Wednesday

Review Yamaha Vixion R155

Review Yamaha Vixion R155 - Satu lagi motor sport bermesin 155cc yang kembali dirilis oleh pabrikan asal Negeri Matahari Terbit yaitu Yamaha. Apabila sebelumnya merilis New R15, sekarang giliran “All New Yamaha Vixion R” yang mengadopsi mesin serupa. Selain mengoptimalkan sektor mesin, Yamaha juga mengoptimalkan desain All New Vixion menjadi lebih aerodinamis dan memberikan beragam fitur baru yang siap bersaing melawan Suzuki GSX-R1000R dan Kawasaki Ninja 650 SE yang selama ini menjadi rival abadi Yamaha Vixion.

Image result for Yamaha Vixion R155
Yamaha Vixion R155

Desainnya berubah drastis menjadi lebih sporty dan dirancang dengan mengedepankan aerodinamika untuk mengoptimalkan kemampuan akselerasinya. Jangan heran jika harga yang ditawarkan Yamaha Vixion R 155cc jauh lebih mahal dibandingkan motor sport sekelasnya, karena terbukti jauh lebih baik dari segi mesin, desain, fitur, atapun performa. Nah, untuk mengetahuinya kemampuan All New Vixion R secara mendetail, silahkan simak informasi yang kami rangkum pada artikel berikut ini.

Review Yamaha Vixion R155

Desain 

Image result for Yamaha Vixion R155
Yamaha Vixion R155
Sebelum kita jauh membahas lebih dalam mengenai spesifikasi Yamaha Vixion R 155, tampaknya akan lebih baik jika kita berkenalan lebih dulu melalui sektor desain eksterior yang dibawanya. Melihat tampilan bodinya tersebut, tampaknya motor baru buatan Yamaha ini memang dihadirkan dengan balutan konsep desain sporty dan aerodinamis. Hal itu tampak jelas pada setiap sisi bodinya. Dari tampilan pada sektor depan saja sudah tampak begitu agresif di mana Yamaha Vixion R 155 ini mengusung headlamp berteknologi LED dengan bentuk yang cukup menarik dan atraktif, seperti membentuk huruf “V”. Sehingga, selain mampu memberikan pencahayaan yang cukup terang, tentu saja tampilannya akan semakin garang dan gagah. Bahkan, lampu Hazard pun juga turut disematkan pada Yamaha Vixion R 155 ini guna memberi tanda darurat ketika terjadi musibah pada pengemudinya. Lalu, pada bagian samping pun juga tak kalah menarik. Bagaimana tidak? Tampak dengan jelas desain tangki bahan bakar yang berkapasitas 11 liter dengan lekukan tajam nan begitu sporty di mana pada bagian bawah tangki terpasang Under Cowl yang dibuat dengan rongga besar guna memaksimalkan aliran arah angin ketika Yamaha Vixion R 155 ini berakselerasi di jalan. Kemudian, tak ketinggalan juga susunan mesin pun tampak begitu rapi dan mampu memberikan kesan kegagahan. Di sisi lain, sedikit mundur ke belakang, Yamaha akan membekali naked bike buatannya ini dengan jok empuk berbahan material yang memiliki kualitas tinggi di mana dibuat dengan bentuk standar motor naked. Sehingga, akan membuat pengemudi maupun penumpang Yamaha Vixion R 155 ini merasa nyaman waktu berkendara. Nah, menginjak pada bagian belakang, sobat akan menemui stop lamp LED yang dirancang begitu sporty dan modern sehingga mampu memberikan kesan sebagai motor naked yang begitu gagah dan futuristik. Selain itu, stop lamp yang diusung spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini dinilai cukup terang namun tak membuat silau para pengendara yang berada di belakang motor. 

Speedometer


Beralih pada segmen berikutnya, kali ini kita akan mengulas panel indikator pada spesifikasi Yamaha Vixion R 155. Hadir sebagai naked bike modern, tentu selain mengusung desain bodi yang menarik, Yamaha juga membekali motor buatannya ini dengan instrumen indikator modern dengan mengusung konsep panel Full Digital. Panel digital yang digunakan pun juga akan menampilkan beberapa informasi mengenai kondisi motor yang sedang ditungganginya. Di mana, pada panel indikator motor Yamaha Vixion R 155 ini akan memperlihatkan speedometer atau kecepatan dalam hitungan Km/jam, posisi gear, jarak tempuh dan tingkat rpm serta indikator bahan bakar. Selain itu, pada sisi kanan juga disematkan lampu indikator berupa lampu sein dan lampu tembak. Sedangkan pada sisi samping kiri akan ditampilkan lampu netral dan indikator oli dari motor Yamaha Vixion R 155 tersebut. Tak ketinggalan juga bagian bawah pun juga dilengkapi dengan tombol reset dan select guna mengatur ulang speedometer dan jarak tempuh. Dengan mengetahui segmen indikator yang diusung spesifikasi Yamaha Vixion R 155, tampaknya pengendara akan lebih mudah dalam mengetahui kondisi motor yang sedang ditungganginya.

Dimensi

Image result for Yamaha Vixion R155
Yamaha Vixion R155
Tidak lupa juga bahwa spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini pun juga akan disokong rangka yang kokoh dengan bentuk bodi atau dimensi ideal. Hal ini diterapkan oleh Yamaha guna memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan untuk meraih keseimbangan yang maksimal. Maka dari itu, Yamaha pun akan membekalinya dengan rangka Delta Box yang dikenal cukup kuat dan ringan. Selain itu, dari segi dimensi pun juga dinilai sudah pas di mana Yamaha Vixion R 155 akan mengusung dimensi dengan panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, ketinggian 1.025 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.320 mm. Ukuran dimensi yang begitu ideal tersebut akan mampu memberikan keseimbangan yang pas dan posisi berkendara yang nyaman. Selain itu, ground clearance pada motor naked Yamaha Vixion R 155 ini memiliki ukuran yang sangat pas sekali, yakni 165 mm sehingga akan membuat berkendara pun menjadi lebih lancar meski melewati jalan yang penuh bebatuan atau pun polisi tidur tanpa perlu khawatir bagian bawah bodi motor tergesek. Di sisi lain, pada bagian ketinggian jok pun juga dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia di mana Yamaha Vixion R 155 ini memiliki ketinggian jok yang berukuran 795 mm yang sejajar dengan letak setang kemudi di depan. Sehingga, dengan ketinggian jok tersebut maka pengemudi pun akan merasa nyaman ketika mengendarai motor ini meski beban yang dibawa terasa berat. Tentu, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pada sektor dimensi ini dinilai cukup ideal dan pas sehingga akan memberi kenyamanan kepada setiap pengemudi.

Suspensi


Sementara itu, selain memiliki dimensi bodi yang ideal dan pas, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pun juga akan mengusung sektor kaki-kaki kuat dan kokoh. Keberadaan kaki-kaki pada sebuah motor, apalagi motor naked yang memiliki dimensi besar dan bobot 131 Kg ini, tentu menjadi sektor penting guna menjaga keseimbangan ketika dikendarai. Oleh sebab itu, guna menunjang hal tersebut maka Yamaha Vixion R 155 pun dibekali dengan suspensi handal bertipe Telescopic pada bagian depan. Sedangkan, untuk suspensi bagian belakang akan mengandalkan tipe Swing Arm. Kedua suspensi tersebut diyakini akan mampu memberikan keseimbangan maksimal pada motor naked ini. Bahkan, kehandalan Yamaha Vixion R 155 ini pun juga terletak pada kekuatan atau daya redamnya yang kuat, terutama ketika melewati jalan bergelombang atau bergeronjal. Sehingga, pengguna pun akan merasa nyaman meskipun melalui jalan yang tidak rata. Sementara itu, untuk membuat motor naked ini kian nyaman dikendarai maka Yamaha Vixion R 155 pun dibekali dengan velg sporty yang berdiameter 17 inci. Di mana velg tersebut akan dibalut ban tipe Tubeless berukuran 90/80-17M/C di bagian depan dan ban berukuran 130/70-17M/C pada bagian belakang. Tak cukup sampai di situ saja, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini pun juga akan dibekali pengereman Disc Brake pada bagian depan maupun belakang yang dinilai cukup handal.

Mesin


Seperti dengan apa yang sudah dikatakan di awal tadi bahwa naked bike buatan pabrik asal Negeri Matahari ini bakal memiliki kemampuan daya mesin super handal. Hal itu memang benar adanya mengingat motor bernama Yamaha Vixion R 155 ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 155.1 cc dengan tipe SOHC 4 katup dan 4 langkah. Mesin yang dibawa naked bike ini akan mampu menghasilkan tenaga yang begitu powerfull di mana mampu mencapai batas titik maksimal hingga 19.3 Hp (14.2 Kw) setiap putaran ke 10.000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi hingga 14.7 Nm. Maka, akan sngat wajar jika Yamaha Vixion R 155 ini mampu melaju begitu pesat dan super kencang. Di sisi lain, yang cukup menarik bahwa sektor dapur pacu yang diusung motor naked ini akan dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang siap menjaga tenaga dan torsi maksimum dan merata pada setiap putaran mesin. Sehingga, performa yang dihasilkannya pun akan tetap stabil. Di samping itu, tak ketinggalan juga pada Yamaha Vixion R 155 sistem pendingin Liquid Cooled pun tersematkan pada ruang olah pacunya guna menjaga suhu agar tetap sejuk dan stabil. Tak cukup sampai di situ saja, sistem bahan bakar Fuel Injection pun juga turut disematkan pada jantung pacunya sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien dengan perbandingan kompresi 11.6 : 1. Sehingga, selain mampu memberikan performa yang powerfull, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pada sektor dapur pacunya ini pun juga bakal menjadikannya sebagai naked bike ramah lingkungan.

Fitur


Yang pertama bahwa untuk menunjang keselamatan maka naked bike buatan Yamaha ini sudah dibekali rem cakram yang cukup handal dalam mengendalikan laju dari motor. Selain itu, untuk semakin menambah kesempurnaan motor, Yamaha Vixion R 155 pun juga akan dilengkapi pula dengan teknologi DiASIL Cylinder dan Forgen Piston di mana kedua fitur ini akan mampu menunjang daya tahan mesin menjadi lebih awet, kuat, dan ringan. Bahkan, pada bagian belakang pun akan dilengkapi spakbord (mud guard) berdesain gantung yang bisa dilepas sewaktu-waktu. Tak hanya itu, jalur kabel pada Yamaha Vixion R 155 pun bisa digunakan untuk menunjang USB Charger sebagai alat untuk mengisi daya baterai pada smartphone. Sehingga, bisa juga dianggap fitur yang akan dibekalkan Yamaha pada motor ini tergolong cukup sangat lengkap dan membuatnya layak menyandang nama “LIVE THE LEGEND”.  

Demikianlah Review Yamaha Vixion R155 yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca

0 komentar:

Post a Comment