Saturday

Review Motor Kawasaki KLR 650

Review Motor Kawasaki KLR 650 - Teknologi yang terus dikembangkan oleh banyak produsen otomotif dunia berhasil menciptakan sesuatu benar-benar baru dan berbeda dari apa yang pernah dibuat sebelumnya. Sama halnya dengan kawasaki yang kini resmi merilis motor dual purpose, yakni dimana nantinya memungkinkan pengguna bukan hanya bisa menggunakan motor terbaru garapan kawasaki ini pada medan jalanan On-road atau dengan kata lain jalanan halus / beraspal

Akan tetapi pengguna tetap dapat pula menggunakan motor terbaru yang membawa tag nama Kawasaki KLR 650 pada medan jalanan Off road, yang notabennya berlumpur / tanah. Adanya fungsionalitas yang terbilang lengkap, tentunya makin memudahkan pengguna dalam berkendara, karena tidak perlu mengganti motor ketika akan melewati dua medan berbeda. Berikut ini kami sampaikan review Motor Kawasaki KLR 650

Image result for Kawasaki KLR 650

Review Motor Kawasaki KLR 650

Fitur


Spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini dilengkapi dengan beragam fitur pilihan yang sederhana namun cukup berguna. Pertama, pada bagian belakang sudah memiliki tempat atau rak tambahan yang cukup luas sehingga dapat difungsikan untuk membawa barang bawaan ketika pengemudi Kawasaki KLR 650 ini akan melakukan perjalanan jarak jauh. Selain itu, untuk mempermudah pengendara dalam mengontrol laju kecepatan maka Kawasaki membekali dengan pengereman cakram berdiameter cukup besar. Meski pengereman pada Kawasaki KLR 650 ini belum berteknologi ABS namun dengan pengereman tersebut sudah cukup handal dalam mencegah kecelakaan. Di sisi lain, windscreen pada bagian depan pun juga akan menjadi pelindung pengemudi dari terpaan angin kencang yang besar dari depan ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

Mesin


Dihadirkan sebagai motor adventure traveling maka mesin pacu yang dibenamkan pada motor ini  tidak sembarangan. Terbukti dengan dibekalinya sektor dapur pacu pada motor traveling buatan pabrik asal Negeri Sakura ini dengan komponen mesin tangguh di mana teknologi DOHC dengan silinder tunggal 4 langkahnya siap menjadi andalan Kawasaki KLR 650 dalam memberikan tenaga besar. Dengan kapasitas mesin yang mencapai 651 cc maka akan mampu memberikan performa mesin yang super handal dan mumpuni. Sistem water cooled juga disematkan untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Mesin yang diusung motor ini akan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan return shift. Di sisi lain, meski memiliki bekalan mesin gahar namun tetap irit dan efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. Pasalnya, motor ini telah dilengkapi dengan teknologi fuel injection Keihin CVK40 yang memiliki rasio kompresi hingga 9.8 : 1. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini terbilang sangat handal dan tangguh namun tetap irit serta efisien dalam konsumsi bahan bakarnya.

Suspensi

Nampaknya spesifikasi Kawasaki KLR 650 pada bagian kaki-kakinya pun juga turut mendapatkan perhatian dari pabrik pembuatnya. Kawasaki sendiri diketahui telah melengkapi sektor kaki-kaki tersebut dengan sokongan suspensi yang kuat dan kokoh yang terpasang pada sektor depan dan belakang. Di mana, untuk bagian depan Kawasaki KLR 650 menggunakan tipe suspensi 41 mm Telescopic Fork 7.9 inci atau 200 mm. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakang sendiri akan menggunakan tipe Uni-Trak Single Shock System berukuran 7.3 inci atau 185 mm yang tingkat peredamannya bisa diatur sesuai kebutuhan hingga 5 kali pengaturan. Tentu, dengan disematkannya kedua suspensi tersebut pada Kawasaki KLR 650 maka kenyamanan dalam berkendara pun akan kian terasa mengingat kedua suspensi tersebut dikenal memiliki kemampuan dalam meredam setiap goncangan ketika melalui jalanan yang berlubang. Di sisi lain, untuk menopang dan mendukung kekokohan pada kaki-kakinya maka Kawasaki KLR 650 akan dilengkapi dengan velg berdiameter 21 inci yang terbalut ban berukuran 90/90. Sementara itu di sisi lain, pada bagian belakang akan digunakan velg yang memiliki ukuran diameter 17 inci yang akan dibalut ban berukuran 130/80. Lalu, guna menunjang keselamatan atau menghindari kecelakaan ketika melaju dengan kecepatan tinggi maka Kawasaki KLR 650 ini dibekali rem single berdiameter 280 mm petal-type disc, 2-piston caliper pada bagian depan dan tipe single berdiameter 240 mm petal-type disc, 2-piston caliper untuk bagian belakang. Sehingga dengan beberapa komponen tersebut sektor kaki-kaki dari spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini memang akan sangat membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan aman.

Dimensi


Selain memiliki tampilan fisik yang begitu gagah, spesifikasi Kawasaki KLR 650 juga akan disokong dimensi pas dan rangka yang kokoh. Pertama, untuk ukuran dimensinya sendiri, motor traveling buatan Kawasaki ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 2.296 mm, lebarnya 960 mm, tinggi 1.348 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.480 mm. Setelah kita mengetahui ukuran dimsneinya tersebut maka tak heran jika bentuk bodi dari Kawasaki KLR 650 ini memiliki bodi yang cukup besar. Namun, meski memiliki bodi yang besar, keseimbangannya pun tetap terjaga. Sebab, Kawasaki mengandalkan tipe rangka Semi-double cradle High Tensile Steel yang dikenal kokoh namun ringan sehingga sangat cocok untuk menopang dimensi dan bobot dari Kawasaki KLR 650 ini. Di sisi lain, motor traveling ini juga memiliki jarak tempat duduk setinggi 889 mm yang dirasa sudah cukup pas dengan postur atau tinggi tubuh para konsumen di Indonesia. Namun, nampaknya bagi pengguna yang bertubuh kurang tinggi kemungkinan kan sedikit kesulitan dalam mengendalikan motor traveling besutan Kawasaki ini, terutama ketika dalam posisi berhenti. Tak sampai di situ saja, Kawasaki KLR 650 ini juga memiliki ground clearance yang sangat sesuai dan pas yaitu setinggi 210 mm. Sehingga, pengemudi tak perlu khawatir ketika melewati jalanan penuh bebatuan tinggi karena dengan ketinggian ground clearance tersebut, bagian bawah motor tak akan mudah tergesek. Nah, dengan melihat dimensi dan rangka bodi pada spesifikasi Kawasaki KLR 650 tersebut maka tak heran jika motor ini akan sangat nyaman dikendarai di medan jalan apa pun.

Speedometer


Motor travel buatan pabrik asal Negeri Sakura ini akan dilengkapi dengan panel indikator analog yang dibentuk membulat dengan latar/background warna hitam. Pada sektor indikator ini, Kawasaki sendiri akan membagi panel analog ini menjadi 3 bagian, yaitu sisi kiri, tengah, dan kanan. Nah, untuk sisi kiri, akan memperlihatkan info mengenai rpm. Sementara itu, pada bagian tengah panel dari Kawasaki KLR 650 akan memperlihatkan informasi terkait kecepatan dalam hitungan Km/jam maupun Mph dan jarak tempuhnya. Di sisi lain, untuk indikator sebelah kanan akan memberikan informasi mengenai indikator bahan bakar. Selain itu, sektor panel indikator pada Kawasaki KLR 650 ini juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator, seperti indikator lampu netral, indikator lampu tembak/jarak jauh, dan indikator lampu sein. Tak ketinggalan juga jam digital pun juga turut disematkan pada instrumen indikator pada dari spesifikasi Kawasaki KLR 650.

Desain


Di sektor ini, kita bisa lihat bagaimana gagahnya bentuk bodi dari motor traveling buatan Kawasaki ini. Dari depan saja kegagahannya tersebut tampak dari penempatan-penempatan single headlamp yang berukuran besar dengan bentuk sedikit meruncing pada sisi atas kanan dan kiri dari Kawasaki KLR 650 ini. Sehingga, selain mampu memberikan pencahayaan yang maksimal, dengan bentuk desain seperti itu maka akan membuat tampilannya semakin tampak garang jika dilihat dari depan. Di samping itu, pada bagian depan di stang kemudi Kawasaki KLR 650 ini juga terpasang Windscreen berukuran cukup besar yang akan melindungi si pengendara dari terpaan angin dari depan. Kemudian, pada bagian stang kemudinya pun dibuat dengan penyesuaian pada jok dan tangki bahan bakarnya sehingga akan membuat pengendara merasa nyaman ketika mengemudikan motor travel ini. Selain itu, berkaitan dengan tangki bakar, Kawasaki KLR 650 akan dibekali juga dengan tangki bahan bakar yang berukuran cukup besar namun berdesain simple di mana mampu menampung bahan bakar hingga 6.1 gall atau sekitar 23 liter. Yang menarik, pada bagian tangki ini Kawasaki sendiri melengkapi sebuah cover dengan bentuk kotak, yang dapat membantu pendinginan mesin secara manual dengan mengandalkan terpaan angin dari depan. Lalu, sedikit mundur ke bagian belakang Kawasaki KLR 650, terdapat jok empuk memanjang dan sesuai dengan stang kemudinya sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup proporsional dan nyaman. Tak cukup sampai di situ, pada lini belakang, Kawasaki KLR 650 ini juga dilengkapi dengan stop lamp yang dibuat lebih minimalis dan sebuah Sturdy Cargo Rack yang berfungsi untuk membawa barang bawaan. Maka, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor tampilan desain pada spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini memang bisa dibilang memiliki desain simple namun tanpa menghilangkan kesan kegagahannya.

Demikianlah Review Motor Kawasaki KLR 650 yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan  KORAIBI Cover Motor K2 - Black
KORAIBI Cover Motor K2 - Black 


Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof).

Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan

KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.

Model / Tipe / Size

  • K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
  • K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
  • K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
  • K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)

0 komentar:

Post a Comment