Thursday

Review Mazda CX - 3

Review Mazda CX - 3 - Setelah kemunculan Mazda 2 generasi terbaru sukses sampai manyabet gelar Japan Car The Year 2014-2015 Mazda langsung mengambil gebrakan dengan meluncurkan mobil crossover mereka dengan basis Mazda2 SkyActive yang sedang buming di negaranya Jepang, pada ajang Los Angeles Auto Show 2014, Mazda memperkenalkan 4 mobil sekaligus kepada pangsa pasar Amerika dan Eropa keempat mobil itu adalah CX-5 Facelift, Mazda6 Facelift, Mazda2 Skyactive dan Mazda CX-3.

Image result for mazda cx 3

Menganut KODO -Soul Of Motion Design hanya berbeda pada bentuk lampu yang lebih tajam dan terlihat sangat tajam membuat tampil lebih elegan seperti halnya tampilan dari Audi Q3 Versi Facelift, Meskipun Mobil ini memiliki kemiripan dangan Mazda2 Skyactive namun tidak terlihat desain silut yang menjadi ciri khas mazda2 SkyActive pada Mazda CX-3, Tampilan dengan desain yang cukup keren mobil ini bahkan digadang gadang akan menjadi pesaing para produsen besar.

Dimensi Mazda CX-3 memang cukup kecil dibandingkan dengan CX-5 bahkan body Mazda CX-3 hampir seperti Honda HR-V bentuk dari bonnet dan girl meninggi khas kodo design membuatnya sealiran dengan para saudarannya di Mazda yang lain. Tampilan body luar Mazda CX-3 terlihat sangat mirip dengan Mazda CX-5 hal ini terlihat mulai dari dasbord dan interior. untuk segi interior mobil ini juga sangat mirip dengan Mazda2 bahkan dapat di katakan 100% mirip.

 Image result for mazda cx 3

Perpaduan dari Mazda2 dan Mazda CX5 Sangatlah kental pada tampilan desain luar dan desain dalam Mazda CX-3, lantas berapa harga dari Mazda CX-5 meskipun telah menjadi buah bibir di negar asalnya nampaknya Mazda belum berkeinginan membawa Unit terbarunya di pasaran Indonesia, Dinegara asalnya sendiri Mazda CX-3 Dibandrol dengan harga 2,376 yen atau setara dengan 256 jutaan, kira-kira berapa harga dalam bentuk Mobil CBU perkiraan kami mencapai 2 kali lipat dari harga aslinya, nah untuk sobat yang menginginkannya haruslah bersabar sampai versi Indonesianya resmi dirilis, Berikut Harga Dan Spesifikasi Mazda CX-3 :

Review Mazda CX - 3


Eksterior


Pada bagian desain fisiknya sendiri, mobil ini memang memiliki bentuk bodi yang sangat menarik dan tampak begitu gagah jika dilihat dari sisi mana pun, baik dari sisi depan, samping, atau belakang. Kemewahan pada bagian eksteriornya ini memang dihadirkan pada Mazda CX-3 sebagai bentuk bukti atau tanda bahwa SUV garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memang bakal menyasar di kelas premium. Nah, jika diraba secara lebih detail lagi, dari sisi depan tampak terpasang sepasang lampu utama Mazda CX-3 yang sudah mengusung teknologi LED with daytime running lamp and automatic levelling Automatic On/Off function yang bakal mampu memberikan pencahayaan cukup terang kepada pengemudi ketika berkendara di malam hari. Bahkan, bentuk desain dari head lamp yang diusung Mazda CX-3 pun dibuat dengan bentuk menyipit layaknya tatapan mata yang tajam ke depan sehingga mampu memberikan kesan yang bisa dibilang sangat menarik dan tampak begitu sporty. Tak cukup sampai di situ saja, pada bagian depan dari bodinya tersebut, tampak grille depan terbalut chrome berbahan material color silver yang membuat Mazda CX-3 terlihat lebih mewah dan sporty. Tak ketinggalan juga sepasang fog lamp berteknologi LED pun juga turut dipasangkan pada bagian depan mobil sehingga akan membantu pencahayaan ketika berkendara di cuaca yang berkabut tebal atau hujan lebat. Nah, beralih pada bagian sampingnya tampak garis body yang dibuat minimalis namun begitu atraktif yang membuat Mazda CX-3 ini tampak mulus dan sporty. Selain itu, terlihat juga garis body yang membentang dari bagian atas fender depan hingga pada bagian tengah pintu belakang menjadikan tampilannya mampu memberi efek dinamis yang begitu kuat. Sementara itu, pada bagian belakangnya juga tak kalah menarik. Pasalnya, Mazda CX-3 ini mengusung bentuk desain khas Mazda yang menampilkan lekukan cukup yang diimbangi lampu belakang atau rear lamp bersudut tajam berteknologi LED. Dengan bekalan lampu belakang tersebut maka diyakini mampu memberikan pencahayaan maksimal namun tak membuat menyilaukan para pengemudi di bekalangnya. Selain itu, yang tak kalah menarik, pada bumper belakang dari spesifikasi Mazda CX-3 ini terlihat Dual Tail Pipe yang begitu atraktif dan kian memperkuat kesan sporty.

Interior

Image result for mazda cx 3


Tampaknya, kesan elegan dan mewah tak hanya tampak pad sisi luar fisiknya saja melainkan juga pada ruang kabin pada SUV buatan Mazda ini. Bagaimana tidak? Ketika memasuki bagian kabinnya, tampak ruang yang cukup lega sehingga akan membuat setiap penumpang merasa nyaman dan memiliki ruang gerak yang lebih luas di dalam Mazda CX-3 ini. Di sisi lain, pada bagian dashboard pun dibuat dengan desain modern khas SUV premium. Di mana pada dashboard tersebut akan tersedia beberapa fitur canggih yang siap menghibur setiap penggunanya. Sebut saja seperti dengan disematkannya layar sentuh seluas 7 inci dengan kontrol utama yang dilengkapi dengan sistem audio berupa AM/FM Radio, CD Player, MP3 dan DVD pada konsol tengah. Fitur pada Mazda CX-3 ini bisa digunakan untuk memainkan musik kesukaan untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap penumpang. Bahkan, sistem audio tersebut pun juga akan didukung Bose System with 7 Speakers yang siap menghasilkan suara yang begitu menakjubkan layaknya berada di dalam diskotik mini. Tak ketinggalan juga fitur konektivitas untuk menunjang transfer data pada Mazda CX-3, seperti Bluetooth hands-free system, AUX jack dan USB port yang bisa digunakan untuk memainkan musik melalui ponsel pintar maupun flash disk. Sedangkan pada bagian dashboard di sektor pengendara akan ditampilkan Active Driving Dsiplay berupa Head Up Display (HUD) yang akan menampilkan kombinasi panel digital-analog. Sehingga, pengemudi dari Mazda CX-3 ini akan lebih mudah dalam mengetahui kondisi mobil yang dikendarainya. Tak hanya itu saja, kemudi berbahan material kulit pun juga sudah dilengkapi dengan beberapa tombol panel navigasi yang sudah terintegrasi pada sistem audio sistem dan konektivitas di dashboard tengah. Di mana tombol pada Mazda CX-3 tersebut berupa kontrol audio, Bluetooth, dan Auto cruise control switches yang akan mempermudah pengemudi dalam mengatur sistem panel tanpa mengganggu ketika sedang berkendara. Menginjak pada bagian jok, kenyamanan pengguna pun akan kian terasa berkat jok yang berbahan material kulit kualitas tinggi. Sehingga, akan terasa empuk ketika diduduki. Selain itu, ruang bagasi pada sektor interior dari spesifikasi Mazda CX-3 ini juga patut diacungi jempol karena luasnya cukup untuk menampung barang bawaan yang cukup banyak.

Dimensi


Apabila kita berbicara mengenai sektor interior yang luas pada segmen sebelumnya, tampaknya tak bisa lepas dari dimensi bodi. Pasalnya, mobil SUV ini akan menggunakan rangka tipe ultra-high-tensile steel yang akan mampu memberikan kekuatan dengan bobot ringan namun kerangka Mazda CX-3 tersebut mampu menyerap dan mengarahkan energi menjauh dari kabin. Selain itu, ukuran dimensi merupakan sektor penentu yang cukup penting yang berpengaruh pada luasnya sisi interior atau ruang kabin. Nah, terkait dengan hal tersebut, dimensi dari SUV ini memiliki panjang 4.275 mm, lebarnya 1.765 mm, dan memiliki tinggi 1.535 mm. Jika melihat ukuran tersebut maka sangat wajar apabila Mazda CX-3 ini memiliki ruang interior yang cukup lega dengan bagasi luas. Di sisi lain, mobil ini pun juga memiliki kapasitas tangki yang cukup besar, yaitu bervolume 48 Liter sehingga siap menjadi bekal bahan bakar ketika berkendara jauh. Tak hanya itu saja, sebagai produk yang menyasar pada segmen crossover, Mazda CX-3 ini memiliki ukuran ground clearance setinggi 160 mm. Dengan ukuran ground clearance tersebut maka berkendara pun dipastikan akan lebih nyaman, bahkan ketika melewati lintasan yang tak banyak bebatuan sekalipun. Dengan begitu, pastinya hal tersebut menjadi nilai lebih. Sementara itu, untuk bagian kaki-kakinya sendiri, SUV yang bernama Mazda CX-3 ini tentu akan dibekali dengan suspensi handal, antara lain saja untuk bagian depan akan mengandalkan suspensi MacPherson Struts dan untuk bagian belakang akan menggunakan suspensi Independent Multi Link. Kedua suspensi yang diusung mobil ini dikenal mampu meredam getaran dan menjaga kestabilan mobil sehingga akan membuat berkendara terasa lebih nyaman. Sedangkan untuk bagian roda, Mazda CX-3 ini akan mengandalkan dua varian velg aluminium wheels dengan ukuran ban 215/60 berdiameter 16 inci dan ban berukuran 215/50R18 yang memiliki diameter 18 inci. Meski memiliki ukuran velg dan ban berbeda namun keduanya sama-sama kokoh dalam menjaga keseimbangan dan memperlancar jalannya mobil. Selain itu, tak ketinggalan pula fitur pengereman yang berupa ABS System sebagai teknologi keselamatan pada bagian pengereman dari spesifikasi Mazda CX-3 untuk memberikan kemudahan kepada pengemudi dalam mengontrol laju kecepatan maupun ketika mengerem mendadak.

Mesin

Image result for mesin mazda cx 3


Beragam komponen pada sektor permesinannya ini dinilai sangat canggih dalam beroperasi. Sebut saja teknologi SkyActive-G yang dijadikan sebagai teknologi pada mesin Mazda CX-3 ini. Bahkan, kecanggihan teknologi yang dibawanya tersebut pun juga akan didukung dengan tipe mesin DOHC 4 silinder yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.998 cc. Nah, melihat bekalan mesin yang begitu mumpuni tersebut maka dipastikan tenaga yang dihasilkannya pun juga mampu menembus titik power super tinggi yang bisa membawa mobil ini melaju dengan begitu gesit. Apalagi mesin yang dibawa Mazda CX-3 ini akan mampu memberikan semburan maksimal power hingga 148.2 Ps pada putaran ke 6000 rpm dan mampu mencapai titik torsi hingga 192 Nm di putaran ke 2.800 rpm. Dengan begitu, tak mengherankan apabila SUV ini bakal mampu menerjang segala medan tanpa ada beban mengingat kemampuan power yang dihasilkannya begitu tinggi. Selain itu, mesin yang disemburkan Mazda CX-3 tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis 6 percepatan. Di sisi lain, pada sektor mesin dari mobil SUV ini juga memiliki rasio kompresi sampai 13:1 yang membuat mesin menjadi cenderung lebih awet dan irit. Nah, dengan bekalan spesifikasi Mazda CX-3 di atas tentunya dipastikan akan mampu memberikan performa mesin yang super handal.

Fitur


Untuk menunjang keselamatan dan mencegah terjadinya benturan dari depan akibat kecelakaan maka SUV premium ini sudah dibekali fitur keselamatan berupa Airbags di bagian depan dan samping pada kursi depan. Selain itu, Mazda CX-3 juga dilengkapi fitur keamanan berupa pengereman yang berteknologi ABS yang siap memberikan kualitas pengereman handal dan mampu mencegah ban terselip sehingga kecelakaan pun bisa terhindari. Di sisi lain, untuk menunjang hiburan maka pada sektor interior sudah dilengkapi dengan beberapa panel canggih Mazda CX-3 yang dibenamkan pada bagian tengah atau console, antara lain seperti audio sistem canggih, konektivitas nirkabel, dan Bose System with 7 Speakers yang siap memberikan rasa nyaman dan tenang di dalam ruang kabin dengan sajian musik yang menggelegar. 

Demikianlah  Review Mazda CX - 3, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih
 

0 komentar:

Post a Comment