Tuesday

Review Suzuki Ignis

Review Suzuki Ignis - Mengawali debutnya di ajang pameran mobil paling bergengsi di Indonesia , Suzuki Ignis datang dengan membawa dimensi mobil yang mengusung konsep mobil Cossover Suzuki Ignis hadir dengan dimensi yang cukup kecil dibandingkan dengan rivalnya seperti nissan juke, Ford Ecosport dan Honda HR-V, meskipun demikian mobil ini belum secara resmi hadir di Indonesia, dimensinya yang cukup mungil untuk mobil di segment ini nampaknya akan cukup mencuri perhatian konsumen Indonesia.

Image result for suzuki ignis

Dinegara asalnya sendiri Suzuki Ignis adalah mobil pengganti dari suzuki Cultus, Pada awalnya mobil ini hadir pada periode 2000-2008 dan kemudian pada tahun 2016 mobil ini hadir sebagai cossover kecil. Menggunakan bahan bakar jenis bensin, Suzuki ignis meskipun memiliki dimensi yang kecil namun mobil ini dibekali dengan mesin 1250 cc, dimana pada tenaga mesin Suzuki Ignis ini bisa mencapai 89 HP dan torsinya mencapai 118 nm, serta di tambah dengan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan tentunya membuat Suzuki Ignis memiliki kemapuan berlari yang cukup baik.

Menggunakan 2 pilihan penggerak yakni 4WD pada varian tertingginya sedangkan untuk varian standar menawarkan sistem penggerak 2WD, sedangkan untuk sistem suplai bahan bakar mobil ini menggunakan MPFI (injeksi Bahan Bakar) dimana pada suplai bahan bakar ini akan lebih menggontrol konsumsi bahan bakar, serta dengan digunakannya sistem kemudi rack & pinion yang tentunya akan membuat pembaca menikmati sensasi berkendara yang baik, desain bodynya yang kecil tentunya semakin membuat mobil ini mampu melesat dengan baik.

Image result for suzuki ignis

Pada fiturnya sendiri mobil dengan harga dibawah 200 jutaan ini memiliki banyak fitur unggulan seperti sudah adanya sistem pengereman ABS, namun demikian pada tipe tertentu mobil ini belum memiliki sensor parkir hal ini tentunya akan menyulitkan pembaca dalam memarkir kendaraan apalagi jika tidak ada tukang parkir, namun mobil ini juga sudah menggunakan Dual Airbags seperti yang kita ketahui fitur airbags akan sangat membantu apabila terjadi benturan kepada mobil. Berikut ini kami sampaikan Review Suzuki Ignis

Review Suzuki Ignis

Eksterior

Image result for suzuki ignis


Jika kita melihat dari sisi tampilan bodinya, SUV kompak garapan Suzuki ini tampak mengusung desain yang bergaya sporty dan stylish. Hal ini dapat kita lihat dari segi tampilannya sendiri di mana SUV ini memiliki desain yang cukup menarik dan mengusung tampilan SUV yang begitu khas pada setiap sisi. Dimulai dari depan Suzuki Ignis, tampak gaya yang mengusung konsep Clam Shell Bonnet yang begitu stylish dan terlihat begitu modern. Desain ini dibuat dengan rancangan grille depan memanjang mencakup lampu utamanya. Berkaitan dengan lampu utama/headlamp, Suzuki Ignis akan mengandalkan headlamp tipe LED Projector headlamps with DRL pada varian tertinggi di mana dengan bekalan headlamp tersebut maka diyakini akan mampu memberikan pencahayaan yang cukup terang. Bahkan, fog lamp yang terpasang manis pada bagian bawah atau tepatnya di bumper depan Suzuki Ignis ini pun kian mampu membantu pencahayaan ketika berkendara di cuaca hujan deras atau pun berkabut. Lalu, pada sektor bodi sampingnya, tampaknya tak ada yang cukup menonjol. Hanya saja, tampilan desain yang berciri khas SUV kompak tampak cukup kuat juga pada sektor bodi samping Suzuki Ignis tersebut. Selain itu, yang cukup memikat perhatian yaitu disematkannya Roof Rails (khusus tipe GX) yang membuatnya kian lebih tampak modern dan atraktif. Kemudian, menginjak pada sektor belakang, mobil ini akan hadir dengan mengusung High Mount Stop Lamp berteknologi LED dan Rear Combination Lamps yang didesain begitu serasi dan seimbang dengan gaya lekuk tubuh pada bagian bodi belakang Suzuki Ignis tersebut. Yang cukup menarik, yaitu meski lampu belakangnya mampu memberikan pencahayaan cukup terang namun stop lamp yang dibawanya diyakini tak akan membuat silau pada setiap pengendara di belakangnya. Dengan begitu maka bisa dipastikan bahwa sektor eksterior pada spesifikasi Suzuki Ignis ini memang bisa dibilang cukup stylish dan atraktif.
 

Interior

Image result for suzuki ignis

 
Ketika memasuki ruang kabin, pengguna nanti akan disajikan tampilan interior yang begitu elegan di mana akan dihadirkan warna doortrim yang seimbang dan sesuai dengan warna pada sisi eksteriornya. Selain memiliki gaya yang begitu elegan, ruang kabin pada Suzuki Ignis ini pun bisa dibilang cukup luas dan tak tampak sesak. Hal tersebut tentu menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi SUV buatan Suzuki ini. Di sisi lain, pada sektor interiornya ini, tampak dashboard depan yang dibuat secara terpisah dengan Head Unit yang dibawanya. Pada head unit maupun dashboardnya tersebut, sudah dilengkapi dengan panel instrumen yang cukup futuristik di mana pada Head Unit Suzuki Ignis sendiri dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan, seperti radio dan pemutar musik CD atau USB dengan format MP3 atau WMA sehingga akan membuat pengguna bisa memainkan musik kesukaan ketika berkendara. Bahkan, beberapa fitur lain pun juga turut disematkan pada Suzuki Ignis ini, seperti Bluetooth (tipe GX), pengaturan suhu ruang kabin/climate control dan heater. Di mana desainnya dibuat unik dan semua tombol tekan ditampilkan secara digital. Kemudian, pada bagian setir kemudi bisa dilihat Multi Instrument Display (MID) yang cukup informatif dengan tampilan yang begitu sporty dan elegan. Tak ketinggalan juga setir kemudi Suzuki Ignis ini sendiri pun dibuat senyaman mungkin dan sudah dilengkapi dengan fitur tombol navigasi yang sudah terintegrasi dengan panel pada Head Unit. Dengan demikian maka akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam mengatur atau mengontrol musik maupun MP3 tanpa mengganggu pandangan mengingat hanya cukup memencet tombol navigasi pada setir kemudinya. Nah, selain itu juga bisa kita lihat jok empuk pada Suzuki Ignis yang terbuat dari bahan material berkualitas tinggi pun menjadi andalan bagi Suzuki guna memberikan kenyamanan kepada setiap penumpangnya. Bahkan, pada bagian belakang terdapat bagasi yang dinilai cukup luas dan fungsional untuk membawa barang bawaan. Tentu, dengan tawaran sisi interior pada spesifikasi Suzuki Ignis tersebut maka dipastikan pengguna akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalam ruang kabinnya.
 

Dimensi

 
Pertama, dari segi dimensinya sendiri, SUV garapan pabrik asal Negeri Matahari ini memang mengusung ukuran dimensi yang cukup pas untuk sekelas SUV kompak. Pasalnya, dalam kaitannya dengan dimensi ini, mobil ini memiliki panjang 3.700 mm, lebarnya 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, dengan jarak poros roda (sumbu roda) 2.435 mm. Mengetahui dimensi tersebut maka tak heran jika bodi yang dibawa Suzuki Ignis ini dinilai sudah cukup pas dan membuat sisi interiornya cukup luas. Di samping itu, mobil buatan pabrik asal Jepang ini juga memiliki jarak terendah dengan tanah (ground clearance) setinggi 180 mm yang dinilai sudah sangat cocok untuk sebuah mobil SUV. Sehingga akan membuat mobil ini lebih mudah ketika dikendarai di medan off road sekalipun. Selain itu, Suzuki Ignis juga dihadirkan dengan mengusung struktur bodi Total Effective Control Technology yang dibangun dari platform generasi terbaru Heartect yang begitu kokoh dan kuat. Di mana struktur tersebut terdiri dari high-rigid underbody dengan material High-Tensil Steel yang diyakini bakal membuat Suzuki Ignis tetap andal di segala medan jalan. Kemudian, pada bagian kaki-kakinya, akan dibekali dengan suspensi depan tipe McPherson Strut with Coil Spring dan Torsion Beam with Coil Spring pada bagian belakang. Di mana kedua suspensi tersebut siap memberikan kenyamanan pada Suzuki Ignis ini berkat kemampuan daya redamnya dari setiap goncangan yang dihasilkan saat berkendara di medan yang bergeronjal atau berlubang. Tak ketinggalan juga velg bergaya Five Trapezoid Design yang memiliki diameter 15 inci dan terbalut ban berukuran 175/65 pun siap memperkuat sektor kaki-kaki mobil Suzuki Ignis ini. Selain itu, pengereman handal berupa Ventilated Disc pada bagian depan dan Drum, Leading & Trailing di bagian belakang pun akan menjadikan berkendara pun semakin aman. Apalagi dengan bekalan teknologi pengereman ABS yang siap memberikan kualitas pengereman yang handal dan berkualitas pada spesifikasi Suzuki Ignis.
 

Mesin

 
Walaupun bodinya dianggap lebih minimalis dan mungil jika dibandingkan dengan SUV lainnya, tetapi untuk sektor dapur pacunya jangan dianggap sepele. Sebab, SUV garapan Suzuki ini kabarnya akan mengandalkan mesin tipe K12M yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 16 katup dan memiliki konfigurasi 4 silinder. Mesin tersebut pun juga tak sembarangan. Pasalnya, susunan mesin yang dibawa Suzuki Ignis ini diklaim mampu memberikan tenaga maksimal yang cukup tinggi. Di mana, mesin tersebut mampu menghasilkan daya tenaga maksimal hingga 83 Ps pada putaran ke 6.000 rpm. Sementara itu, untuk maksimal torsi yang mampu dicapai yaitu 113 Nm pada putaran ke 4.200 rpm. Tentu saja dengan semburan tenaga tersebut akan membuat laju kecepatan dari Suzuki Ignis ini semakin super tangguh. Nah, tenaga yang dikeluarkan dari mesin yang dibawanya tersebut nantinya akan disalurkan melalui dua varian sistem transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis yang bergantung pada variannya. Nah, di sisi lain yang cukup menarik yaitu pada sistem pembakarannya sendiri di mana dalam hal ini sistem pembakaran bahan bakar pada Suzuki Ignis sudah mengandalkan teknologi multipoint Injection yang siap membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efektif dan efisien dengan perbandingan kompresi 11.0. Bahkan, konsumsi bahan bakar pada mobil ini pun diketahui mencapai 23,64 kpl untuk transmisi manual dan 23,44 kpl untuk transmisi auto gear shift (AGS). Sehingga, sektor permesinan pada spesifikasi Suzuki Ignis ini pun akan semakin gahar dan handal serta ramah lingkungan.
 

Fitur

 
Tidak hanya cukup mengusung sektor dapur pacu yang handal saja, beragam fitur canggih pun juga turut disematkan pada spesifikasi Suzuki Ignis. Beberapa fitur yang dibawanya tersebut tentu akan menunjang kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara. Nah, untuk menunjang keselamatan maka Suzuki pun sudah membekalinya dengan Dual SRS Airbags yang siap melindungi penumpang depan maupun pengemudinya ketika terjadi benturan keras pada Suzuki Ignis ini dari depan. Selain itu, guna membantu pengemudi dalam mengendalikan lajunya maka mobil juga membenamkan teknologi pengereman ABS System yang diyakini akan mampu memberikan kualitas pengereman handal serta mampu mencegah terjadinya antiselip pada ban Suzuki Ignis ini. Tak cukup sampai di situ, fitur hiburan pun juga turut disematkan pada Head Unit di bagian interior di mana dengan keberadaan head Unit tersebut pengguna bisa memainkan musik sepuasnya. Sehingga, kenyamanan saat berkendara pun akan semakin terasa. 
 
Demikianlah review Suzuki Ignis yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

0 komentar:

Post a Comment