Friday

Review Yamaha QBIX

Review Yamaha QBIX - Kembali yamaha perkenalkan motor terbarunya, dimana yang terbaru dari yamaha ini sudah terlihat sangat menarik dari bagian luarnya, atau bisa disebut dari segi desain. Karena seperti motor masa depan, dan menyesuaikan tag line yang dibawanya, yakni “The Digital Automatic Bike”, menjadikannya memiliki bentuk tubuh mengkotak, mulai dari bagian bodi depan, headlamp, bodi belakang, bahkan sampai dengan stop lamp, semua dibentuk sesuai dengan apa yang di konsepkan oleh yamaha.


Review Yamaha QBIX

Bahkan untuk lebih menguatkan kesan sebagai motor masa depan, yamaha melengkapinya dengan spedometer full digital, selain mudah dipahami, juga memiliki tingkat keakuratan tinggi, jadi anda tetap bisa mengetahui motor saat berkendara dengannya. Lalu tanpa mengurangi fungsionaltasnya sebagai kendaraan masa kini, motor yang mengusung sebutan nama Yamaha QBIX dilengkapi dengan fitur mobile charger, dimana untuk tempat serta detail bagian lainnya, bisa langsung sobat simak dalam ulasan Review Yamaha QBIX dibawah ini.

Review Yamaha QBIX

Desain


Pada sektor tampilan eksteriornya ini, tampaknya model skutik yang baru saja diluncurkan Yamaha di Thailand ini memang dibuat dengan gaya yang berbeda dan unik. Pasalnya, bentuk desain dari skutik ini pun dibuat serba kotak layaknya kubus pada setiap sisi bodinya sehingga menampilkan kesan motor bergaya retro. Dari sisi depan Yamaha QBIX, bisa kita lihat head lamp yang sudah mengandalkan teknologi LED ini pun didesain menyesuaikan dengan bentuk bodinya di mana lampu utamanya dibuat persegi yang memanjang atas bawah yang siap memancarkan cahaya yang cukup terang. Di bawahnya terdapat logo garpu tala yang semakin memperkuat kesan sebagai skutik produk Yamaha. Selain itu, untuk lampu sein pada Yamaha QBIX ini pun terpasang secara unik di bagian sudut bawah kanan kiri pada bodi depan sehingga terlihat begitu berbeda dan menarik. Kemudian, kesan kotak seperti sebuah kubus yang fashionable pun juga semakin kuat terpampang pada sektor bodi samping Yamaha QBIX ini. Bisa dilihat bagaimana jok yang terbuat dari material yang berkualitas tinggi dibuat simple dan menyatu antara pengemudi dan penumpangnya. Di bawah jok tersebut juga terdapat sebuah bagasi yang berkapasitas 22.5 liter yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang bawaan Yamaha QBIX, bahkan 2 helm sekalipun. Tak sampai di situ saja, tampak juga pijakan kaki yang dinilai sudah cukup lebar yang akan membuat gerak kaki pengemudi menjadi lebih bebas. Lalu, menginjak pada bagian belakang, tail lamp LED pada spesifikasi Yamaha QBIX pun dibuat dengan desain unik dan dilengkapi lampu sein yang memang dibuat menyatu.


Review Yamaha QBIX

Speedometer


Meski mengusung gaya retro khas motor klasik namun skuter ini akan dilengkapi dengan panel indikator full digital modern yang begitu apik dan elegan. Bagaimana tidak? Pada instrumen indikator yang dibawanya ini pun hadir dengan tampilan layar LCD persegi panjang layaknya ponsel pintar dengan background berwarna biru dan beberapa tampilan panel digital yang begitu jelas. Sehingga, selain elegan dan modern, kesan sporty Yamaha QBIX pun sedikit melekat pada sektor instrumen indikatornya tersebut. Selain itu, beberapa informasi terkait kondisi motor yang sedang ditungganginya pun akan ditampilkan dalam bentuk angka digital, seperti kecepatan yang dihitung Km/jam, mode ECO, jam, jarak tempuh dan kapasitas bahan bakar. Seluruh panel info Yamaha QBIX tersebut berpadu dan saling berkombinasi dalam satu rangkaian dalam panel digital. Selain itu, panel indikator pada motor ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator, antara lain seperti indikator lampu sein, lampu netral, dan lampu tembak/jarak jauh. Dengan demikian, panel indikator pada spesifikasi Yamaha QBIX ini memang terbilang lengkap, informatif, dan memiliki desain yang mengesankan gaya modern.

Dimensi

Review Yamaha QBIX


Apabila kita melihat sisi eksteriornya, bentuk desain khas retro yang cenderung sedikit kecil dan terlihat kokoh tersebut tentunya tak lepas dari dimensi pada spesifikasi Yamaha QBIX. Mengapa demikian? Bukan tanpa sebab mengingat ukuran dimensi dan rangka menjadi pembentuk bodinya sehingga mampu memperlihatkan tampilan eksteriornya. Untuk rangkanya sendiri, skuter QBIX akan mengandalkan frame Underbone (tulang punggung) yang terkenal kuat dan kokoh namun ringan sehingga akan memudahkan pengemudi dalam mengendalikan Yamaha QBIX ini. Nah, terkait dengan dimensi, skuter matik ini memiliki dimensi dengan panjang 1.860 mm, lebarnya 715 mm, dan tingginya mencapai ukuran 1.115 mm berbobot 103 Kg. Dimensi beserta bobot ini untuk tipe standar, sedangkan untuk tipe QBIX S dan Yamaha QBIX ABS memiliki dimensi yang lebih lebar 740 mm d dengan bobot yang berbeda pula, yakni untuk QBIX S 106 Kg sedangkan untuk QBIX ABS a08 Kg. Meski berbeda namun lebar dan bobot dari ketiga varian tersebut tak terlalu berpengaruh mengingat hanya selisih sedikit antara satu tipe dengan tipe yang lain. Akan tetap yang jelas bahwa dengan dimensi Yamaha QBIX tersebut maka dinilai sudah pas dan sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia, bahkan bagi orang yang bertubuh pendek sekalipun. Hal tersebut tentu tak lepas juga dari ketinggian tempat duduknya yang mencapai ukuran 775 mm. Selain itu, skutik garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memiliki jarak terendah dengan tanah atau ground clearance setinggi 135 mm di mana dengan dimensi pada spesifikasi Yamaha QBIX tersebut maka akan dinilai sudah cukup pas untuk dikendarai di medan perkotaan yang padat.

Suspensi

Review Yamaha QBIX


Pentingnya sebuah kaki-kaki terletak pada fungsinya sebagai penjaga kestabilan kendaraan ketika dikendarai. Berbicara mengenai kaki-kaki, tentu tak akan lepas dari yang namanya suspensi. Nah, untuk sektor kaki-kaki pada skutik buatan Negeri Matahari ini akan disokong dua suspensi handal di mana untuk suspensi depan menggunakan Telescopic dan untuk suspensi belakang Yamaha QBIX akan mengandalkan tipe Swing Unit. Keduanya akan saling bekerjasama dalam menjaga keseimbangan ketika dikendarai. Selain itu, dengan kehadiran kedua suspensi tersebut, pengendaranya pun akan merasa nyaman ketika melewati berbagai medan, bahkan di jalan yang berlubang sekalipun mengingat kedua suspensi dari Yamaha QBIX tersebut sanggup menahan atau meredam setiap goncangan ketika berkendara dengan sempurna. Sementara itu, untuk menambah daya kuat dan keseimbangan kaki-kakinya maka skuter ini akan dilengkapi dengan velg yang terbalut ban. Untuk sektor depan, akan dilengkapi velg berukuran 100/90-12 59 dan 110/90-12 64 L untuk Yamaha QBIX tipe standar. Sementara itu, untuk tipe QBIX S dan QBIX ABS, velg depan akan menggunakan ukuran 130/70-12 56L dan untuk bagian belakang 140/70-12 60L. Seluruh velg tersebut nantinya akan terbalut ban yang berkualitas tinggi. Di sisi lain, tak lupa juga untuk menunjang keselamatan, QBIX ini juga akan dilengkapi rem Single Disc Brake di bagian depan dan DRUM Brakes di bagian belakang di mana pengereman pada spesifikasi Yamaha QBIX ini juga akan menawarkan varian dengan teknologi ABS sistem.

Mesin


Tampaknya, meski tampilannya tampak unik dan cenderung mungil namun untuk tenaga mesin yang dihasilkan sektor dapur pacunya tak semungil yang dibayangkan. Pasalnya, QBIX sendiri akan mengandalkan mesin 4 langkah dengan silinder tunggal tipe SOHC. Mesin yang disematkan pada Yamaha QBIX ini juga memiliki kapasitas 125 cc yang juga dilengkapi 2 air cooling valve sebagai pengatur suhu mesin. Komponen mesin pacu tersebut pun mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 9,5 HP pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi 9,6 Nm setiap putaran 5.500 rpm. Tentu, dengan semburan tenaga dari mesin Yamaha QBIX ini akan membuat laju skutik ini kian gesit dan memiliki akselerasi yang terasa lebih enteng. Kegesitan daya laju dan kegaharan dalam berakselerasi tersebut tentu tak lepas dari komponen penyalur tenaga mesinnya yang berupa transmisi di mana skutik ini menggunakan sistem transmisi V-Belt automatic. Tak cukup sampai di situ saja, departemen permesinan pada Yamaha QBIX ini juga mengandalkan teknologi Bluecore yang dikenal akan mampu membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien dengan perbandingan kompresi 9.5 : 1. Sehingga, bisa dikatakan bahwa sektor meisn pada spesifikasi Yamaha QBIX ini memang terbilang cukup handal di kelasnya dan juga tetap ramah lingkungan.

Fitur


Pertama, yang cukup menari dari skutik buatan Yamaha ini yaitu disediakannya bagasi luas berkapasitas 22.5 liter yang sanggup menampung beberapa barang bawaan. Selain itu, pada instrumen indikatornya pun Yamaha QBIX sudah menggunakan panel digital yang ditampilkan dalam layar LCD sehingga kesan modern pun kian melengkapi skutik bergaya retro ini. Tak cukup sampai di situ saja, skuter ini juga akan dilengkapi fitur soket USB Charger dalam sebuah console bagasi yang terletak di bagian depan Yamaha QBIX, fitur Answer Back system yang terintegrasi dengan Smart Key dilengkapi keyless ignition. Nah, untuk menunjang keselamatan dan mencegah terjadinya kecelakaan ketika mengerem dadakan maka pada varian tertinggi Yamaha QBIX sudah mengandalkan teknologi pengereman ABS System yang selain siap memberikan pengereman sempurna, juga kan mencegah ban anti selip. Nah, dari segala keunggulan yang dimiliki spesifikasi Yamaha QB

Demikianlah  Review Yamaha QBIX yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

0 komentar:

Post a Comment