Tuesday

Review Kawasaki Ninja 650 SE

Review Kawasaki Ninja 650 SE - Produsen otomotif asal Jepang Kawasaki, nampaknya tidak ingin kalah bersaing dengan para pesaingnya. Sebagai produsen kendaraan roda dua yang rajin menciptakan motor sport, kali ini pabrikan tersebut dikabarkan akan tetap konsisten bersaing di segmen motor sport. Hal tersebut pun dibuktikan dengan kabar yang mengatakan bahwa Kawasaki akan segera meluncurkan produk terbarunya  yakni Kawasaki Ninja 650 SE.. Secara garis besar pada bagian dapur pacu yang dibawa oleh generasi terbaru dari Ninja 650 yang mengusung nama New Ninja 650 SE ini tidak jauh berbeda daripada generasi pendahulunya, karena sama-sama diperkuat dengan mesin berkapasitas 650cc.

Image result for Kawasaki Ninja 650 SE

Teknologi yang digunakannya juga terbilang sama, yakni DFI dan TTCBI. Dimana dengan kedua teknologi tersebut dapat mengoptimaliasasi performa yang ada lebih powerfull. Namun berbeda jika kita sebagai penikmati sekaligus konsumen, saat melihat akan desain yang dibawa oleh New generasi dari Ninja 650, sangat jauh berbeda ketimbang pendahulunya, hal ini bisa pembaca lihat pada bagian depan, dimana pada bagian tersebut dibuat lebih meruncing dan menggunakan desain head-lamp berbeda.

Selain itu pada bagian belakang, kalau pada pendahulunya dilengkapi dengan behel berukuran cukup besar seperti serie versys 650, di seri terbarunya ini pihak Ninja menghilangkan bagian tersebut dan menggantinya dengan cover bodi yang di sett runcing dan tajam, sehingga membuat kesan tampilannya lebih ke sporty. Sedangkan pada bagian lain, tak ada yang terlihat memiliki perbedaan secara signifikan, karena dari segi suspensi yang digunakannya dikatakan sama persis dengan pendahulunya.

Dimana pada bagian belakang menggunakan suspensi model horizontal, dan bagian depan menggunakan teleskopik reguler bukan upside down. Jadi secara tampilan kaki-kaki tak jauh berbeda, begitu pula denga model knalpot yang masih tetap menggunakan konsep underbelly, yang selain keren serta membuatnya terlihat gahar, adanya bagian satu ini disebut-sebut dapat mendongkrak performa terasa lebih. Sedangkan bagi pembaca yang ingin tahu lebih jauh akan motor terbaru ini, bisa langsung cek Review Kawasaki Ninja 650 SE dibawah ini.

Review Kawasaki Ninja 650 SE


Fitur


Spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung. Di antaranya fitur keselamatan dan fitur kenyamanan. Secara lebih detail, motor sport Kawasaki ini sudah dibekali dengan sistem pengereman canggih yang berteknologi ABS (Anti-Lock Braking System) di mana dengan adanya teknologi pengereman yang canggih tersebut maka pengemudi pun akan mampu dengan mudahnya dalam mengontrol laju dari Kawasaki Ninja 650 SE ini. Bahkan, ketika terpaksa dilakukan pengereman mendadak. Selain itu, untuk memberikan informasi terkait kondisi motor ketika berkendara maka disematkan juga sebuah panel instrument yang didesain dengan rancangan modern dan informatif di mana dirancang dari perpaduan antara panel analog dan digital. Selain itu, pihak Kawasaki juga menawarkan mesin canggih pada Kawasaki Ninja 650 SE ini yang di dalamnya disediakan teknologi Full Injeksi dan memakai sistem pengapian elektronik (TCBI). Walaupun sudah tak bisa dibilang teknologi baru, namun spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE tersebut masih masuk dalam kategori canggih yang siap memberikan dukungan kenyamanan kepada para penggunanya.

Mesin


Jika berbicara mengenai performa bisa dikatakan tidak berbeda jauh dengan versi Ninja 650 ABS. Pasalnya, spesifikasi motor Kawasaki ini akan sama-sama dibekali dengan mesin tipe 4-stroke, yang terbungkus rapi dalam dua silinder di mana akan menjadikan Liquid-cooled sebagai pendingin mesin utama. Sehingga, nantinya mesin akan mampu memberikan kinerja secara maksimal guna menjaga suhu mesin pada posisi sebagaimana mestinya. Selain itu, Kawasaki Ninja 650 SE ini juga akan menerapkan pula tipe mesin Parallel Twin pada dapur pacu miliknya yang memiliki kapasitas sebesar 649cc. Alhasil dengan rancangannya tersebut menjadikan Kawasaki Ninja 650 SE ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 68 Ps pada putaran mesin 8.000 rpm dan mampu mencapai torsi hingga 66.7 Nm. Meskipun tenaga yang dihasilkan cukup gahar namun untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri terbilang irit, pasalnya pihak kawasaki telah melengkapi motor terbarunya dengan teknologi DFI with dual 36 mm Keihin throttle bodies dan TCBI with Digital Advance, yang akan membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien, namun tanpa mengurangi performa yang ada pada dapur pacu miliknya. Sedangkan untuk transmisinya Kawasaki Ninja 650 SE ini akan mengandalkan system transmisi 6 percepatan manual. Sehingga, tentunya akan mampu memberikan tarikan akselerasi yang terasa begitu mantap mulai dari putaran gas bawah hingga yang paling tinggi. Tentu saja, untuk orang yang tahu rasanya motor mewah akan sangat bangga dengan spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE tersebut.

Suspensi


Spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini tetap akan dibekali dengan suspensi yang kokoh pada bagian depan maupun belakang. Pasalnya, hal ini ditujukan guna memberikan kenyamanan dalam berkendara kepada pengemudi maupun penumpangnya. Pada bagian depan, akan dibekali suspensi tipe Teleskopik Fork dengan ukuran 41 mm sedangkan untuk bagian belakang Kawasaki Ninja 650 SE ini akan dipersenjatai dengan suspensi Horizontal Black-link with Adjustable Preload di mana kedua suspensi tersebut akan mampu meredam dan menahan setiap goncangan ketika melewati jalan yang bergeronjal dan penuh lubang. Di sisi lain, pada sektor kaki-kakinya akan dilengkapi dengan dua ban tubeless jenis Dunlop Roadsmart II yang diketahui memiliki ukuran cukup besar. Di mana pada bagian roda belakang Kawasaki Ninja 650 SE ini memiliki ukuran 160 / 60 ZR17M / C (69W). Sedangkan untuk ban di bagian depan akan menggunakan ban yang lebih kecil, yakni dengan ukuran 120 / 70 ZR17M/C (58W). Tidak ketinggalan juga bahwa spesifikasi Kawasaki Ninja 650 pada sektor kaki-kakinya ini akan dibekali juga dengan velg racing dengan gaya sporty juga ada pada motor ini. Jadi kawan-kawan jangan heran apabila harga Kawasaki Ninja 650 SE ini nantinya akan dibanderol dengan harga yang tergolong sangat mahal di kelasnya. Di sisi lain, untuk menunjang keselamatan maka Kawasaki menyematkan sistem pengereman yang terbilang cukup baik dan berkualitas di mana untuk rem depan akan mengandalkan tipe Dual semi-floating dengan diameter 300 mm petal disc. Sementara itu, untuk rem belakang, Kawasaki Ninja 650 SE ini akan menggunakan sistem pengereman Single berdiameter 220 mm petal disc. Bahkan, sistem pengereman tersebut masih dilengkapi dengan teknologi ABS yang nantinya akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju kecepatan dari motor tersebut. Hal ini tentu menjadi spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE yang dibanggakan oleh pabrikannya.

Dimensi

Image result for Kawasaki Ninja 650 SE


Seperti yang sudah diketahui bahwa motor sport ini memang memiliki tampilan desain yang begitu sporty dan tampak kokoh. Tentu, hal tersebut tak lepas dari rangka pembentuknya di mana dalam hal ini Kawasaki mengandalkan tipe rangka Trellis High Tensile Steel pada Kawasaki Ninja 650 SE ini yang akan memberikan keseimbangan berkendara lebih tinggi. Selain itu, rangka tersebut juga akan membuatnya tampak lebih kokoh untuk menopang segala macam part yang terdapat pada Kawasaki Ninja 650 SE ini. Selain itu, untuk ukuran dimensinya juga dirasa pas di mana memiliki panjang 2.055 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.135 mm dengan jarak poros roda mencapai 1.410 mm serta memiliki bobot 194 Kg. Dengan ukuran dimensi tersebut maka bisa diketahui bahwa dimensi dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini tampak lebih langsing, gesit, serta tampilan lebih sporty. Lalu, untuk ground clearance juga terbilang memiliki ukuran standar motor sport di mana pada motor Kawasaki ini memiliki ukuran ground clearance setinggi 130 mm. Dengan mengetahui dimensi yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE tersebut maka kita bisa menyimpulkan bahwa motor sport ini memiliki ukuran dimensi yang lebih ramping dan lebih ringan sehingga akan mempermudah pengemudinya dalam mengendalikan motor sport garapan Kawasaki ini. Bahkan, bagi penggemar balap, spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE tersebut tampak mendukung posisi balap pengendara yang terlihat gagah.

Speedometer

Image result for Kawasaki Ninja 650 SE


Untuk Kawasaki Ninja 650 SE ini bakal disematkan kolaborasi antara model panel digital dan analog yang sama-sama dirancang dengan bentuk ukuran yang besar. Sehingga, akan mempermudah pengemudinya dalam membaca kondisi motor yang sedang ditungganginya. Di sisi lain, panel analog yang disematkan pada Kawasaki Ninja 650 SE ini akan menampilkan informasi tentang tachometer. Sementara itu, panel digital Kawasaki Ninja 650 ini akan menampilkan informasi via LCD tentang indikator gigi, jam, speedometer, trip meter, indikator bahan bakar dan indikator lampu netral. Semua informasi yang ditampilkan tersebut akan ditampilkan oleh Kawasaki Ninja 650 SE melalui 3 bagian panel, yaitu bagian kiri, tengah dan kanan di mana semua bagian pada panel indikator dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE tersebut sangat mudah dibaca dan dipahami oleh pengemudi.

Desain


Pada sektor eksterior dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini, ditampilkan gaya desain aerodinamis yang semakin memberikan kesan sporty dan gagah. Hal itu bisa dilihat dari bagian depan di mana pada bagian depan dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini, tampak terbalut full fairing yang didesain dengan gaya rancang yang lebih meruncing atau lancip dan desain headlamp yang berbeda dari pendahulunya. Pasalnya, pada versi Ninja 650 SE ini, Kawasaki menyematkan Dual Headlamp yang bergaris tajam. Selain itu, tampak juga visor yang dirancang mengikuti arah desain bodi yang tampak memperlihatkan kesan yang aerodinamis pada Kawasaki Ninja 650 SE ini. Lampu sein pun juga terpasang manis pada bodi samping dengan mengikuti alur bodi. Hal tersebut tentu menjadi tampilan yang diunggulkan dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini.

Sementara itu, untuk bagian tangkai dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini, tampak didesain dengan lekukan yang begitu tajam. Tak hanya itu saja, adapun untuk posisi riding yang ditawarkan oleh motor sport Kawasaki ini bakal membuat setiap pengguna sedikit membungkuk. Namun, meskipun membungkuk, pengguna bakal tetap merasa nyaman sewaktu mengendarainya untuk perjalanan menempuh jarak jauh. Selain itu, pada bagian tempat duduk Kawasaki Ninja 650 SE ini dibuat terpisah dan bertingkat sehingga akan membuat pengemudi nantinya lebih nyaman sewaktu melakukan manuver sekalipun pada posisi berboncengan. Di sisi lain, hal yang cukup menarik, pada sektor belakang dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini yaitu adanya perubahan dari yang tadinya menggunakan behel di mana untuk versi Ninja 650 SE ini dihilangkan dan menggantinya menggunakan cover bodi yang dirancang dengan desain yang lebih tampak lancip. Lalu tak ketinggalan Tail Tidy terpasang pada bagian tersebut, yang semakin menunjukkan bahwa spesifikasi Kawasaki Ninja 650 SE ini memiliki desain lebih sporty.

Demikianlah Review Kawasaki Ninja 650 SE yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan  KORAIBI Cover Motor K2 - Black
KORAIBI Cover Motor K2 - Black 


Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof).

Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan

KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.

Model / Tipe / Size

  • K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
  • K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
  • K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
  • K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)

0 komentar:

Post a Comment