Saturday

Review Nissan March

Review Nissan March - Dengan menghadirkan mobil yang penuh inovasi dengan gaya stylist hal ini nampaknya sudah di cermati sebelumnya oleh pabrikan nissan yang mengetahui kebutuhan mayoritas masyarakat indonesia yang cenderung lebih membutuhkan mobil-mobil mini, dengan teknologi yang semakin nyaman serta fitur tambahan yang lebih canggih yang tertanam pada mobil mungil ini, dengan mobil yang semakin mungil nampaknya Nissan sedang memilih segmen perkotaan.

Mobil ini hadir dengan dua kapasitas mesin yang berbeda yakni 1,2 L dan 1,5L untuk pembaca yang membutuhkan mobil yang lebih bertenaga, Nissan March sendiri merupakan mobil jenis Hatchback, mobil hatcback dari nissan sendiri sudah diperknalkan sejak 1982, mobil Hacback ini cukup populer tercatat lebih dari 6 juta unit Nissan March Terjual sejak pertama kali di perkenalkan ke publik pada 1982, Di indonesia sendiri mobil Nissan March diperkenalkan pada tahun 2010 dan tercatat sudah 28 ribu unit terjual.

Masih sama dengan slogan Fashionably smart yang membuat Spesifikasi Nissan March pada bagian eksteriornya dirubah dengan lebih stylist dan Modern, ada banyak komponen yang cukup membuat kita patut mengulasnya salah satunya pada Grile Depannya yang kini tampil dengan desain V-strut untuk menghasilkan desain Hatcback yang elegan. untuk heandlampnya tampil dengan ukuran yang terbilang besar dilengkapi dengan Foglamp sehinggan membuat mobil ini tanpak sangat sporty meskipun dengan bentuk yang mungil.

Jika melihat pada sektor belakang juga nampak lebih fresh dengan teknologi LED pada lampu belakang, ada jga tampil dengan desain side body Moldingnya serta nampak penambahan asesoris pada pintu bagasi, Dengan tambahan dukungan Velg alloy berukuran 15′ yang menambah kesan sporty, sebelum mengulas lebih dalam mari kita lihat dahulu spesifikasi lengkapnya, dengan harga yang ditawarkan paling murah yakni 150 jutaan dan seri termahal pada Nissan March Autometic 1,5 dengan harga 191 jutaan berikut Review Nissan March
Image result for nissan march
Nissan March


Review Nissan March

Eksterior

Image result for nissan march
Nissan March


Pada sektor tampilan terluar ini city car besutan Nissan ini mengusung konsep desain yang tak berbeda dari versi sebelumnya, yaitu sebuah rancangan Fashionable Smart di mana pada versi terbarunya ini, sisi eksteriornya pun tampak lebih stylish dan unik. Sebab, jika melihat tampilannya, mobil ini didesain penuh dengan lengkungan yang menonjol keluar di mana pada setiap lengkungan tersebut telah diperhitungkan agar Nissan March terlihat lebih menarik dan kompak sesuai dengan selera anak muda masa kini. Bahkan, pembaruan ini semakin terlihat pada sektor depan di mana pada bagian head lamp, kini sudah dilengkapi dengan teknologi DRL (Daytime Running Lights) yang akan menyala secara otomatis setiap mesin dinyalakan. Tak hanya itu saja, dengan disematkannya teknologi DRL tersebut pada Nissan March maka pencahayaannya pun akan lebih terang, terutama ketika berkendara di malam hari sehingga akan membantu pengemudinya dalam mengendarai city car ini. Menginjak pada bodi samping, mobil city car ini memiliki sebuah garis lembut yang memanjang dari depan hingga ke belakang melewati handle door yang membuat tampilannya semakin anggun. Di sisi lain, pada sektor belakang Nissan March, tampilan bodinya memang tampak lebih fresh dan menarik jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pasalnya, pada bagian belakang dari sisi eksterior ini, tampak terpasang Roff Rear Spoiler lengkap dengan LED High Mounted Stop Lamp dan LED Rear Combination Lamp pada Nissan March ini yang menyala merah terang khas lampu LED sehingga akan mampu memancarkan cahaya yang cukup terang namun tak membuat silau pengemudi di belakangnya. Tak ketinggalan juga Side Body Molding pada bagian belakang Nissan March ini yang semakin lengkap dengan adanya Back Door Garnish yang menawan. Tampaknya, konsep fashionable smart yang diusung pada sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Nissan March terbaru ini memang menyuguhkan tampilan desain yang begitu fashionable, modern, dan cocok dengan selera anak muda masa kini.

Interior


Sebagai city car versi facelift yang fokus pada kenyamanan, tentu kelengkapan pada ruang interior pun semakin menarik dan menawan. Kesan pembaruan pada interior Nissan March ini pun kian tampak dengan mengusung konsep Black Piano C-Cluster yang terbalut dominasi warna hitam yang begitu elegan. Selain itu, meski tampak minimalis namun ketika memasuki bagian kabinnya maka akan disuguhkan ruang kabin yang cukup lega dengan kenyamanan eksklusif sehingga akan memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada para pengemudinya. Bahkan, ruang kabin dari Nissan March ini mampu menampung maksimal 5 penumpang sekaligus. Tak hanya luas saja, kenyamanan pun semakin akan terasa berkat head unit yang lebih lengkap dan canggih pada dashboard depannya. Pertama, pada sisi entertainment, mobil city car ini akan menggunakan layar sentuh (touchscreen) seluas 7 inci yang sudah terhubung dengan fitur konektivitas Bluetooth dan sudah terintegrasi dengan ponsel berbasis Android atau iOS. Pada sistem audio Nissan March juga dilengkapi fitur 7-band equalizer lengkap dengan installer Audio Profesional untuk membagi suara rendah dan tinggi sehingga akan menghasilkan suara yang lebih mantap di ruang kabinnya. Tak hanya itu saja, Nissan March ini pun juga melengkapi sisi interiornya dengan beberapa fitur yang lebih lengkap dan canggih, termasuk di antaranya yaitu fitur Multi Information Display (MID) reminder yang sudah terintegrasi dalam satu perangkat yang mendukung kebutuhan berkendara. Selain itu, pada bagian kemudinya, dilengkapi juga dengan pengatur sistem audio yang terdapat di kemudi (Steering Switch Audio Control) di mana fitur ini akan mempermudah pengemudi dari Nissan March untuk mengoperasikan panel navigasi tanpa harus mengganggu pandangannya ketika berkendara.  Kemudian, ada juga fitur Intelligent & Immobilizer, Push Start Button dan Vehicle Dynamic Control (VDC) yang berfungsi untuk mengurangi efek understeer maupun oversteer. Di sisi lain, pada bagian jok, pabrikan asal Korea ini mengandalkan Seat Material untuk memperkuat kemewahan dari spesifikasi Nissan March dengan efek Suede Trim pada setiap permukaan tempat duduk yang dilengkapi juga dengan panel pintu yang kian tampak begitu serasi.

Dimensi


Sebenarnya, untuk dimensi pada city car terbaru ini tak memiliki perbedaan dari versi sebelumnya di mana dengan mengusung rangka Monocoque, city car ini memiliki ukuran panjang 3.780 mm, lebarnya 1.667 mm, tinggi 1.525 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.440 mm pada tipe terendah dan setinggi 2.435 mm untuk tipe tertinggi. Dengan melihat dimensi yang diusung pada Nissan March tersebut maka wajar jika hatchback ini terbilang mungil. Apalagi, bobotnya hanya mencapai 925 Kg untuk varian terendah dan untuk tipe tertinggi memiliki bobot 1.012 Kg saja sehingga nantinya mobil hatchback besutan Nissan ini pun bakal lebih mudah dikendarai dan semakin lincah. Selain itu, hatchback ini juga memiliki ukuran ground clearance setinggi 141 mm yang dinilai cukup tinggi untuk sebuah mobil perkotaan sehingga Nissan March ini tentunya akan sangat cocok jika dikendarai di perkotaan. Di sisi lain, city car besutan Nissan ini juga akan diperkuat dengan sokongan kaki-kaki yang kuat. Di mana akan dibekali tipe suspensi MacPherson Strut with Coil Springs pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang, akan mengandalkan suspensi tipe Torsion Beam. Dengan disematkannya dua tipe suspensi tersebut pada Nissan March  ini maka penumpang pun akan semakin merasa nyaman meskipun melewati jalanan yang berlubang atau pun bergeronjal mengingat suspensi ini mampu meredam setiap goncangan dengan sempurna. Lalu, untuk memperkokoh kaki-kakinya maka Nissan melengkapi city car buatannya ini dengan velg berdiameter 15 inci yang terbalut sebuah ban berukuran 175/60 R15. Nah, untuk menunjang keselamatan dan mempermudah pengemudi dalam mengontrol laju dari Nissan March ini maka mobil ini pun dibekali dengan pengereman Ventilated Disc pada bagian depan dan Drum pada sistem pengereman di bagian belakang yang cukup handal dan berteknologi ABS+EBD+BA khusus varian tertinggi. Jadi dapat disimpulkan spesifikasi Nissan March pada sektor dimensinya ini memang dibuat untuk membuat penumpangnya merasa nyaman.

Mesin


Tidak diubahnya sektor mesin ini oleh Nissan karena mesin yang diusung pada mobil ini terbilang sudah cukup tangguh. Pada varian 1.2 liter akan mengandalkan tipe mesin HR12DE dengan capaian power maksimal 76 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimal 10.6 kg.m pada putaran 4.000 rpm. Sementara itu, untuk Nissan March 1.5 liter, akan mengusung jenis mesin yang sama, yaitu HR15DE. Tetapi, untuk varian 1.5 liter ini Nissan juga akan melengkapinya dengan teknologi CVTC (Continously Variable-valve Timing Control) di mana teknologi tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 102 Ps pada 6.000 rpm dan maksimal titik puncak torsi 10.8 kg.m per 4.000 rpm. Meski kedua mesin dari Nissan March tersebut mengeluarkan tenaga yang besar, pemakaian bahan bakar pada kedua tipe ini terbilang irit dan ramah terhadap BBM, walaupun dipacu hingga kecepatan tertinggi. Pasalnya, mesin pada mobil ini disempurnakan dengan teknologi ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System) yang akan membuat seri mobil terbaru Nissan ini dapat mengingkatkan efisienisi penggunaan bahan bakar yang tersedia dalam tangki dari spesifikasi Nissan March yang berkapasitas 41 liter sehingga akan lebih irit. Dengan begitu pengguna pun akan lebih leluasa ketika berkendara jauh tanpa perlu khawatir dengan bahan bakar yang tersedia.

Fitur


Dengan disematkannya fitur keselamatan ini sebagai bagian dari konsep “Safety Shield’ yang merupakan sebuah pendekatan proaktif dari Nissan March terhadap isu keamanan berdasarkan ide bahwa mobil seharusnya membantu melindungi penumpang. Salah satu bentuknya yaitu dilengkapinya fitur Dual SRS Aribag yang terpasang pada jok pengemudi dan penumpang depan yang akan mengembang otomatis saat terkena benturan keras dari depan. Selain itu, pada sistem pengeremannya, Nissan juga membekali Nissan March (khusus varian tertinggi) ini dengan teknologi ABS with EBD + BA yang digunakan sistem pencegahan roda terkunci saat rem mendadak. Selain itu, fitur pengereman ini jug akan membantu pengendalian mobil saat pengereman mendadak sehingga memudahkan menghindar dalam kondisi darurat. Di sisi lain, kenyamanan penumpang Nissan March ini pun juga akan terjamin berkat fitur MID pada pengemudi, entertainment lengkap dengan audio system yang sudah terintegrasi dengan smartphone dimana disematkan pada dashboard interior dari spesifikasi Nissan March sehingga pengguna bisa mendengarkan musik favorit ketika sedang berkendara.

Demikianlah  Review Nissan March yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. terima kasih

0 komentar:

Post a Comment