Saturday

Review Nissan Evalia

Review Nissan Evalia - Kesan pertama saat kita melihat mobil ini adalah besar sama seperti konsepnya yang mengusung konsep mobil keluarga, lalu apa saja perbedaan mobil ini dengan mobil keluarga lainnya? sesuai dengan kebutuhan mobil keluarga dapat dirasakan sudah sangat modern tidak hanya bisa membawa penumpang tapi juga memiliki banyak sekali fitur-fitur modern dan teknologi terbaik di dalamnya, Hadir dengan konsep MPV harga yang di tawarkan juga masih dibawah Nissan Serena Dan Nissan Elgrand yang hadir sebagai low end MPV, Nissan Evalia Memberikan pilihan Mobil keluarga dengan harga yang terjangkau.

Dengan karakter mobil MPV yang cocok sebagai kendaraan sehari-hari serta memiliki daya tampung penumpang yang cukup banyak tidak salah rasanya jika Nissan Evalia akan menjadi primadona di segmen ini apalagi jika melihat range harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mobil lain dikelasnya, Nissan Evalia sendiri diluncurkan pertama kali Pada tahun 2012 saat itu Nissan mencoba memberikan alternatif pilihan lain yang sebelumnya mereka telah meluncurkan Nissan Grand Livina yang secara luar biasa mendominasi dari segment mobil MPV.

Tercatat lebih dari 2.458 unit penjualan sejak peluncuran pertamanya Nissan Evalia Mampu membuktikan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, dengan beberapa fitur unggulan membuat Nissan Evalia mampu diterima meskipun tidak memiliki fitur sehebat Mobil MPV Premium, salah satu Fitur unggulan yakni fitur sliding door yang sebelumnya dipakai oleh Mobil MPV kelas Premium, tambahan dengan fitur menarik lainnya, untuk sektor keselamatannya Nissan Evalia juga dilengkapi dengan banyak fitur unggulan lihat saja ada fitur Sensor parkir yang sudah terdapat di mobil ini.

Dari segi kenyamanan nampaknya tidak perlu diragukan lagi, berbagai fitur unggulan yang tertanam pada Nissan Evalia membuat Mobil ini patut untuk pembaca ulas, selain fitur yang lengkap untuk harga mobil ini juga memiliki keunggulan dari segi harga, dari segi harga mobil ini di bandrol 163 jutaan yakni harga termurah, sedangkan harga termahal berkisar 220 jutaan yakni pada Nissan Evalia XV/AT yang memiliki fitur dan eksterior  paling lengkap di kelas mobil ini secara lebih lengkapnya mari kita lihat Review Nissan Evalia berikut ini :

Image result for nissan grand evalia
Nissan Evalia

 Review Nissan Evalia


Eksterior


Jika kita amati dari luar, tampilan desain body Evalia ini memang memiliki kesan eksklusif khas MPV kelas atas. Mulai dari bentuk headlamp berbentuk heksagonal yang dirancang dinamis mengikuti arus garis body ke belakang, lalu dipadukan dengan desain front grill berbentuk ‘V shape’ melengkung ke bawah. Fascia depan Nissan Evalia sendiri memang memiliki konsep sederhana, namun tetap stylish dan elegan. Hal itu bisa dilihat dari penempatan lampu kabut di ujung bawah kanan dan kiri yang diberi cover berwarna gelap. Bergerak ke samping, konsep desain body samping Nissan Evalia pun juga mengusung tampilan yang cukup stylish dengan lekukan body yang halus, berpadu dengan desain kaca samping flat. Apalagi, Nissan Evalia ini mengusung desain pintu sliding yang membuatnya memiliki aura eksklusif khas MPV kelas atas. Selain itu, penggunaan sliding door ini juga bertujuan untuk mempermudah akses penumpangnya, serta tidak akan memakan banyak ruang saat mobil berada di area parkir. Sedangkan untuk body belakang sendiri, Nissan Evalia dibuat dengan bentuk yang lebih boxy tanpa ada lekukan yang berarti. Hal ini mengindikasikan jika Evalia bakal memiliki bagasi yang lega. Sedangkan jika tampilan standar Nissan Evalia belumlah mencukupi, maka Nissan juga menyediakan aksesoris tambahan yang dijual secara terpisah, berupa aerokit set, foglamp set, door visor, lower grill chrome ornament, door edge protector, roof spoiler, mud guard, dan back door finisher yang siap mempercantik tampilan layaknya MPV premium. Spesifikasi Nissan Evalia pada bagian eksterior ini benar-benar memancarkan aura eksklusif berpadu dengan tingkat fungsional kendaraan yang sangat baik.

Interior


Meski secara level mobil ini ditempatkan di bawah Nissan Serena, namun ternyata Evalia dibekali dengan konsep penataan interior yang cukup mewah. Ruang kabin New Nissan Evalia meghadirkan kenyamanan maksimal bagi setiap anggota keluarga dan barang bawaaan. Fitur pada mobil ini juga memperhatikan kebutuhan keluarga anda di perjalanan, mulai hiburan, kesejukan udara, kenyamanan kursi, hingga kompartmen setiap sudut. Pada kabin kemudi, panel dashboard Nissan Evalia tertata begitu rapi di mana cluster utama di depan lingkar setir diisi oleh indikator speedometer. Sementara itu, tuas persnelling ditempatkan pada bagian tengah dashboard yang akan membuat pengemudinya bisa mengemudikan kendaraan secara mudah. Pada bagian tengah dashboard sendiri ditempati oleh monitor LCD, tombol audio serta tombol pengatur AC. Kabin penumpang depan Nissan Evalia pun juga memiliki penataan yang menghadirkan tingkat kenyamanan tinggi lewat jok yang empuk dengan balutan kulit fabric berkualitas. Bergerak ke kabin penumpang bagian belakang, mobil ini memiliki konsep mobil keluarga yang benar-benar menghadirkan kenyamanan berkendara kelas atas. Pada jok penumpang pertama yang terdiri dari tiga kursi sudah dilengkapi dengan arm rest yang bisa dilipat. Lalu untuk jok paling Nissan Evalia belakang juga sudah diatur sedemikian rupa agar penumpang di baris paling belakang tetap mendapatkan kenyamanan. Secara umum, spesifikasi Nissan Evalia pada bagian interior memang memiliki kualitas di atas rata-rata low MPV masa kini.

Dimensi


Salah satu kelebihan yang dibawa spesifikasi Nissan Evalia ini adalah kabinnya yang sangat luas. Berbekal kabin yang luas ala MPV premium, jelas bila mobil ini sangat cocok bagi anda yang mendambakan kendaraan keluarga dengan daya tampung ekstra lega. Secara fisik, mobil Nissan Evalia ini memiliki dimensi berukuran 4400 x 1695 x 1850 mm. Ukuran mobil ini memang termasuk besar, sesuai dengan fungsi dan daya tampungnya. Namun jangan salah, meski memiliki dimensi body yang lumayan gambot, manuver Nissan Evalia tetap terasa mantap karena di dukung oleh ground clearance yang pas, yakni 175 mm. Nissan sendiri mengaplikasikan konsytruksi body monocoque yang akan memberikan kenyamanan meski melewati jalanan bergelombang. Kemudian untuk mendukung stabilitas berkendara, Nissan Evalia sudah dilengkapi dengan sistem suspensi berkualitas McPherson Strut dengan tambahan Stabilizer untuk suspensi depan serta Smart Cmfort Suspension System untuk suspensi bagian belakang. Keberadaan suspensi kelas satu tersebut akan memberikan peredaman yang cukup halus sehingga kenyamanan penumpang dan pengemudi tetap terjaga. Lalu untuk sektor pengereman, Nissan Evalia dibekali dengan rem Disk Brake pada bagian depan dan juga Drum Brake untuk rem bagian belakang. Dan untuk Evalia tipe SV dan XV sudah disempurnakan dengan teknologi penegereman ABS dan EBD plus EBA. Terakhir di bagian kaki-kaki, spesifikasi Nissan Evalia mengusung ban dan velg berukuran 165/R14 yang mantap untuk melibas jalanan perkotaan maupun berkendara jarak jauh ke luar kota.

Mesin


Untuk ruang dapur pacu ini, Nissan mengusung basis mesin yang sama dengan Nissan Juke lewat mesin berkode HR15DE berkapasitas 1.498 cc. Mesin yang tertanam pada Nissan Evalia in merupakan mesin jenis DOHC 4 silinder segaris 16 katup, Dual CVTC yang sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 109 PS pada putaran 5.600 rpm serta torsi maksimum 143 Nm pada putaran 4.00 rpm. Selain itu mesin Nissan Evalia juga sudah dirancang oleh pabrikan dengan penempatan mesin yang didesain secara Front-mounted Engine yang terbukti mampu memaksimalkan kinerja mesin dan memudahkan perzwatan berkala. Selain itu, teknologi tinggi pada mesin Nissan Evalia ini mampu memberikan performa yang halus dan kenyamanan maksimal kepada pengguna. Untuk segmen medium SUV, tenaga yang dihasilkan oleh mesin racikan Nissan ini merupakan salah satu mesin yang paling bertenaga di kelasnya. Selain itu, pada spesifikasi mesin Nissan Evalia kali ini juga sudah didukung dengan Electronic Power Steering untuk memberikan kenyamanan berkendara. Lalu untuk transmisi penggeraknya sendiri, Evalia akan dibagi menjadi dua transmisi penggerak yaitu manual empat percepatan dan otomatis empat percepatan, yang semuanya berpenggerak roda depan. Jika melihat karakter mesin pada spesifikasi Nissan Evalia ini, mobil MPV besutan Nissan ini memang sangat cocok untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan medan jalan medium, namun juga tak memungkiri bahwa mobil ini sangat cocok juga untuk penggunaan di kota besar dengan jarak tempuh pendek. 

Fitur


Untuk memenuhi semua aspek yang diinginkan oleh konsumen, Nissan pun membekali Evalia dengan kelengkapan ekstra pada masing-masing fiturnya. Fitur atau teknologi pertama yang akan menjamin kenyamanan Nissan Evalia adalah penggunaan rangka Monocoque yang akan membuat keselamatan penumpang dan driver menjadi lebih terjamin. Lalu tersedia juga fitur Airbags untuk driver yang ada paad Nissan Evalia tipe XV Highway Star (M/T dan A/T). Sedangkan fitur keselamatan lain seperti seatbelt 3 Point ELR sudah tersedia untuk semua tipe. Satu lagi, ada sedikit perbedaan khusus untuk Nissan Evalia 1.5 XV Highway Star yang sudah terdapat fitur Pretensioner dan Load Limiter pada seatbeltnya. Beralih untuk fitur penunjang kenyamanan, mobil ini juga sudah memiliki fitur lengkap seperti contohnya 1DIN Audio untuk semua tipe. Dan untuk Nissan Evalia 1.5 SV dan tipe XV Highway Star diberi tambahan berupa empat speaker. Sedangkan untuk Evalia tipe ST hanya dibekali dengan 2 speaker. Perbedaan lain juga akan anda temukan pada Nissan Evalia 1.5 XV Highway Star yang sudah dibenamkan layar Roof Monitor 10 inci untuk kebutuhan entertainment melengkapi fitur Rear Wipe Camera dan Takometer yang sudah ada sebelumnya. Terakhir untuk fitur keamanan mobil, fitur seperti Keyless Entry with Alarm hanya tersedia melengkapi spesifikasi Nissan Evalia 1.5 SV dan juga tipe XV Highway Star saja. Sementara fitur I-Key System dan Parking Sensor hanya disematkan untuk Evalia 1.5 XV Highway Star. 

Demikianlah  Review Nissan Evalia yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. trima kasih

0 komentar:

Post a Comment