Friday

Review Yamaha MT-10 Tourer

Review Yamaha MT-10 Tourer - Seperti yang sudah diketahui oleh pembaca semuanya, bila kendaraan bermotor terbagi beberapa jenis yang sudah ada. Dimana untuk saat ini terdapat jenis motor yang bayak dimintai oleh pecinta otomotif dilesuh dunia dan bahkan di tanah air kita tercinta. Namun terdapat salah satu jenis motor yang banyak sekali yang memintinya ialah motor berjenis Adventure, dimana dengan banyaknya pecinta otomotif yang memintinya membuat banyak pabrikan motor yang menghadirkan motor adventure. Salah satunya produsen dengan lambang garpu tala yang kembali menghadirkan motor terbaru dengan nama MT-10 Tourer.

Image result for Yamaha MT-10 Tourer

Menurut informasi yang telah kami terima bila motor terbaru dari Yamaha ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni dan bahkan memiliki kapasitas mesin besar. Namun sayangnya moge dari Yamaha ini hanya baru ada di pasar otomotif Eropa, meskipun belum masuk ke Indonesia alangkah baiknya pembaca mengetahui apa saja dalaman yang dibawakannya. Motor Adventure dari Yamaha ini memiliki tampilan yang sangat gahar dan juga mewah dan bahkan motor ini akan sangat nyaman sekali untuk ditunggangi. Dimana telah didesain dengan ukuran dimensi yang cocok untuk melakukan perjalanan jauh, pembaca dapat lihat sendiri pada gambar dibawah ini yang bisa bikin geleng-geleng kepala pastinya.

Tidak hanya memiliki tampilan sangat gahar dan mewah, pastinya motor ini memiliki performa dapur pacu yang sangat tangguh sekali. Pasalnya Yamaha sudah membekalinya dengan mesin bertipe 4 langkah DOHC dengan kapasitas mesin sebesar 998 cc. Wah sungguh luar biasa bukan ? pastinya tidak dapat dibayangkan seberapa cepatnya motor ini dan bikin geleng kepala untuk harga Yamaha MT-10 Tourer. Tidak hanya sampai disini saja akan kehebatan dari motor adventure dari Yamaha, yang mana akan sangat sebanding dengan harga yang sudah ditawarkan pada motor dengan nama Yamaha MT-10 Tourer.

Related image

Lalu terdapat pula fitur-fitur yang mendukung pada motor ini baik itu fitur keamaman maupun juga fitur keselamatan yang dibawakannya. Mungkin untuk kaum seperti kita ini hanya bisa berandai-andai saja untuk memiliki motor besutan dari Yamaha, pasalnya harga Yamaha MT-10 Tourer telah dibanderol dengan harga sangat mahal dan baru tersedia di Eropa. Untuk sobat otomotif yang penasaran dengan apa sajakah yang bakalan ditawarkan oleh Yamaha MT-10 Tourer. sobat otomtoif dapat simak ulasan Review Yamaha MT-10 Tourer dibawah ini :
 

Review Yamaha MT-10 Tourer

Desain

Image result for Yamaha MT-10 Tourer

 
Tak berbeda jauh dari yang sudah disampaikan di atas, tampilan fisik dari motor adventure garapan Yamaha ini akan mendapatkan beberapa gubahan yang lebih macho dan garang dari versi MT-10 sebelumnya. Perubahan itu pun bisa kita lihat pada setiap sisi bodinya. Pertama, Yamaha MT-10 Tourer Edition ini akan dilengkapi dengan desain fairing baru yang bertumpuk dengan 3 buah head lamp berteknologi LED. Tentu, selain mampu memberikan pancaran cahaya yang lebih terang, kesan modern dan tajam pun bakal kian tampak begitu jelas pada sisi depannya. Tak ketinggalan juga bahwa Yamaha juga melengkapi Yamaha MT-10 Tourer Edition dengan Windshield untuk melindungi pengemudinya dari terpaan angin ketika berkendara dan handguard yang siap menjadi salah satu perangkat keselamatan bagi para pengendaranya. Kemudian, pada bagian samping tampak dengan jelas susunan mesin yang tertata begitu rapi dan tangki bahan bakar Yamaha MT-10 Tourer Edition berukuran besar yang memiliki kapasitas 17 liter dengan lekukan tegas sehingga akan semakin mempertegas keganasanannya. Lalu, sedikit mundur ke belakang, jok pun dibuat lebih lebar dan dirancang meninggi ke belakang untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tak hanya itu saja, posisi riding pun akan terasa lebih santai mengingat pada bagian suspensi depan dibuat lebih tinggi. Menariknya, sebagai kendaraan yang dibuat untuk perjalanan jauh Yamaha MT-10 Tourer Edition maka pada jok belakang, kini dilengkapi pula dengan tas samping atau side bag yang berguna untuk membawa bekal atau barang bawaan lebih banyak. Di sisi lain, pada bagian belakang, stop lamp yang digunakan tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya di mana spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini menggunakan stop lamp LED yang didesain dengan mengusung gaya modern.
 

Speedometer

 
Pada sektor ini, sebagai motor tourer modern, tentunya desain panel indikatornya pun dibuat dengan rancangan yang lebih futuristik. Sisi modern tersebut pun bisa dilihat bahwa motor adventure ini menggunakan panel digital yang sangat informatif. Pada panel digital Yamaha MT-10 Tourer Edition tersebut, akan menampilkan beberapa informasi, antara lain kecepatan Km/jam, rpm, indikator bahan bakar, pengaturan ABS, dan kapasitas oli. Bahkan, pada instrumen indikator digital yang diusungnya tersebut sudah dilengkapi dengan fitur D-Mode yang akan memberikan 3 pilihan mode pengendalian berbeda untuk menunjang pengemudinya dalam mengendarai Yamaha MT-10 Tourer Edition ini sesuai selera dan kebutuhan. Tak sampai di situ saja, sebagai motor touring maka motor ini akan dibekali juga dengan tambahan perangkat berupa navigasi GPS dari TomTom yang diletakkan tepat di tengah stang kemudinya sehingga akan membantu pengemudi dalam menemukan lokasi secara lebih akurat. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pada sektor indikator tersebut, selain didesain modern dengan tampilan digital, dilengkapi pula dengan sistem navigasi GPS yang fungsional.
 

Dimensi

Related image

 
Selain memiliki desain yang tampak begitu garang, ternyata tampilan yang gagah tersebut juga tidak lepas dari sektor ukuran dimensi dan rangka dari spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini. Pasalnya, motor tourer besutan pabrik asal Jepang tersebut memiliki dimensi dengan ukuran panjang 2.095 mm, lebarnya 800 mm, tinggi 1.110 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.400 mm. Melihat ukurannya tersebut maka tak heran jika bodi motor tourer ini cukup pas dimana Yamaha MT-10 Tourer Edition ini juga memiliki tinggi tempat duduk yang berukuran 825 mm sehingga cukup mudah untuk dikendalikan. Di sisi lain, guna memperkuat dimensinya tersebut maka motor ini akan menggunakan rangka tipe Aluminium Deltabox yang terbilang kokoh dan cukup ringan yang akan membuat Yamaha MT-10 Tourer Edition ini pun bakal memiliki bobot yang tak terlalu berat sehingga mampu dikendarai dengan lebih gesit. Tak hanya itu saja, untuk ground clearance dari motor besutan Yamaha ini memiliki ketinggian 130 mm yang dinilai cukup tinggi dan pas sehingga akan tetap aman meski harus menerjang medan jalan off road sekalipun. Dengan begitu, tampaknya spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pada sektor dimensinya ini emang terbilang sudah cukup pas dan dilengkapi rangka yang kuat dan ringan guna menunjang berkendara yang lebih gresit.
 

Suspensi

 
Kaki-kaki yang kokoh, pastinya akan mampu memberikan keseimbangan yang tepat dalam berkendara. Oleh sebab itu, Yamaha pun akan melengkapi sektor kaki-kaki motor tersebut dengan tipe Telescopic Forks berukuran 43 mm. Sementara itu, untuk suspensi belakang, Yamaha MT-10 Tourer Edition akan mengandalkan tipe suspensi Swingarm (link suspension). Keduanya sama-sama kokoh dan mampu menjaga keseimbangan dan kenyamanan ketika dalam berkendara. Di samping itu, guna memperkuat kaki-kakinya motor ini akan menggunakan velg ZR yang berukuran 17 inci. Kedua velg dari Yamaha MT-10 Tourer Edition tersebut akan terbalut ban berukuran 120/70 ZR17 M/C (58W) pada bagian depan. Sementara itu, untuk ban bagian belakang akan mengandalkan ban berukuran 190/55 Z17 M/C (75). Kemudian, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan dari Yamaha MT-10 Tourer Edition ini maka pabrik otomotif asal Jepang ini akan mengandalkan tipe pengereman Hydraulic dual disc, berukuran 320 mm dan Hydraulic Single Disc berukuran 220 mm. Bahkan, sistem pengereman pada spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini sudah dilengkapi pula dengan teknologi ABS System yang mampu mencegah ban antiselip.
 

Mesin

Related image

 
Menginjak pada bagian ini, tampaknya untuk mesin yang diusung motor tourer ini tak berbeda jauh dengan MT-10 Standar. Pasalnya, Yamaha akan membekali motor tourer ini dengan mesin DOHC 4 langkah dengan kapasitas 998 cc 4 katup. Mesin yang diusung Yamaha MT-10 Tourer Edition tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga super sebesar 118 kW per putaran 11.500 rpm dan puncak torsi hingga mencapai titik 111 Nm pada putaran ke 9.000 rpm. Power yang begitu besar dari mesin tersebut pun akan disalurkan melalui sistem transmisi Constant Mesh 6 percepatan. Sehingga, tak heran jika dengan mesin tersebut Yamaha MT-10 Tourer Edition ini akan mampu melaju dengan kecepatan yang begitu gesit dan bertenaga. Selain itu, pada sektor mesin ini juga dibekali Liquid Cooled sebagai sistem pengendali suhu mesin agar suhu dalam ruang pacunya selalu terjaga. Tak hanya itu saja, motor adventure besutan Yamaha ini juga akan dilengkapi dengan sistem Fuel Injection yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya tidak cepat boros dengan perbandingan kompresi hingga 12:1. Tentunya, spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pada sektor mesin tersebut dinilai sebagai salah satu sektor andalan dalam bersaing di pasar otomotif.
 

Fitur

 
Berbicara mengenai fitur, tampaknya spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pun juga akan disemati dengan beberapa fitur canggih yang berteknologi tinggi. Keberadaan fitur-fitur ini pun berfungsi untuk mendukung performa dan menunjang kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Salah satu fitur yang cukup menarik yaitu adanya perangkat berupa sistem navigasi GPS TomTom yang akan mempermudah si pengemudi Yamaha MT-10 Tourer Edition dalam mencari atau menemukan peta lokasi ketika perjalanan jauh. Bahkan, peletakan fitur ini pada bagian tengah dari stang kemudinya pun akan mempermudah pengemudi dalam melihat informasi yang ditampilkan dari sistem navigasi GPS tersebut. Tak hanya itu saja, side bag atau tas samping pun juga turut disematkan pada jok penumpang di bagian samping Yamaha MT-10 Tourer Edition yang bisa difungsikan untuk membawa barang bawaan atau perbekalan lebih banyak. Kemudian, panel indikatornya pun sudah menggunakan panel digital yang akan mempermudah si pengendara dalam memahami kondisi motor yang sedang ditungganginya. Selain itu, untuk menunjang keselamatan maka Yamaha MT-10 Tourer Edition ini dilengkapi pengereman berteknologi ABS yang memberikan kualitas pengereman yang cekatan dan mampu mencegah ban anti selip sehingga kecelakaan pun bisa dicegah. Nah, dari sekian fitur-fitur yang disematkan tersebut, tampaknya spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini memang dilengkapi fitur modern yang canggih dan fungsional guna menunjang kebutuhan para penggunanya.

Demikianlah Review Yamaha MT-10 Tourer yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

0 komentar:

Post a Comment