Tuesday

Review Toyota Prius

Toyota Prius adalah mobil hibrida yang diproduksi oleh Toyota.
Prius pertama kali dijual di Jepang pada tahun 1997 dan saat itu tersedia di semua dealer Toyota yang ada di Jepang, sehingga menjadikannya mobil hibrida pertama yang diproduksi missal di dunia. Mobil ini kemudian diperkenalkan di seluruh dunia pada tahun 2000. Saat itu Prius dipasarkan di 80 negara dan kawasan, dengan pasar terbesar tetap Jepang dan Amerika Serikat. Pada bulan Mei 2008, penjualan Prius di seluruh dunia secara kumulatif mencapai 1 juta unit, dan pada bulan September 2010 angka 2 juta unit tercapai. Sampai bulan Oktober 2012, total 2,8 juta unit Prius telah terjual di seluruh dunia. Sampai September 2011, Prius generasi ketiga yang diluncurkan tahun 2009 telah terjual lebih dari 1 juta unit di seluruh dunia.

Dalam bahasa Latin Prius berarti "sebelum". Prius (model tahun 2000-2003) disertifikasikan sebagai Kendaraan Emisi Super Ultra Rendah (bahasa Inggris: Super Ultra Low Emission Vehicle, SULEV) oleh Badan Sumber Daya Udara California (California Air Resources Board, CARB). Sedangkan model 2004nya disertifikasi sebagai Kendaraan Teknologi Maju Emisi Nol Sebagian (Advanced Technology Partial Zero Emission Vehicle, AT-PZEV).

Mobil ini terpilih sebagai Mobil Terbaik Eropa untuk tahun 2005, mobil irit bensin ini juga sebelumnya terpilih sebagai Mobil Terbaik majalah Motor Trend. Prius juga memenangkan penghargaan Mobil Terbaik Amerika Utara pada 2004 dan pernah dinominasikan pada 2001.

Pada tahun 2011, Toyota menambah jajaran keluarga Prius dengan menambah varian Prius v, sebuah mobil wagon hatchback, serta Prius c yang berupa hatchback subkompak. Toyota juga menjual versi Prius hibrida plug-in pada tahun 2012. Total penjualan semua unit Prius sampai bulan Oktober 2012 mencapai 3,3 juta unit, 71,5% dari total penjualan mobil hibrida gabungan Toyota dan Lexus (4,6 juta unit) sejak mereka meluncurkannya pada tahun 1997

Eksterior 

Image result for toyota prius

Generasi terbaru dari Toyota Prius ini memiliki desain yang sangat sporty dan menawan. Konsep mobil hybrid yang hampir serupa dengan sedan kompetitior yakni CR-Z ini memiliki desain yang sangat aerodinamis yang membuatnya mudah untuk membelah angin sehingga sangat menguntungkan untuk melaju di jalanan. Spesifikasi Toyota Prius pada tampilan fascia depan terlihat simpel dengan grill radiator yang berukuran kecil namun dengan memiliki desain lampu yang futuristik serta memiliki front bumper yang terdapat foglamp pada tiap sisinya akan memberikan kesan sporty, modern dan futuristik. Lampu depan Toyota Prius yang menggunakan desain projector lamp dengan lampu berjenis HID membuat pencahayaan pada saat gelap atau malam hari menjadikan konsentrasi berkendara lebih maksimal. Lalu pada bagian sampingnya, Toyota Prius juga terlihat simpel namun dengan aksen chrome pada handle pintunya dan garis dari depan ke belakang pada sisi bawahnya akan membuat mobil ini terlihat menawan. Sedangkan pada bagian belakangnya memiliki bentuk yang serupa dengan CR-Z yang lahir di abad 20 setelah mobil ini. Terlihat bahwa spesifikasi Toyota Prius ini memiliki fascia belakang yang mirip dengan mobil Hatchback namun dengan lampu belakang berjenis LED serta memiliki rear spoiler yang futuristik membuat mobil ini terlihat modern dan sangat sorty.

Interior 

Image result for interior toyota prius

Pada bagian dalam atau desain interior dari spesifikasi Toyota Prius ini tak kalah sporty dari desain luarnya namun tetap memberikan kenyamanan yang maksimal. Mobil yang memiliki kapasitas tampungan 5 orang penumpang ini menggunakan material interior yang berkualitas dengan konsep SofTex Trimmed Seat didukung dengan spasi ruang Toyota Prius yang cukup lega untuk kaki dan anggota tubuh lainnya membuat pengemudi dan penumpang betah berlama-lama di dalam mobil ini. Toyota Prius juga didukung dengan Power Adjustable Driver Seat yang membuat pengaturan tempat duduk semakin praktis dan mudah dilakukan. Bagian atap mobil hybrid ini juga memiliki Solar Roof yang canggih, di mana dengan perangkat ini suhu di dalam kabin akan disesuaikan dengan pancaran sinar matahari yang diterima oleh Solar Roof sehingga akan memberikan kenyamanan pada saat kembali ke Toyota Prius ini setelah melakukan parkir di ruangan terbuka. Bagian dashboard depannya memiliki panel-panel dengan fitur yang berbeda-beda akan memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk mengaktifkan fitur yang diinginkan. Spesifikasi Toyota Prius juga dilengkapi dengan JBL Audio yang dapat memanjakan telinga penumpang saat melakukan perjalanan dan perangkat AC yang dapat memberikan kesejukan yang diinginkan.

Dimensi

Sedangkan untuk dimensi dari spesifikasi Toyota Prius ini tergolong pas untuk seukuran mobil sedan karena tidak panjang dan tidak terlalu pendek. Dengan memiliki dimensi yang berukuran 4.460 x 1.745 x 1.480 mm dengan bobot 1.420 kg membuat mobil ini sangat cocok untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari dalam melintasi jalanan perkotaan. Dengan memiliki kapasitas tampungan bahan bakar yang mencapai 45 liter dirasa sudah sangat cukup untuk menempuh jarak jauh karena Toyota Prius memiliki tenaga tambahan yang dihasilkan oleh mesin bertenaga listrik. Mobil hybrid ini menggunakan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakangnya akan menghasilkan performa handling yang terbaik untuk kondisi lalu lintas perkotaan maupun antar kota. Sedangkan untuk sistem pengeremannya Toyota Prius menggunakan Ventilated Disc berukuran 15 inci pada roda depannya dan Solid Disc berukuran 15 inci pada bagian roda belakangnya membuat pengereman mobil ini terasa maksimal. Apalagi spesifikasi Toyota Prius memiliki perangkat pengereman tambahan yakni ABS & EBD yang membuat pengereman lebih aman dan nyaman.

Mesin 

Image result for mesin toyota prius

Tak usah diragukan lagi untuk dapur pacu dari spesifikasi Toyota Prius ini memiliki keunggulan sesuai dengan konsep mobil hybrid yang diciptakan yakni bertenaga, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Generasi ketiga dari Toyota Prius yang dipasarkan di Indonesia ini menggunakan mesin 2ZR-FXE yang berkapasitas 1.8 liter dengan 4 silinder serta dual VVT-i. Mesin tersebut memberikan daya maksimum mencapai 99.3 Ps pada putaran mesin 5200 RPM dengan torsi maksimum mencapai 14.4 Kgm pada putaran mesin 4000 RPM. Tenaga Toyota Prius tersebut masih ditambahkan oleh tenaga yang dihasilkan oleh sistem penggerak roda depan dengan 2 buah motor listrik sehingga akan memberikan tenaga yang lebih besar dan hemat bahan bakar. Menggunakan sistem pemasok bahan bakar berbasis Electronic Fuel Injection (EFI) membuat Toyota Prius ini memberikan suplai bahan bakar yang stabil sehingga akan menjaga performa yang optimal. Dengan kombinasi mesin tersebut mobil hybrid ini memiliki 3 mode berkendara antara lain ECO, EV dan Power Mode yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan apabila membutuhkan tenaga maksimal, hemat bahan bakar ataupun ingin menggunakan tenaga listrik saja. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat mencapai 26,3 Km/liter membuat Toyota Prius tergolong mobil yang sangat irit untuk ukuran mobil sedan maupun kelas lainnya di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment