Sunday

Review Ford Ranger

Ford Ranger adalah kendaraan jenis truk pikap buatan Ford Motor Company. Awalnya, nama ini digunakan pada Edsel Ranger, kemudian digunakan kembali tahun 1982. Sejak 1998 Ford juga menjual versi lain dari Ranger yang dijual internasional.

Ford mendesain dan memproduksi Ranger versi Amerika Utara mulai 1982 sampai berakhir Desember 2011. Mulai tahun 1995, Ford mengekspor model ini ke pasar Amerika Latin dan Amerika Selatan, kemudian akhirnya memproduksinya juga di Argentina.

Untuk pasar di luar Amerika Utara, Ford mengubah nama dari pabrikan lain yaitu Mazda B-Series mulai tahun 1998 (sebelumnya dengan nama Courier mulai 1971); nama Courier sendiri tetap dipertahankan di Australasia sampai 2006. Generasi kedua tahun 2006 sampai 2011 juga didesain oleh Mazda (penerus B-Series yaitu BT-50). Generasi ketiga, yang mulai diproduksi 2011, didesain oleh Ford Australia, dengan Mazda yang menamainya ulang menjadi generasi kedua BT-50. Truk pikap ini juga menjadi basis untuk SUV Ford Everest sehingga Ranger dan Everest memiliki beberapa persamaaan fitur.

Berikut kami sampaikan  Review Ford Ranger

Image result for ford ranger
Ford Ranger

Review Ford Ranger


Eksterior


Esksterior Ford Ranger terlihat kokoh dan kuat karena kerangka menyerupai struktur perisai pelindung yang saling terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lain. Dengan kerangka ini, Ford Ranger akan memiliki karakter semakin gagah sekaligus membuatnya memiliki proteksi maksimal untuk pengendara di dalamnya. Konsep desain Ford Ranger ini memang masih mengadaptasi tampilan eksterior Ranger generasi lama. Desain khas American Style langsung bisa anda temui di bagian depan mobil ini. Fascia depan New Ranger tampil gagah dengan bentuk lampu headlamp kotak yang dipisahkan oleh front grille berwarna chrome yang desainnya berbentuk hexagram memanjang. Wajah Ford Ranger juga semakin terlihat elegan berkat penempatan foglamp di kedua ujung bawahnya. Bergerak ke atas, New Ford Ranger ini memiliki besi pelindung bertingkat yang diberi aksen krom mengkilat dan dilengkapi dengan ukiran tulisan RANGER di bagian paling atas. Pada bagian bumper, terdapat frame silver yang diberi warna perak dengan tambahan model rigid yang telah diatur untuk membuat jarak lebih tinggi dari tanah. Berpindah ke bagian samping, baik untuk Ford Ranger kabin tunggal maupun ganda sama-sama memiliki lekukan bodi samping yang stylish. Kesan maskulin juga ditampilkan melalui tubular step side pada bagian samping mobil ini. Berpindah pada bagian belakang dari Ford Ranger, anda sekali lagi akan bertemu dengan desain ala American vehicle yang begitu khas. Lampu belakang utama dan juga lampu sein pada New Ranger ini tampil berbaris tegak di samping pintu kargonya. Semakin terlihat elegan karena Ford menambahkan aksesn bodi kit berukuran besar sekaligus berfungsi sebagai pijakan untuk naik ke atas bak. Sedikit tambahan, spesifikasi Ford Ranger pada bagian fisik memiliki perbedaan untuk masing-masing tipe. Contohnya, untuk kabin ganda terdapat besi tubular pada kargonya, sementara untuk edisi khusus dengan kelir kuning ada tambahan plat tubular sport bari di bagian baknya.

Interior

Image result for interior ford ranger
Interior Ford Ranger
Ford menyematkan tagline bahwa Ford Ranger adalah mobil dengan dua fungsi, yaitu untuk mengangkut beban serta melibas medan yang berat dan fungsi rekreasi. Artinya Ford Ranger sudah disiapkan sebagai mobil yang bisa untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Bagian interior New Ford Ranger dibangun dengan sangat baik oleh Ford. Sisi interior dari mobil ini sangat cantik dengan bagian dashboard stylish dan modern serta telah dilengkapi dengan fitur-fitur futuristik khas mobil modern. Panel dashboard pada New Ford Ranger ini didominasi oleh warna hitam yang membuatnya terlihat semakin elegan. Tentunya, bahan yang membalut dashboardnya pun bukan berasal dari bahan sembarangan. Pada bagian kemudi terlihat begitu stylish dengan panel instrumen yang lengkap dan informatif. Panel speedometer pada Ford Ranger ini terdapat juga layar 4 inchi di bagian samping yang dapat menampilkan panggilan telephone, music playlist, serta informasi kendaraan seperti trip meter, fuel meter, dan lain-lain. Untuk menunjang kebutuhan entertainment, terdapat juga LCD di bagian tengah yang dapat berfungsi sebagai rear view kamera untuk memantau keadaan di sekeliling mobil, serta ada juga sensor parkir yang akan memudahkan anda saat ingin memarkir kendaraan. Beralih ke sektor jok, Ford Ranger memiliki jok dengan bahan kulit berkualitas yang dipermanis dengan bahan vinyl pada bagian tengah jok. Desain jok pada mobil ini semakin membuat interior Ford Ranger terlihat lebih eksklusif. Pada bagian jok ada pula seatbelt untuk fungsi keamanan. AC Double Blower pun juga sudah disematkan pada New Ranger sehingga udara di dalam kabin akan terasa lebih sejuk. Kabin pada mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur audio berteknologi Single DIN Audio yang memiliki output dua speaker. Tak lupa, pada pintu Ford Ranger juga telah dilengkapi dengan power window dengan model manual dan otomatis. Ford Ranger sendiri digolongkan dalam dua kapasitas penumpang. Untuk tipe single cabin hanya mampu menampung dua orang saja. Sementara spesifikasi Ford Ranger double cabin yang lebih luas mampu menampung hingga maksimal lima orang penumpang.

Dimensi

Meski terlihat sangat besar, namun sebenarnya ukuran dimensi tubuh Ford Ranger ini sudah cukup pas mengingat kendaraan ini disiapkan untuk pekerjaan yang berat. New Ranger memilik ukuran tubuh 5.274 x 1850 x 1800 mm. Untuk varian kabin ganda tingginya mencapai 1815 mm. Kekuatan fisik New Ford Ranger ini juga sangat luar biasa. Bahkan, mobil ini mampu menderek beban hingga seberat 3.500 ton. Selain dimensi tubuh yang sangat besar, mobil ini juga memiliki ground clearance atau jarak tertinggi dengan tanah 800 mm sehingga akan membuatnya mudah untuk dikendalikan, termasuk saat melaju di jalanan berbatu. Bodi besar pastinya perlu dukungan suspensi yang optimal. Guna memberikan kenyamanan kepada pengendaranya, Ford Ranger dibekali dengan sistem suspensi berteknologi Independent Double Wishbone yang dikombinasikan dengan per keong pada bagan depannya. Suspensi depan pada mobil truk ini juga dilengkapi dengan stabilizer yang berfungsi untuk meredam getaran. Sedangkan untuk suspensi belakang, Ford Ranger menggunakan suspensi berteknologi Rigid Axle and Leaf Spring yang didukung oleh fitur Shock Absorber. Dengan suspensi tersebut, anda tak perlu ragu lagi untuk membawa New Ranger menyusuri jalanan yang sangat tak bersahabat sekalipun. Suspensi tanggu pada Ford Ranger ini juga didukung oleh sistem pengereman berteknologi tinggi. Untuk rem depan, Ford menyematkan sistem pengereman Ventilated Disc with Brake Shileds yang akan menghasilkan cengkeraman mantap. Kemudian untuk rem belakang Ford Ranger menggunakan sistem Drum Brakes yang akan memberikan pengereman lebih baik dan mampu menjaga stabilitas kendaraan. Terakhir, spesifikasi Ford Ranger di sektor kaki diperkuat oleh velg berukuran 16 inci yang dibalut oleh ban berukuran 255/70.

Mesin

Image result for mesin ford ranger
Mesin Ford Ranger
Meski terbagi dalam empat varian, namun semua tipe Ford Ranger mengusung basis mesin yang sama. Keempat tipe New Ford Ranger mengusung mesin Diesel Duratorq TDCi Mid-Power yang didukung oleh fitur Turbocharger. Basis mesin diesel yang sudah menjadi andalan Ranger dari generasi ke generasi memang sudah terbukti tangguh. Mesin tersebut memiliki kapasitas sebesar 2.198 cc, untuk Ford Ranger tipe Single Cabin Base, RAS XL, serta Double Cabin Base. Sementara itu, Ford juga menghadirkan New Ranger tipe Single Cabin dengan mesin 2.488 cc. Mesin pada Ford Ranger ini juga telah menggunakan teknologi EFI atau Electric Fuel Injection yang akan menghasilkan pembakaran lebih sempurna. Jadi, selain sangat bertenaga mesin pada mobil ini juga cukup irit konsumsi bahan bakar. Tenaga maksimal yang mampu dimuntahkan oleh mesin Ford Ranger ini adalah sebesar 125 PS pada putaran 1.700 rpm. Sedangkan untuk torsinya mencapai 320 Nm pada 1.700 rpm. Untuk transmisinya, spesifikasi Ford Ranger ini akan digerakkan oleh transmisi 4WD atau Four Wheel Drive yang akan menghasilkan tarikan mesin lebih responsif.

Fitur


Spesifikasi Ford Ranger memiliki beberapa keunggulan yang terletak pada fitur penunjangnya yang lengkap. Nah kali ini Mas Sena akan mengajak anda untuk melihat fitur apa saja yang ditawarkan Ford Ranger untuk pengendaranya. Di dalam New Ranger kali ini terdapat fitur SYNCTM2 yang memungkinkan pengendara untuk melakukan kegiatan multitasking terutama untuk telpon dan musik. Kemudian lain yang ada pada Ford Ranger adalah fitur keamanan berupa Adaptive Cruise Control with Collision Warning Alert yang merupakan sistem kontrol untuk memperlambat kendaraan secara otomatis ketika berada di jarak yang sangat dekat dengan obyek di depannya. Kemudian, jika ada potensi kecelakaan di depan mobil ini maka sistem akan memberi sinyal dengan lampu kedip serta akan mengatur rem untuk segera melakukan pengereman lebih cepat. Selain itu, New Ford Ranger juga memiliki fitur Rear View Camera dan sensor parkir yang terhubung dengan layar LCD sehingga memudahkan pengendara untuk parkir. Ada juga fitur pengereman ABS (Anti-Lock Braking System). Untuk menunjang fitur keamanan lainnya, Ford Ranger juga dilengkapi dengan airbags, namun hanya ada di bagian kemudi kecuali untuk tipe Ford Ranger Double Cabin Base Plus yang merupakan varian tertinggi. Tambahan dari Mas Sena, untuk fitur additional atau aksesoris dari spesifikasi Ford Ranger, ada beberapa aksesoris yang dijual terpisah seperti misalnya bonnet protector, headlamp guard, plate, tubular side step, snorkel, tubular sports bar, dan juga simline weather shield. 

Video



Demikianlah  Review Ford Ranger yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih

0 komentar:

Post a Comment