Friday

Cara Mengatasi Rem Depan Keras

Penyebab Rem Depan Keras - Rem merupakan komponen di dalam kendaraan yang penting. Fungsi dari rem yaitu untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik disaat melewati jalan menurun maupun akan berhenti. Untuk itu kondisi rem harus tetap prima. Namun demikian rem juga tidak lepas dari beberapa masalah. Masalah yang kerap terjadi adalah rem tidak "pakem" karena kampas rem sudah menipis. Penyebab rem tidak pakem lainya juga bisa disebabkan terdapatnya gelembung udara dalam sistem. Jika ini yang terjadi solusinya cukup dilakukan bleeding saja. Namun beberapa bikers juga mengalami rem yang keras sehingga sulit untuk dicengkram atau istitah bengkelnya "magel".

Image result for rem motor
Rem Motor

Penyebab rem depan keras pada umumnya adalah master rem yakni pada pistonya. Kerasnya rem tersebut lantaran piston rem pada master kotor atau rusak. Maka dari itu solusinya adalah dibongkar lalu dibersihkan atau diganti dengan yang baru. Untuk melakukanya sebenarnya bisa dilakukan sendiri dirumah.

Berikut ini langkah langkah mengatasi rem depan keras

  1. Pertama tama silahkan buka tuas rem terlebih dahulu
  2. Lepaskan tutup master atas
  3. Lepaskan klem pengunci piston rem
  4. Tarik keluar piston
  5. Bersihkan dengan udara bertekanan
  6. Pasang kembali dan tambahkan minyak rem
Itulah penyebab rem depan keras dan bagaimana cara mengatasinya. Namun perlu pembaca ingat, minyak rem tersebut jangan sampai mengenai cat motor karena bisa merusak. Untuk itu agar lebih aman, kamu dapat melepas master rem terlebih dahulu dari dudukanya. Sebelum memasang kembali cek dulu kondisi piston dan karetnya. Jika sudah rusak silahkan ganti dengan yang baru.

0 komentar:

Post a Comment