Friday

Review Yamaha Fino Grande

Review Yamaha Fino Grande - Meski memiliki kapasitas mesin lebih besar, nyatanya penjualan Yamaha Fino 125 Blue Core masih kalah dari Honda Scoopy eSP. Oleh karena itulah Yamaha merilis varian baru dengan fitur lebih canggih dan memiliki desain klasik yang diharapkan mampu mengalahkan Honda Scoopy eSP. Tersedia dua varian New Fino 2017, yaitu versi Sporty dan versi Grande. Dari keduanya, yang paling menarik adalah Yamaha Fino Grande, karena fiturnya lebih lengkap dan desainnya terlihat lebih mewah dibandingkan Fino Sporty.

Image result for Yamaha Fino Grande

Selisih harga Yamaha Fino Grande dengan Fino Sporty melebihi 1 Juta Rupiah. Wajar apabila harganya lebih mahal, karena motor ini menawarkan lampu LED yang memberikan penerangan secara maksimal ketika berkendara di malam hari. Selain itu, Fino Grande juga memiliki desain jok lebih berkelas dan dilengkapi fitur Stop & Start System yang tak dimiliki Fino Sporty. Bagi pembaca yang penasaran ingin mengetahui spesifikasi lengkap, fitur, dan harga Yamaha Fino Grande, silahkan simak ulasan Review Yamaha Fino Grande berikut ini.

Review Yamaha Fino Grande


Desain


Image result for Yamaha Fino Grande

Tampilan eksterior fisik dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang dihadirkan dengan desain klasik yang tampak lebih elegan. Hal itu bisa kita lihat dari setiap sisi bodinya. Mulai dari depan, Yamaha telah membekali motor matik besutannya ini dengan head lamp berteknologi LED yang didesain lebih elegan. Selain desainnya menarik, head lamp pada Yamaha Fino Grande tersebut juga akan mampu memberikan pencahayaan yang lebih terang sehingga pengemudi akan lebih jelas melihat medan jalan di depan ketika melewati jalan yang minim penerangan. Selain itu, tersedia pula lampu sein yang didesain dengan bentuk eclipse yang akan membuat tampilannya makin kece. Menginjak pada bagian bodi samping, Yamaha Fino Grande mengandalkan jok Double Seat yang empuk sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal kepada si pengemudi maupun penumpangnya ketika berkendara. Bahkan, dengan adanya Double Seat tersebut, tentunya akan semakin membuatnya terlihat lebih berkelas. Lalu ada pula emblem “Mio Fino Grande” yang menghiasi bodi bagian samping kanan dan kiri. Di sisi lain, di bawah jok dari Yamaha Fino Grande ini juga disediakan bagasi Megabox seluas 8.7 liter yang akan cukup mampu untuk memuat barang lebih banyak guna menunjang aktivitas setiap pengguna. Tak sampai di situ saja, motor matik ini juga dibekali dengan tangki bahan bakar yang cukup luas dengan kapasitas 4.2 liter yang bisa dijadikan bekal bahan bakar ketika Yamaha Fino Grande akan dikendarai untuk menempuh jarak yang jauh. Sehingga, pengendara tak perlu bolak balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Kemudian, menginjak pada sektor belakangnya, Yamaha juga telah melengkapinya dengan stop lamp menarik di mana pada sisi samping kanan kirinya terdapat lampu sein yang didesain menyipit sehingga mampu memperlihatkan tampilan yang lebih menarik. Tampaknya, tampilan eksterior dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang memperlihatkan gaya desain retro yang tampak mewah dan elegan pada setiap sisi bodinya.

Speedometer


Image result for Yamaha Fino Grande

Selain bodinya tampak begitu menarik dan elegan, tidak ketinggalan pula bahwa spesifikasi Yamaha Fino Grande ini juga akan dilengkapi pula dengan instrumen indikator. Pada sektor ini, pabrik otomotif asal Jepang ini akan mengandalkan panel analog yang dibentuk dengan desain simple dan berbentuk bulat sehingga kesan retronya pun kian tampak terlihat. Selain itu, panel indikator dari Yamaha Fino Grande ini juga akan menampilkan informasi yang cukup jelas di mana tampak speedometer analog yang dihitung Km/jam lengkap dengan jarum penunjuk berwarna merah. Selain itu, terdapat juga indikator lampu sein, ECO Indicator, dan indikator lampu tembak (High Beam) yang tertata rapi pada panel analognya. Tak sampai di situ saja, panel indikator pada Yamaha Fino Grande ini pun juga akan dilengkapi dengan indikator yang ditampilkan pada sisi sebelah kiri bagian bawah dari speedometernya sehingga akan memberikan kesan berbeda dan unik. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa instrumen indikator dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang terbilang memiliki desain yang cukup simple dan elegan serta mampu memberikan informasi secara akurat terkait dengan kondisi motor.

Dimensi


Related image

Jika dilihat dari sisi eksterior bodinya, motor matik besutan pabrik asal Negeri Sakura ini tampak memiliki bodi yang cukup mungil namun cukup pas untuk dikendarai. Bodinya yang mungil dan cukup slim tersebut tentu tak lepas dari struktur rangka dimensi pembentuknya. Pasalnya, Yamaha sendiri telah membekali motor matik Yamaha Fino Grande ini dengan rangka Underbone (tulang punggung) yang cukup kuat dan ringan sehingga akan mempermudah setiap pengguna dalam mengendarai motor matik ini. Selain memiliki rangka, untuk struktur bodi Yamaha Fino Grande ini pun memiliki dimensi yang pas dengan panjang 1.870 mm, lebarnya 700 mm, dan tingginya mencapai 1.066 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.260 mm. Jika kita melihat ukuran dimensinya tersebut maka sangat wajar jika motor matik terbaru besutan Yamaha ini memiliki bodi yang cukup mungil. Bahkan, untuk bobotnya sendiri saja hanya mencapai 98 Kg saja sehingga akan membuatnya cukup ringan ketika dikendarai. Di sisi lain, Yamaha Fino Grande ini juga memiliki ketinggian tempat duduk 745 mm yang dinilai sudah sangat sesuai dengan rata-rata postur tubuh atau tinggi orang Indonesia. Tak sampai di situ saja, matik ini pun juga memiliki ground clearance setinggi 135 mm yang akan membuat si pengendara lebih mudah dalam bermanuver di medan perkotaan. Namun, dengan ketinggian ground clearance pada spesifikasi Yamaha Fino Grande tersebut, tampaknya motor matik ini kurang cocok dikendarai di medan terjal dan penuh bebatuan.

Suspensi


Spesifikasi Yamaha Fino Grande ini pun juga akan dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh dan kuat. Untuk menunjang kaki-kakinya tersebut maka Yamaha sendiri akan membekali motor matik besutannya ini dengan suspensi handal dan kuat untuk menjaga keseimbangan motor ketika dikendarai. Suspensi yang akan digunakan yaitu tipe Teleskopik untuk bagian depan. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakang Yamaha Fino Grande akan mengandalkan tipe Unit Swing. Dengan berbekal kedua suspensi tersebut maka pengendara maupun penumpang akan merasa lebih nyaman ketika melewati medan jalan berlubang atau bergeronjal mengingat suspensi ini sangat sempurna sekali dalam menahan setiap goncangan atau getaran pada saat melalui jalanan yang kurang rata. Di sisi lain, untuk memperkokoh sektor kaki-kakinya ini maka Yamaha Fino Grande ini akan dibekali dengan velg 14 inci di mana velg tersebut akan terbalut ban yang berukuran 70/90-14M/C 34P untuk bagian depan. Sedangkan, untuk bagian belakang akan terbalut ban berukuran 80/90-14M/C 40P. Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan Yamaha Fino Grande ini maka skutik mungil buatan pabrik Yamaha ini akan dilengkapi dengan rem Disc Brake di bagian depan dan Drum Disc dibagian belakang. Kedua rem tersebut dikenal cukup handal untuk membantu si pengemudi dalam berkendara. Tentu, spesifikasi Yamaha Fino Grande pada sektor kaki-kakinya ini memang bisa dibilang cukup kuat dan kokoh untuk menjaga keseimbangan dan memberikan kenyamanan dalam berkendara

Mesin


Pada bagian permesinannya ini, Yamaha sendiri akan menggunakan mesin yang terbilang memiliki kapasitas kecil namun dikenal cukup tangguh. Pasalnya, motor matik ini akan dibekali mesin berteknologi SOHC dengan Silinder Tunggal dan memiliki kapasitas 125 cc. Mesin  dari Yamaha Fino Grande ini pun diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga yang cukup tangguh, yaitu 7.0 kW pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi hingga 9.6 Nm per putaran ke 5.500 rpm. Tenaga dari mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi V-Belt Automatic. Di sisi lain, Yamaha juga akan membekali sektor mesin dari Yamaha Fino Grande ini dengan sistem pendingin cair (Air Cooled) untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Nah, yang cukup menarik, pada sektor dapur pacu dari motor matik ini pun juga akan dilengkapi dengan sistem Fuel Injection yang akan mampu menekan konsumsi bahan bakar dari Yamaha Fino Grande menjadi lebih efisen dan ramah lingkungan dengan perbandingan kompresi 9.5: 1. Bahkan, skutik ini pun juga akan dilengkapi dengan teknologi fitur Blue Core yang mampu membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit 50% jika dibandingkan dengan mesin karburator. Tampaknya, jika dilihat secara keseluruhan, dapat disimpulkan sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang dibekali mesin handal dan irit bahan bakar.

Fitur


Image result for Yamaha Fino Grande

Untuk menunjang spesifikasinya maka Yamaha telah membekali motor matik terbaru buatannya ini dengan beberapa fitur cukup canggih dan fungsional. Pertama, motor matik ini akan dilengkapi dengan fitur ECO Indicator yang berguna untuk mengingkatkan pengendara Yamaha Fino Grande ini agar berkendara lebih irit. Lampu indikator tersebut akan berwarna biru ketika pengendaranya melaju pada kecepatan stabil dan konstan pada kecepatan 20-60 km/jam. Apabila lebih dari itu, maka pemakaian bahan bakar akan lebih boros. Selain itu, ada juga fitur Stop & Start System yang akan mematikan mesin Yamaha Fino Grande secara otomatis ketika berhenti lebih dari lima detik. Lalu, si pengendara hanya perlu menarik tugas gas maka mesin otomatis akan hidup. Dengan disematkannya fitur ini maka berkendara pun akan semakin irit dan lebih efisien. Tak hanya itu, motor matik ini pun juga dilengkapi fitur Advance Key System yang bisa digunakan untuk mencari lokasi motor ketika parkir. Sistem penguncian Yamaha Fino Grande tersebut juga bisa digunakan untuk membuka bagasi ketika kita menekannya lebih lama. Di samping itu, tak ketinggalan juga bahwa skutik ini juga memiliki fitur Smart Lock System yang sangat berguna untuk membantu pengereman ketika berhenti pada jalan menanjak. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Yamaha Fino Grande ini juga dilengkapi pula dengan fitur Smart Side Stand Switch telah disediakan untuk meningkatkan keamanan pengendara.

Demikianlah Review Yamaha Fino Grande yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

0 komentar:

Post a Comment