintasi medan off road yang ada. Memiliki tangik penyimpanan bahan bakar yang berkapasitas 66 liter dirasa sudah sangat baik untuk menyuplai bahan bakar selama melakukan perjalanan jauh. Dengan menggunakan sistem suspensi depan Mac Pherson Strut dan Multi Link bagian belakang yang lebih disempurnakan dari Suzuki Grand Vitara generasi sebelumnya akan memberikan kenyamanan yang semakin maksimal dalam berkendara dan memberikan performa handling yang lebih sempurna. Lalu untuk spesifikasi Grand Vitara di sektor sistem pengeremannya sendiri telah mengaplikasikan Ventilated Disc pada semua rodanya membuat pengereman lebih pakem dan lebih aman untuk digunakan. Apalagi mobil ini juga telah dilengkapi sistem pengereman kelas wahid yakni ABS, EBD dan BA.

Mesin


Spesifikasi Suzuki Grand Vitara ini memiliki mesin yang lebih tangguh dibandingkan generasi sebelumnya. Karena generasi terbaru dari mobil ini yakni New Suzuki Grand Vitara 2.4 telah dilengkapi dengan inovasi mesin dan teknologi VVT (Variable Valve Timing) yang hanya ada di varian mesin 2.4 L. Di mana dengan VVT tersebut akan mengatur mekanisme (buka tutup) valve berdasarkan putaran mesin sehingga torsi relatif rata untuk semua putarannya. Suzuki Grand Vitara memiliki mesin J24B berkapasitas 2.400 cc, dengan teknologi DOHC, 16 katup dan terdiri dari 4 silinder mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 166 PS pada putaran mesin 6.000 RPM dan dan torsi maksimum mencapai 225 Nm pada putaran mesin 4.000 RPM. Tenaga tersebut disalurkan melalui 2 pilihan transmisi yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.  Dengan tenaga tersebut maka Suzuki Grand Vitara ini akan sangat tangguh untuk berakselerasi maupun meraih top speed maksimal. Performa yang lebih cenderung pada torsinya pun membuat mobil ini sangat tangguh untuk keperluan off road yang berat sekalipun. Bahkan dengan sistem penyuplai bahan bakar Multi Point Injection yang dipadukan dengan teknologi berupa Drive by Wire yaitu pedal gas menggunakan sensor dihubungkan langsung ke ECM (Electronic Control Module) tanpa kabel gas membuat mesin Suzuki Grand Vitara ini lebih akurat bereaksi dan akan memberikan tenaga optimal di setiap putaran mesin tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Fitur


Selanjutnya untuk menunjang keselamatan berkendara, spesifikasi Suzuki Grand Vitara ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat bermanfaat. Mulai dari struktur kerangka berteknologi TECT (Total Effective Control Technology) yakni berupa ketangguhan bodi frame yang berfungsi mengalihkan energi benturan saat terjadi kecelakaan keras sehingga dapat meminimalisir terjadinya resiko yang tidak diinginkan. Teknologi pada Suzuki Grand Vitara tersebut juga semakin memberikan keamanan karena dipadukan dengan fitur Side Impact Beam yang mana mencegah terjadinya kerusakan parah pada bagian samping mobil ini sehingga pengemudi dan penumpang lebih terjamin keamanannya saat mengalami kecelakaan. Selain itu spesifikasi Suzuki Grand Vitara ini juga menggunakan basis desain Monocoque Body with Ladder Frame integrated yang membuat frame bodi sangat kokoh sehingga lebih aman saat terjadinya benturan keras dan juga memberikan bobot yang relatif ringan.

Pengemudi dan penumpang di posisi depan dilindungi oleh Dual SRS-Airbags yang mana dapat mencegah terjadinya cidera parah pada bagian kepala jika terjadi tabrakan. Lalu spesifikasi Suzuki Grand Vitara juga dilengkapi sistem pengereman kelas wahid yakni ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dan BA (Brake Assist) yang dapat mencegah terjadinya Effect Blocking yang berupa ban Suzuki Grand Vitara terkunci pada saat melakukan pengereman dengan keras dan tetap memberikan jalur yang sesuai dengan arah pengereman terakhir sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan yang maksimal untuk pengemudi dan penumpang. Dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan fatal saat melakukan pengereman dengan keras. Spesifikasi Grand Vitara ini juga dilengkapi dengan seat belt untuk semua penumpang dan pengemudi yang mana akan mencegah terjadinya tubuh terpental saat melakukan pengereman mendadak atau saat mengalami kecelakaan sehingga keselamatan semua orang di dalamnya lebih terjamin.

Untuk fitur keselamatan lainnya, Suzuki Grand Vitara ini juga dilengkapi dengan perangkat keselamatan lainnya, seperti: childproof door lock yaitu memberikan keamanan ekstra bagi anak-anak. Penggunaannya pun mudah, dengan menggeser tombol dari free ke lock, pintu hanya bisa dibuka dari luar, sehingga aman bagi anak-anak yang duduk di dalam kendaraan yang sedang melaju. Spesifikasi Suzuki Grand Vitara juga dilengkapi dengan Genius Key di mana pintu dapat dibuka tanpa menggunakan kunci melainkan dengan remote yang mana juga dapat difungsikan untuk menghidupkan mesin mobil ini. Sistem kunci pintu double lock yang dapat membuka atau mengunci semua pintu dari bagian pintu kemudi juga memberikan keamanan yang makin terjamin. 
Demikianlah review Suzuki Grand Vitara yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

0 komentar:

Post a Comment