Thursday

Review Motor Yamaha NMax

Yamaha NMAX adalah model skuter matik (skutik) yang dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), anak perusahaan Yamaha Motor Company di Indonesia. Skuter ini diluncurkan secara resmi pada bulan Februari 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor, sebagai sebuah model global yang akan berbasis produksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara. NMAX diperkenalkan sebagai anggota terbaru dari seri MAX, yang merupakan jajaran maksi-skuter sporty dari Yamaha. Model yang populer dari seri MAX yang cukup populer di Eropa dan Amerika antara lain TMAX dan XMAX

Image result for review motor yamaha nmax
"Yamaha NMax"

Skuter matik berkapasitas mesin yang cukup besar memang masih jarang populasinya. Yamaha akhirnya menelurkan skutik gambot bermesin 150 cc, N Max seolah menjadi oase bagi rider yang mau mengendarai skutik dengan performa yahud dan nyaman dikendarai.

Desain N Max cukup berbeda dengan skutik yang sudah beredar sebelumnya, berkesan futuristik sekaligus sporty. Cover penutup dek samping dan tangki bahan bakar yang bergaris tegas menonjolkan desain kekar matic 150 cc ini. Saat melongok ke tampang depan, lampu LED terlihat keren dan kala riding malam dan tentu sangat membantu menerangi jalan dengan maksimal. Sayangnya, windshield kurang besar. Tentu bakal cimaik jika panel indikator yang serba digital bisa diteduhi  oleh windshield agak tinggi.

Begitu duduk di jok langsung terasa kenyamanan khas big skutik. N Max cukup nyaman dikendarai dengan dua posisi kaki. Rider bisa selonjorkan kaki kedepan kalau mau agak santai, dan juga bisa menapak ke dek bawah supaya lebih sigap. Tapi sayangnya dengan postur rider kurang dari 170 cm agak sulit menapakkan kaki ke tanah. Tapi saat sudah melaju tentu hal itu terlupakan, dibuai oleh performa dan kenyamanan N Max. Tak cuma kenyamanan yang ditawarkan oleh N Max. Bagi yang mau membawa muatan berlebih bisa diakomodasi oleh matic yang punya bagasi berkapasitas 23 liter ini. Untuk sekedar menyimpan helm half face saja tentu bisa ditelan oleh bagasi ini.

Output tenaga yang cukup untuk melaju di dalam kota maupun perjalanan luar kota dimiliki N Max pada mesin 155 cc yang digendongnya. Dapur pacunya memang cukup menggiurkan. Tenaga 14,8 dk dihasilkan dari mesin berteknologi Blue Core, 4 klep dengan sistem Variable Valve Actuation (VVA). Mirip teknologi VTEC dan VVT-i pada mesin mobil.

Image result for review motor yamaha nmax
"Yamaha NMax"

Kompresi mesin matic gambot ini memang cukup tinggi, yaitu 10,5:1 tentu menuntut bahan bakar berkualitas bagus sekelas Pertamax. Saat selongsong gas dipelintir, respon mesin untuk melesatkan motor berbobot 127 kg ini cukup mengesankan. Kami ukur dengan Racelogic Performance Box, akselarasi awal 0-60 km/jam didapat pada tempo 5,4 detik saja. Cukup kencang untuk stop and go di dalam kota.

Tarikan N Max yang cukup kencang ternyata tak membuat N Max boros BBM. Dengan pengetesan dalam kota, kecepatan dipatok tak lebih dari 60 km/jam dengan rute bervariasi, skuter Yamaha ini mencatat konsumsi 46 km/liter.

Mengimbangi performa mesin kencangnya, N Max dibekali fitur ABS pada rem cakram depan dan belakang. Gejala hilang traksi ban pada permukaan licin cukup baik diredam sistem pengeremannya. N Max yang kami tes adalah unit yang sudah pakai sistem pengeraman ABS. Tapi ada 1 varian N Max yang tidak pakai ABS. Perbedaan dari kedua varian ini hanya di penggunaan ABSnya saja. Selebihnya punya spesifikasi yang sama.

Mesin Blue Core yang dijejali Yamaha tentu menjadi fitur yang cukup diunggulkan di sektor mesin selain teknologi VVA yang disebutkan diatas. Matic yang punya sistem pendinginan radiator ini juga berlimpah fitur pada panel indikator. Saat kontak di posisi ON, maka indikator full digitalnya akan menyajikan informasi yang cukup lengkap. Selain dua trip meter, ada indicator Eco Fuel, konsumsi BBM dan jadwal servis sabuk CVT. Saat mengisi ulang bahan bakar rider dan penumpang N Max tak perlu turun dari motor. Karena tangki bahan bakar yang terletak diantara kaki rider cukup dibuka dengan kunci saat isi bensin.

Kemunculan Yamaha N Max tentu adalah salah satu strategi pabrikan berlambang garpu tala ini untuk mengisi ceruk pasar skuter matik 150 cc. Honda sudah hadir duluan dengan PCX 150. Meski mesin sekelas, PCX dibanderol cukup jauh dari N Max. Sementara itu, hadir juga pesaing dari Eropa, yaitu Vespa Primavera, Vespa Sprint dan Peugeot Django yang diluncurkan belakangan.

Dibekali mesin yang bertenaga dan segudang fitur, membuat N Max sangat layak dikendarai untuk akhir pekan atau aktivitas sehari-hari. Walau dimensi dan bobotnya yang agak besar tak berarti akselarasinya lemot. Putaran atas juga asik. Bagi yang sudah bosan dengan matic di bawah 125 cc mungkin sudah saatnya untuk naik kelas pakai N Max
Image result for review motor yamaha nmax
"Yamaha NMax"

Kelebihan dan Kekurangan Motor Yamaha NMax


salah satu hal yang menyebabkan motor NMAX ini banyak diminati adalah karena motor NMAX ini memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari motor NMAX :

1. Harga yang tergolong cukup terjangkau

Apabila kita lihat dari beberapa harga dari motor – motor kelas premium, seperti keluaran Honda, Vespa, Piaggio, Peugeot, dan juga Suzuki, maka Yamaha NMax ini merupakan salah satu piihan yang tepat, karena memiliki range harga yang tergolong murah, namun memiliki fitur – fitur terbaik dari Yamaha. Banderol dari Yamaha NMAX ini tergolong lebih rendah dibandingkan kompetitornya sesama matic premium, dan juga motor kelas premium Eropa lainnya. Karena itulah, hal ini merupakan salah satu keunggulan and juga kelebihan yagn dimiliki oleh motor NMAX.

2. Penuh akan fitur dan juga teknologi terbaru dari Yamaha

Tentu saja, salah satu hal yang dicari oleh para pengendara sepeda motor adalah keunggulan fitur – fitur dari sebuah motor tersebut. Teknologi premium seperti ABS merupakan salah satu fitur premium yang dimilki oleh Yamaha NMAX.
Belum lagi fitur – fitur lainnya yang dimiliki oleh NMAX< seperti teknologi blue core Yamaha, Forged piston, Diasil Cylinder, serta berbagai macam teknologi dan juga fitur baru dari Yamaha membuat mtor NMAX ini memiliki banyak sekali keunggulan dan juga kelebihan dibandingkan dengan competitor lainnya, yang mungkin belum selengkap Yamaha NMAX ini.

3. Bahan bakar yang efisien dan lebih irit

Dengan kapasitas mesin yang tercatat sebesar 150 CC, maka pasti banyak orang yang menyebutkan bahwa motor NMAX ini pasti boros. Padahal sebenarnya, NMAXmerupakan salah satu motor premium yang tergolong irit. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh berbagai teknologi selipan yang disematkan oleh Yamaha sebagai produsen, teknologi Blue Core yang mrupakan primadona dari teknologi Injeksi Yamaha merupakan salah satu elemen penting yang menyebabkan motor – motor injeksi Yamaha memilki konsumsi bahan bakar yang cenderung irit. Hal ini juga ditambah dengan fitur – fitur dan juga penyematan teknologi Yamaha lainnya yang mendukung efisiensi dari penggunaan bahan bakar dari Yamaha NMAX.

4. Tenaga dan juga performa yang luar biasa

Matic premium ala eropa dengan kapasitas mesin 150 CC dan teknologi Blue Core, forged piston dan juga diasil cylinder Yamaha? Hal ini tentu saja akan memberikan banyak sekali keunggulan untuk Yamaha NMAX dari segi performanya. Ya, dengan kapasitas mesin yang tergolong besar, maka matic NMAX ini sangatlah handal dalam melahap berbagai macam jenis pengendara, mulai dari pengendara yang senang bersantai, hingga pengendara yang senang akan performa dan tenaga yang besar dari sebuah motor matic

5. Penggunaan velg ukuran 13 inch yang menambah kestabilan motor alias handling

Apabila kita liha, tren penggunaan velg pada motor matic kebanyakan adalah menggunakan velg dengan ukuran 14 inch. Velg dengan ukuran 14 inch sebenarnya pas untuk matic, namun memilki handling dan juga kestabilan yang bisa dibilang biasa saja. Nah, karena itu, Yamaha pun mengaplikasikan Velg dengan ukuran ring 13 untuk menambah kesatbilan dan juga handling dari motor NMAX ini sendiri. Selain itu, tapak ban yang juga cenderung lebar membuat motor NMAX sangat handal melibas berbagai macam kondisi tikungan, jalanan, dan juga sangat nyaman untuk dikendarai jarak jauh.

6. Memiliki desain premium yang elegan ala motor Eropa

Bagi anda yang senang dengan motor – motor khas eropa, maka NMAX merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Ya, NMAX menerapkan desain body motor yang sifatny apremium ala – ala motor Eropa. Hal ini terlihat dari bentuk body nya yang besar dan juga kokoh, serta desain dari lampu dan juga garis bodynya. Motor ini adalah salah satu jenis motor yang sangat baik dari segi desain bodynya.


7. Posisi riding style yang nyaman


Tidak hanya dari bentuk dan juga desain body ala motor Eropa, Yamaha NMAX juga menerapkan riding style yang senyaman motor – motor keluaran Eropa. Riding style yang tidak menyebabkan pegal, jok yang luas, serta body yang kokoh membuat motor NMAX sanga nyaman untuk dikendarai, baik secara harian, maupun untuk keperluan touring. Yang pasti, anda tidak akan merasakan pegal apabila anda harus berkendara menembus kemacetan jalanan perkotaan, atau harus melibas jalan raya yang panjang untuk pergi touring.

sedangkan kekurangan dari motor Yamaha NMax adalah :


1. Aksesoris dan juga spare part masih cukup jarang di pasaran


Karena merupakan salah satu jenis motor premium dan juga motor keluaran tebaru, maka adalah sebuah hal yang cukup wajar apabila aksesoris dan juga spare part dari Yamaha NMAX masih cukup jarang di pasaran. Apalagi toko – toko aksesoris yang berada di pinggir jalan, kemungkinan masih sangat jarang menyediakan kebutuhan spare part dan juga aksesoris NMAX. Paling anda hanya bisa menemukan aksesoris NMAX di dealer Yamaha, ataupun di toko – toko yang menjua aksesoris premium dan juga bermerk.


2. Harga aksesoris dan juga spare part yang masih cukup mahal dan tinggi


Permasalahan berikutnya timbul dari segi ekonomis. Susah dicari dan susah diperoleh, dan kalaupun ada pasti harga jualnya masih cukup mahal. Ya, hal inilah yang menjadi salah satu kelemahan dna juga kekurangan dari motor NMAX. Aksesoris dan juga sparepartnya masih tergolong tinggi dan juga mahal harganya. Hal ini juga disebabkan karena motor NMAX ini sudah termasuk ke dalam kelas premium, sehingga wajar saja apabila harga aksesorisnya menjadi lebih mahal dibandingkan jenis motor lainnya.

3. Body yang besar dan bongsor agak kurang cocok untuk dikendarai oleh mereka yang berpostur tubuh kecil


Bagi anda yang memiliki postur tubuh kecil, sepertinya akan sangat tidak cocok apabila anda harus menungganggi si NMAX ini. ya, body motor yang cukup besar dan juga lebar tentu saja agak tidak cocok bagi anda yang berpostur kecil. Selain itu, apabila anda memag tidak biasa membawa motor dengan body yang besar, maka hal ini akan menjadi kesulitan tersendiri bagi anda. hal ini merupakan salah satu bentuk kekurangan dari motor NMAX.  

Demikianlah review Motor Yamaha NMax yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi motor kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan 
KORAIBI Cover Motor K2 - Black
KORAIBI Cover Motor K2 - Black 

Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

KORAIBI Cover Motor menggunakan bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan kain taslan. Kain tersebut terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof).

Desain Full Cover – Menutupi Seluruh Bodi Kendaraan

KORAIBI Cover Motor ini memiliki desain full cover yang menutupi semua body dan menutupi motor sampai ke bawah ban, sehingga motor Anda terlindungi dari cuaca panas, hujan dan debu dan kotoran. Jahitan pun sangat rapi menambah tampilan menjadi menarik jika terlihat dari luar. Dilengkapi dengan belt pengaman yang terdapat pada bagian bawah, sehingga aman jika cover terkena terpaan angin.

Model / Tipe / Size

  • K1 (Koraibi 1) = Untuk motor bebek & matic standar
  • K2 (Koraibi 2) = Untuk motor sport touring / naked bike dengan letak spion di stang (Tiger, mega pro, byson, Kawasaki Er-6n , dll)
  • K3 (Koraibi 3) = Untuk motor sport full fairing (N250, CBR 250, N650, dll)
  • K4 (Koraibi 4) = Untuk motor dengan box belakang atas dan samping kiri-kanan (full box)
 

1 comment:

  1. Keren emang ini motor gan, desain elegan, posisi riding style nyaman + irit, bisa lihat disini kalo mau cek harga motor nmax 155 ABS :D

    ReplyDelete