Monday

cara meningkatkan Performa Yamaha New Vixion Lighting

Yamaha V-Ixion adalah merek sepeda motor bertipe sport yang diproduksi oleh Yamaha Motor Indonesia. Sepeda Motor ini diluncurkan pada tahun 2007. Yamaha V-Ixion merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Sepeda Motor ini bersaing di kelas motor sport 150 cc untuk mengimbangi kompetitor dari produsen lainnya.

Image result for tips motor vixion
Yamaha New Vixion Lighting

Secara konstruksi mesin, Yamaha V-Ixion merupakan pengembangan dari Yamaha Jupiter MX dan versi turunan dari Yamaha Scorpio Z. Tetap mengusung konfigurasi 4 klep dengan camshaft/noken tunggal, bervolume silinder 149,8 cc dan bersistem injeksi bahan bakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat, baik dalam proporsi dan keseragaman. Menyalakan mesin menjadi lebih mudah, lebih tahan terhadap suhu ekstrim, dan meningkatkan interval perawatan kendaraan.

Performa motor Yamaha Vixion sebenarnya sudah bagus tetapi jika Anda ingin meningkatkan performa tersebut bisa anda lakukan sendiri. Menaikkan performa sepeda motor harus dilakukan secara benar agar mesin dan keselamatan anda tetap aman. Jika melakukan hal ini secara asal-asalan maka berdampak negatif pada mesin, kelistikan dan pada diri Anda sendiri. Perhatikan kondisi Motor Anda terlebih dahulu, mulai dari bagian dalam mesin dan yang lainnya, agar saat melakukan pergantian bagian yang perlu diganti lebih aman dan menghindari terjadinya kesalahan. Berikut ini merupakan cara meningkatkan Performa Yamaha New Vixion Lighting :
  1. Mengganti knalpot merupakan tidakan pertama untuk meningkatkan performa motor Anda.  Jika mengganti knalpot standar dengan knalpot racing adalah cara paling mudah meningkatkan performa sepeda motor, termasuk juga Yamaha Vixion Lighting. Dengan knalpot yang memiliki pembuangan gas lebih besar dapat meningkatkan laju motor dan lebih resposif dibandingkan dengan knalpot standart yang memiliki lubang pembuangan angin lebih kecil.
  2. Kelistrikan merupakan hal penting, jika aliran listrik tidak sebanding dengan kondisi mesin motor Anda maka dapat mengakibatkan performa saat dijalankan. Pada bagian kelistrikan, Anda harus lakukan penggantian yang perlu seperti pada bagian ECU yang diganti menggunakan ECU BRT, lalu ada koil yang diganti menggunakan koil racing seperti merek protec, lalu yang terakhir adalah penggantian busi yang diganti menggunakan busi jenis iridium.
  3. Mengondisikan Kopling dapat menigkatkan performa sepeda motor Anda dengan mengganti Kampas kopling ganti menggunakan kampas kopling milik Ninja 2tak. Selain kampas kopling lakukan pergantian selanjutnya yaitu per kopling diganti menggunakan per milik Honda Tiger. Cara ini banyak dilakukan oleh klub rasing dan terbukti dapat meningkatkan laju motor mereka.
  4. Setel Injeksi/ECU dapat anda lakukan dengan penuh teliti karena cara ini sedikit rumit, tergantung pengetahuan anda tentang mesin. Selanjutnya menggunakan ECU standar, senyetel ECU yang terhubung dengan injeksi. Jadi penyetelan dilakukan untuk menentukan kebutuhan udara dan bahan bakar yang dikeluarkan. Mengondisikan Singkatnya Penyetelan CO, dengan menggunakan alat yang bernama FI diagnostic Tool. Lakukan saat penyetelan menurunkan dan naikkan setelan CO untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.
Cara meningkatkan performa Yamaha Vixion tersebut dapat menjadikan motor kesayangan Anda akan semakin kencang berlari dan tentunya responsif. Tetapi cara di atas juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan posisi awal motor saat baru keluar dari dailer, karena pabrik motor Yamaha sudah menghitung secara detail performanya. Mungkin hal tersebut tidak berdampak buruk pada motor anda, untuk hasil yang lebih maksimal silahkan baca panduan merawat mesin dan tips lainya yang dapat anda temukan diberbagai macam buku tentang mesin atau bisa langsung mengunjungi situs resmi Yamaha.

0 komentar:

Post a Comment