Wednesday

Modifikasi ringan Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama "Avanza" berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti "peningkatan".

Image result for toyota avanza

Pada tahun 2005 diluncurkan Avanza (1.3 S VVT-i) dengan transmisi "otomatis" dan sudah dilengkapi teknologi pengereman ABS Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift). Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Sementara perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tanggal 7 November 2011 yang menandai mulainya generasi kedua dikenal sebagai All New Avanza. Munculnya varian baru Veloz (berasal dari bahasa Inggris, Velocity yang artinya kecepatan) menjadi varian teratas (top of the line) juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya. Selain itu, pada bulan Juni 2014, Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah dari Avanza. Versi facelift dari Avanza generasi kedua yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2015.

Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5 G dilengkapi dengan airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko. Sementara Daihatsu Xenia generasi pertama juga dijual di Republik Rakyat Tiongkok dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1.300 cc seperti Toyota Avanza.

Berikut beberapa aksesoris yang bisa anda pakai untuk Modifikasi ringan Toyota Avanza

1. Roof Rail Decoration

Perangkat ini memang hanya bersifat untuk fashion saja, tapi pemasanganya cukup mudah tinggal plug and play. Aksesoris berbahan Polyurethane ini hanya cukup ditempelken di bagian pinggir pada atap mobil. Penempelanya sangat mudah kareana hanya menggunakan double tape, atau ditambahkan sealant agar lebih erat lagi.

2. Pelindung Bawah Mesin

Pelindung kolong mesin bawaan pabrik ukuranya agak tanggung, untuk itu anda bisa menggunakan aksesoris yang satu ini. Pemasanganya cukup mudah karena sudah tersedia 4 pasang baut sebagai pemegangnya. Enaknya di bagian karter oli sudah tersedia lubang, jadi tidak perlu repot-repot melepas lagi saat mau ganti oli.

3. Cover Spion Sein

Ingin modif ringan All New Avanza (ANA) layaknya ANA Veloz? nah anda bisa membeli paket door mirror cover yang tersedia beberapa pilihan warna (hitam, putih, silver) sehingga bisa disamakan dengan cat bodi. Kelebihanya anda bisa tambahan lampu sein di spion jika pada mobil anda belum ada. Untuk pemasanganya memang harus melepas rumah lampu karena memang ukutanya berbeda.

4. Towing Hook

Jika anda adalah pemilik Avanza Xenia yang memiliki kebutuhan untuk menarik beban maka cocok untuk mengaplikasikan aksesoris yang satu ini. Untuk memasang towing hook tidak perlu mengubah apapun langsung plug and play karena memang dudukanya sudah ada. Dudukuanya berada di bagian sasis belakang tinggal diikat dengan baut ulir. 

5. Electrik Mirror Retractable

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, piranti ini berfungsi untuk membuat spion lipat otomatis pada Toyota Avanza. Untuk mengaplikasikan Electrik Mirror Retractable syaratnya spion harus sudah memiliki sistem electrik mirror seperti ANEX tipe R dan M atau ANA seluruh tipe. Dengan memasang piranti ini maka spion akan menekuk secara otomatis saat alarm on dan akan membuka dengan sendirinya saat kunci kontak on.

6. Cover Ban Serep

Aksesoris terakhir yang bisa anda gunakan untuk modif ringan pada Toyota Avanza adalah Cover ban Serep. Fungsi utamanya jelas untuk melindungi ban serep baik dari lumpur maupun air di kolong mobil. Bahanya terbuat dari plastik yang keras dan anti pecah. Pemasanganya sangat mudah anda bisa melakukanya sendiri dirumah. 

Nah itulah tadi beberapa aksesoris untuk Modifikasi ringan Toyota Avanza. Tertarik untuk mengaplikasikanya pada Toyota Avanza kesayangan anda? kalau menurut saya pribadi sih yang paling menarik adalah Electrik Mirror Retractable karena spion bisa menekuk secara otomatis layaknya mobil-mobil mewah. 

0 komentar:

Post a Comment