Sunday

Review Daihatsu Ayla

Review Daihatsu Ayla  - Mobil murah dengan harga dibawah 100 Juta Rupiah bukan lagi hanya sebatas impian, karena sekarang kita bisa membeli Daihatsu Ayla yang menjadi salah satu bagian dari mobil murah yang dicanangkan pemerintah Indonesia, yaitu program LCGC (Low Cost Green Car). Walaupun harganya murah, bukan berarti mobil ini memiliki kualitas yang murahan, karena Daihatsu sudah mendesainnya dengan sempurna, bahkan kualitasnya tidak jauh berbeda dari Toyota Agya yang menjadi rival sekelasnya.

Desain Daihatsu Ayla dan Toyota Agya memang terlihat sangat mirip, karena keduanya sama-sama didesain oleh pihak Daihatsu khusus untuk pasar Indonesia. Perlu pembaca ketahui, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada acara Internasional Motor Show 2012 dan mulai dipasarkan pada tanggal 9 September 2013 setelah sukses melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) yang dicanangkan pemerintah Indonesia.

Tidak butuh waktu lama bagi mobil ini untuk mencuri perhatian konsumen otomotif di Indonesia, karena mobil ini langsung laris manis setelah dipasarkan secara resmi. Bahkan sampai saat ini, kepopuleran Daihatsu Ayla terus meningkat seiring dengan kepercayaan masyarkat Indonesia terhadap kualitas mobil yang dipasarkan Daihatsu. Namun menurut kami yang membuat mobil ini laris manis, adalah faktor harga jual yang sangat murah. Pasalnya, pembaca cukup membelinya dengan harga kurang dari 90 Juta Rupiah untuk tipe terendah.

Ada banyak sekali tipe mobil Daihatsu Ayla, mulai dari Type D, M, X, dan tipe Airbag. Semua tipe tersebut masih dibagi lagi dalam model transimis automantic atau manual. Selain itu, masing-masing tipe juga menawarkan fitur yang berbeda-beda sesuai dengan harga jualnya.berikut kami sampaikan Review Daihatsu Ayla dibawah ini.

Image result for daihatsu ayla
Daihatsu Ayla

Review Daihatsu Ayla  


Eksterior


Mengusung nama LCGC, sektor eksterior dari spesifikasi Daihatsu Ayla pun menjadi salah satu bagian yang mampu memikat hati para konsumen. Pasalnya, meski masuk dalam kategori mobil murah namun untuk urusan desain eksteriornya, tak bisa dianggap murahan. Sebab, pada sisi eksteriornya ini, Daihatsu telah memoles Daihatsu Ayla ini dengan polesan yang begitu cantik nan anggun. Hal itu bisa dilihat pada setiap sisi dari bodinya. Mulai dari depan, tampak sebuah Projector Headlamp with LED Position Lamp dan Daytime Running Light yang terpasang manis pada sisi depan. Dengan bekalan lampu utama tersebut maka pencahayaan Daihatsu Ayla pun akan lebih maksimal tanpa menyilaukan. Selain itu, bumper depan baru dengan aerokit kian sporty dan dinamis dengan konsep yang lebih tegas serta grille depan yang dibuat lebih besar sehingga semakin memperkuat kesan mobil modern yang stylish. Tak hanya itu saja, hadir juga fog lamp pada sisi depan yang akan memberikan keamanan lebih dalam berkendara. Selanjutnya, pada sektor samping bodi Daihatsu Ayla pun terdapat garis tegas memanjang dari arah depan sampai belakang melewati di antara handle door yang sedikit memberikan kesan spoty. Bahkan, side skirt pun juga tampak lebih stylish dengan warna krom yang begitu stylish. Tak hanya itu saja, Body Color Outer Mirror with Side Turn Lamp pun juga terpasang manis pada spion depan Daihatsu Ayla ini. Lalu, pada bagian belakang, tampak terpasang stoplamp bergaya modern yang mampu memancarkan cahaya cukup terang dan lampu reflektor yang akan membuat berkendara menjadi lebih aman. Kemudian, wiper belakang pun juga turut disematkan bersamaan dengan spoiler HMSL dengan list krom pada Daihatsu Ayla yang sudah dilengkapi lampu LED sehingga mampu menghasilkan sinar lebih terang tanpa membuat silau pengendara yang berada di belakangnya. Tak hanya itu saja, bumper belakang dengan aerokit dan knalpot cutter pun juga tampak membuat sektor eksterior dari spesifikasi Daihatsu Ayla ini semakin elegan dan stylish.

Interior


Saat memasuki sektor ini, pembaca akan disajikan ruang kabin dengan luas yang cukup pas untuk sekelas mobil LCGC. Bahkan, beberapa panel maupun fitur pun juga tersematkan pada bagian dashboard depan yang dibuat dengan nuansa Dark Silver Painted Ornament sehingga membuat tampilan dashboardnya pun semakin tampak mewah dan menarik. Selain itu, pada dashboard Daihatsu Ayla ini yang begitu stylish pun juga terdapat beberapa panel dan fitur hiburan canggih. Salah satunya yaitu fitur 2 DIN Touchscreen Audio yang begitu canggih yang bisa diatur hanya dengan sentuhan jari sehingga akan mempermudah setiap pengguna dalam mengontrol panel. Kemudian, pada bagian setir kemudi Daihatsu Ayla pun juga dibuat lebih stylish, bahkan pada setir kemudinya pun juga sudah dilengkapi panel switch terintegrasi dengan sistem audio yang akan mempermudah pengemudi dalam mengontrol audio ketika menyetir. Tentu, hal ini akan membuat sisi interior pada Daihatsu Ayla semakin terkesan modern dan canggih. Apalagi dengan desain door trim terbaru plus Fabric Ornament yang kian membuat tampilan interiornya semakin bergaya kekinian. Tak hanya itu saja, kenyamanan penumpangnya pun akan semakin dirasakan berkat desain struktur jok baru Daihatsu Ayla ini dengan cover pattern yang begitu empuk ketika diduduki. Di sisi lain, pada bagian belakang dari sisi interior mobil LCGC ini pun juga akan dilengkapi bagasi yang cukup luas dengan tray guna memberikan kemudahan kepada pengguna dalam berkendara. Tentu, dengan beragam fitur dan tampilan interior yang dibawanya tersebut maka akan semakin membuat spesifikasi Daihatsu Ayla ini kian menarik dan memikat para konsumen.

Dimensi


Tidak cukup pada eksterior maupun interiornya saja, dimensi yang diusung mobil LCGC ini pun juga turut menjadi bagian penting pada spesifikasi Daihatsu Ayla. Pasalnya, bentuk bodi dan ruang interiornya sangat bergantung pada ukuran dimensi yang dibawanya ini. Terkait dengan dimensi, mobil hatchback ini akan mengusung dimensi yang memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm di mana memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 2.455 mm. Namun, untuk dimensi dari Daihatsu Ayla tipe X agak berbeda, yang lebih panjang 20 mm dengan jarak sumbu roda lebih pendek 5 mm. Sementara itu, untuk bobot kendaraan sendiri setiap tipe memiliki berat kosong yang berbeda-beda, dimulai dari tipe terendah yang berbobot 770 Kg sampai 880 Kg pada tipe yang tertinggi. Di sisi lain, guna memperkuat sektor kaki-kakinya maka Daihatsu Ayla pun akan mengandalkan suspensi tipe Macpherson Struts Semi Independent Torsion Axle Beam. Di mana tipe suspensi ini digunakan pada setiap tipe dari mobil LCGC ini. Tak hanya itu saja, pada kaki-kakinya pun juga akan disematkan velg Steel 13 inci dengan ban berukuran 155/80 R13. Ukuran tersebut untuk Daihatsu Ayla tipe D, sedangkan untuk tipe X akan menggunakan ban yang sama namun untuk jenis velgnya berbeda. Untuk tipe X pertama akan mengusung velg Alloy 175/65 R14 dan untuk varian tipe X yang ke dua akan menggunakan velg Alloy (Polished & 2-Tone Painted) dengan balutan ban berukuran yang sama. Sementara itu, untuk sektor pengeremannya, spesifikasi Daihatsu Ayla ini akan mengandalkan rem Ventilated Disc Brake pada bagian depan dan Drum Leading Trailing pada bagian belakang.

Mesin


Mobil LCGC buatan Jepang ini memang dihadirkan dengan desain stylish, interior elegan dan dimensi yang pas. Begitu juga dengan sektor permesinannya di mana mobil LCGC ini akan membawa mesin dengan 2 varian kapasitas mesin, yaitu 1.0 liter (998cc) berteknologi 1KR-DE Tipe DOHC dan 1.2 liter (1.197cc) dilengkapi teknologi 3NR-VE bertipe DOHC plus VVT-i. Untuk Daihatsu Ayla mesin 1.0 liter memiliki 12 katup 3 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenag maksimal mencapai 65 Ps per 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada putaran ke 3.600 rpm. Sedangkan untuk tipe mesin 1.2 liter akan mengusung 4 silinder segaris dengan 16 katup di mana untuk varian tertinggi Daihatsu Ayla ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 88 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimal hingga 108 Nm per putaran 4.200 rpm. Meskipun mesinnya berbeda namun setiap tipe dari mobil ini memiliki kapasitas bahan bakar yang sama, yakni 33 liter. Menariknya, setiap tipe yang ditawarkan sudah mengandalkan jenis pembakaran EFI sehingga akan membuat spesifikasi Daihatsu Ayla pada sektor mesin pacunya ini menjadi lebih irit bahan bakar, efisien, dan ramah lingkungan.

Fitur


Selain performanya yang begitu ramah lingkungan, spesifikasi Daihatsu Ayla ini juga dibekali dengan beberapa fitur canggih yang sangat fungsional dalam menunjang kenyamanan maupun keselamatan setiap penumpangnya. Pertama, guna menekan potensi cedera pada pengemudi maupun penumpang depan ketika terjadi tabrakan maka Daihatsu Ayla pun membekali fitur keselamatan berupa Dual SRS Airbags. Sementara itu, untuk mencegah benturan pedal rem yang patah dan mengurangi resiko terjepitnya kaki pengemudi maka mobil LCGC ini pun akan dilengkapi dengan Pedal Clutch Anti Back Up. Selain itu, Side Impact Beam pun juga menjadi pelindung bagi para penumpang Daihatsu Ayla ketika terjadi kecelakaan dari samping. Di sisi lain, untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara maka disematkanlah fitur audio sistem canggih pada interiornya dan alarm immobilizer yang akan mencegah resiko pencurian.

Video



Demikianlah  Review Daihatsu Ayla yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih

0 komentar:

Post a Comment