Monday

Review Kawasaki Versys - X 250 City

Review Kawasaki Versys - X 250 City - Kawasaki merupakan salah satu produsen otomotif yang senang membuat Motor Sport. Produsen asal Jepang tersebut sudah resmi merilis produk terbarunya yang masuk dalam kategori motor adventure, dengan sebutan nama Kawasaki Versys-X 250 City. Sebenaranya secara spesifikasi tidak berbeda jauh jika kita bandingkan dengan Kawasaki Versys-X 250 Tourer. 

Image result for Kawasaki Versys - X 250 City

Akan tetapi di sisi fitur pelengkap, versi City bisa di bilang versi polos, karena dirinya tidak dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti yang ada pada Tourer. Namun bukan berarti performa yang dimilikinya juga berbeda, namun seperti apa yang kami katakan tadi, kawsaki tetap memperkuat bagian dapur pacu yang dibawanya menggunakan mesin berkapasitas 250cc yang didukung dengan teknologi DOHC. Dengan demikian, sudah pasti yang terbaru dari kawasaki ini dapat menyemburkan tenaga lebih powerfull.

Tidak hanya itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman  bagi para penggunanya, kawasaki melengkapi bagian kaki-kaki dengan suspensi berukuran tinggi pada bagian depan, dan belakang menggunakan model arm uni-track. Dengan demikian, dapat memungkinkan setiap pengguna untuk tetap bisa merasakan nyaman sekalipun jalanan yang di lewatinya terjal. Bahkan untuk mengoptimalkannya, velg di bagian depan dan belakang di lengkapi dengan model velg jari, yang tersusun dengan banyak elemen jari-jari pastinya.

Dengan adanya penggunaan velg terrsebut tidak lain sengaja diberikan oleh kawasaki agar motor terbaru dari kawasaki ini dapat meredam getaran secara maksimal, serta memberikan keseimbangan secara lebih saat pengguna melakukan perjalanan jauh pada kondisi jalan labil. Disamping kenyamanan, kawasaki juga tidak luput memperhatikan bagian keamanan para pengendaranya, di buktikannya dengan teknologi yang bisa pembaca ketahui lebih jauh dalam ulasan Review Kawasaki Versys - X 250 City dibawah ini.

Image result for Kawasaki Versys - X 250 City

Review Kawasaki Versys - X 250 City


Fitur


Untuk fitur, pada spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini berbeda dengan versi Versys-X250 Tourer. Pasalnya, pada Versys-X 250 City ini tak akan dilengkapi dengan sarana pendukung touring, seperti box pada bagian belakang, kemudian slider, ataupun hand guard. Namun, dengan beberapa hal tersebut bukan berarti bahwa Kawasaki Versys-X 250 City ini tak memiliki fitur yang canggih. Sebab, jika melihat di sisi keamanan, pihak Kawasaki sendiri melengkapinya dengan teknologi pengereman ABS. Sehingga, sudah dipastikan bahwa akan membuat roda belakang tidak akan terkunci sekalipun pengereman dilakukan secara mendadak. Jika kita lihat pada bagian bawah spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City pada bagian mesinnya digunakan cover engine, hal ini ditujukan agar kaki pengguna tidak langsung terkena panasnya mesin ketika berkendara jarak jauh. Tak hanya itu saja, spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini juga akan dilengkapi dengan 2 buah suspensi yang terpasang di depan maupun belakang untuk menunjang tingkat kenyamanan si pengemudi maupun penumpangnya.

Mesin


Pada sektor mesin ini, motor adventure garapan Kawasaki ini akan mengandalkan mesin yang dinilai sangat handal di mana akan mengandalkan tipe mesin DOHC 8 katup dengan 4 langkah Parallel Twin dan memiliki kapasitas kubikasi hingga mencapai 249cc. Nah, dengan mesin tersebut Kawasaki Versys-X 250 City ini akan mampu menghasilkan tenaga yang gahar, yaitu 46 Ps dan mampu mencapai torsi maksimum hinga 27.1 Nm. Dengan mengetahui tenaga tersebut maka sudah dipastikan bahwa motor adventure ini akan mampu memberikan kecepatan maksimum hanya dalam hitungan detik. Tak hanya itu saja, spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City pada sektor dapur pacu ini juga memiliki perbandingan kompresi 11.3 : 1 di mana akan dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection dan proses pengapian Digital sehingga meski memiliki kecepatan dan tenaga besar namun konsumsi bahan bakar akan tetap efisien, irit dn tentunya ramah lingkungan. Nah, untuk tenaga yang dihasilkan dari mesin yang ada pada spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 6-percepatan return.

Suspensi


Pada bagian suspensi ini, untuk bagian depan, Kawasaki akan menyematkan suspensi tipe Teleskopik Fork yang berukuran 41 mm. Sementara itu, untuk suspensi belakangnya, kan mengandalkan tipe suspensi Bottom-Link Uni-Trak. Menariknya, pada suspensi di sektor belakang Kawasaki Versys-X 250 City  ini, akan didukung dengan fitur gas-charged di mana dengan disematkannya fitur tersebut maka tentunya akan membuat motor adventure terbaru besutan Kawasaki ini lebih nyaman saat dikendarai mengingat akan mampu meredam setiap goncangan atau getaran ketika melewati medan jalan yang berlubang atau bergeronjal. Di sisi lain, spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini akan mengusung velg jari-jari dengan ukuran berdiameter 19 inci untuk sektor depan dan velg berdiameter 17 inci yang akan terpasang pada sektor belakang. Kedua velg ini akan terbalut dengan sebuah ban depan berukuran 10/90 57S dan ban belakang berukuran 130/80 65S. Sementra itu, untuk menunjang keselamatan ketika berkendara maka spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini juga dilengkapi dengan rem cakram berdiameter 290 mm petal disc di bagian depan dan untuk rem belakang berdiameter 220 mm petal disc. Bahkan, kedua rem ini sudah dielngkapi dengan fitur rem ABS sehingga akan memudahkan pengendaranya dalam mengendalikan laju motor ini, seperti dilakukannya pengereman mendadak. Wah rupanya spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan penggunanya

Dimensi


Pada bagian dimensi ini, tentu Kawasaki membekali motor adventure garapannya ini dengan susunan dimensi yang ramping namun kokoh mengingat sasaran motor ini adalah segmen motor petualang. Oleh sebab itu, untuk menunjang segala kebutuhan dari motor ini spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City pada sektor dimensinya ini akan dilengkapi dengan rangka tulang punggung (backbone) yang siap menopang beban dari susunan komponen mesin yang dibawa motor ini. Akan tetapi, untuk info mengenai detail ukuran dimensi, jarak sumbu roda, dan ground clearance, sampai saat ini masih belum diketahui kepastiannya mengingat pihak Kawasaki Indonesia masih belum memberikan keterangan terkait ukuran dimensi dari spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City tersebut. Namun, jika melihat dari gambar yang ditampilkan, tampaknya dimensi dari motor ini bakal memiliki ukuran yang ramping namun terkesan gagah. Bahkan, pada gambar tersebut tampak juga ukuran ground clearance yang memang dirancang bakal lebih tinggi sehingga Kawasaki Versys-X 250 City ini akan mudah dikendarai di medan jalan penuh polisi tidur atau pun bebatuan tinggi. Ditampah lagi, posisi riding sang pengemudi juga menjadi lebih nyaman berkat stang kemudi yang digunakan mengadopsi model handle bar berukuran panjang dengan jok pada posisi paling rendah di mana dipisahkan oleh tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter pada spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City  ini yang begitu ramping. Dengan posisi riding seperti ini maka akan memudahkan pengendara saat melakukan manuver di jalanan.

Speedometer

Image result for Kawasaki Versys - X 250 City


Untuk sektor indikator dari motor ini tak jauh berbeda dengan panel instrument yang disematkan pada saudaranya yakni Versys-X 250 Tourer di mana dengan mengusung desain panel yang begitu modern dan futuristik yang tampil dengan kombinasi antara panel digital dan analog. Perpaduan dari panel digital dan analog spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City tersebut pun terbagi menjadi 3 sektor, yaitu bagian kiri, tengah, dan kanan. Pada sektor kiri, akan ditampilkan indikator mesin, lampu netral dan pengaturan pengereman ABS. Sedangkan pada bagian tengah akan mengusung panel analog lengkap dengn jarum penunjuknya di mana akan diperlihatkan info tentang kecepatan rpm. Selain itu, pada sektor tengah dari panel indikator spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini juga ditampilkan posisi gigi dan waktu/jam. Kemudian, untuk bagian kanan akan diperlihatkan informasi dalam bentuk panel digital mengenai indikator bahan bakar, kecepatan yang dihitung dalam km/jam, serta indikator oli. Melihat susunan panel instrument yang tersemat pada spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City tersebut, maka dipastikan bahwa pengemudinya pun akan lebih mudah dalam mengetahui serta memahami keadaan dari motor yang sedang ditungganginya.

Desain


Jika dilihat dari segi tampilan desain, memang Versys-X 250 City ini tak jauh berbeda dengan versi Tourer. Hal ini bisa dilihat dari beberapa sudut sisi bodi dari Kawasaki Versys-X 250 City ini. Mulai dari depan tampak single headlamp lengkap dengan lampu LED yang didesain dengan balutan vocer lancip meruncing ke bawah sehingga selain bisa memberikan nilai lebih terhadap penampilannya, dengan disematkannya teknologi LED pada Kawasaki Versys-X 250 City tersebut maka dapat memberikan pencahayaan secara maksimal di waktu malam hari. Tak ketinggalan juga lampu sein pun turut terpasang di bagian kanan-kiri cover Kawasaki Versys-X 250 City ini. Bahkan, pada bagian depannya dilengkapi juga dengan wind screen yang terpasang pada bagian atas dari lampu utama (headlamp) sehingga akan memberikan perlindungan secara lebih terhadap para pengguna saat berkendara menggunakan Kawasaki Versys-X 250 City ini agar tidak langsung terkena terpaan angin ataupun hujan dari depan.

Menginjak pada bodi samping, tampak juga sebuah tangki bahan bakar dengan desain yang lebih ramping di mana tangki ini memiliki garis bodi yang menyatu dengan dengan guratan garis dari fairing samping kanan kirinya. Selain itu, spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini pun nantinya juga akan dilengkapi dengan jok bertingkat yang menyatu antara jok pengemudi dengan penumpangnya. Kemudian, di sisi belakang, terdapat desain bodi yang dirancang lebih berotot di mana kesan gagah dan berotot ini bisa dilihat dari garis tajam pada setiap lekuk tubuh Kawasaki Versys-X 250 City ini. Di samping itu, tak ketinggalan juga behel dengan fungsi sebagai piranti untuk menempatkan box tambahan yang bisa juga bisa dijadikan sebagai pegangan pembonceng. Lalu, untuk stoplamp yang terpasang pada bodi belakang Kawasaki Versys-X 250 City ini dilengkapi dengan teknologi lampu LED. Bahkan, menariknya stoplamp pada sektor belakangnya ini pun dirancang dengan desain yang tampak begitu stylish dan futuristic mengkuti alur pada bodi belakang. Tak hanya itu saja, tampak juga dua lampu sein yang dirancang lebih lancip terpasang di kanan kiri pada bagian bawah stoplamp dari spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini.

Kemudian, pada bagian bawah, Kawasaki sendiri membalut bagian mesin Kawasaki Versys-X 250 City ini dengan engine cover, yang selain dapat menghindarkan panas terhadap kaki, engine cover (pelindung mesin) ini pun juga diketahui akan mampu untuk melindungi mesin secara lebih baik. Lalu kembali lagi ke bagian depan spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City, lubang udara atau air folow dibentuk oleh kawasaki menggunakan shroud pada bagian depan, yang diklaim bakal turut serta memberikan keseimbangan serta kestabilan suhu mesin dengan udara dari bagian depan. Sehingga pengendara Kawasaki Versys-X 250 City ini tidak merasakan panas pada bagian kaki ketika berkendara dalam jarak yang jauh. Nah, mengetahui beberapa hal tersebut maka sektor eksterior dari tampilan spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 City ini memang memperlihatkan gaya desain elegan dan sporty khas motor petualang.

Demikianlah Review Kawasaki Versys - X 250 City yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan  KORAIBI Cover Motor K2 - Black
KORAIBI Cover Motor K2 - Black 

Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof).

Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan

KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.

Model / Tipe / Size

  • K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
  • K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
  • K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
  • K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)

0 komentar:

Post a Comment