Monday

Review Toyota C-HR

Toyota C-HR adalah mobil SUV crossover subkompak yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini diluncurkan di Jepang pada tanggal 14 Desember 2016, dan akan diluncurkan di Eropa, Asia, Australia and Amerika Utara pada awal 2017 mendatang.

Versi produksi dari C-HR telah diperkenalkan pada bulan Maret 2016 di pameran Geneva Motor Show di Jerman, sedangkan untuk pasaran Amerika Utara diperkenalkan pada bulan November 2016 di pameran Los Angeles Auto Show di Amerika Serikat.

Untuk pasaran Indonesia, Toyota C-HR akan diluncurkan pada tanggal 27 April 2017 mendatang, di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Jakarta. Untuk C-HR pasaran Indonesia akan menggunakan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan di mobil Avanza, Sienta, Vios dan Yaris, dan dirakit di Toyota Karawang Plant 2, Jawa Barat. C-HR akan bersaing langsung dengan Nissan Juke dan Honda BR-V.

Eksterior 

Image result for eksterior toyota c-hr
Eksterior Toyota C-HR
Jika kita melihat dari sisi tampilan luar dari spesifikasi Toyota C-HR maka akan tampak bentuk bodi dengan desain yang begitu modern dan futuristik. Pasalnya, jika dilihat dari depan sudah tampak jelas di mana terdapat sebuah headlamp yang dirancang dengan bentuk seperti mata sipit yang begitu tajam. Bahkan, bumper bergaya sporty plus fog lamp pun juga turut menambah kesan elegan yang terpasang di bawah head lamp tersebut untuk memastikan jalanan tetap dapat terlihat sekalipun dalam keadaan berkabut. Selanjutnya untuk melengkapi bagian depan Toyota C-HR ini, Toyota menambahkan grille berukuran besar, yang membuatnya semakin terlihat elegan. Di sisi lain, pada bagian tengah bisa dilihat gaya desain modern tampak begitu jelas dari penggunaan handle pintu yang dibuat begitu simple namun tetap mengedepankan fungsionalitas. Tak hanya itu saja, untuk membuat Toyota C-HR ini lebih menarik, pihak Toyota pun  juga membuat bagian ini menjadi lebih berkarakter dengan dilengkapinya lekukan dan garis tegas mulai dari pintu belakang sampai dengan depan sehingga menampilkan kesan yang begitu sporty dan gagah. Lantas pada bagian belakang, model stop lamp berteknologi LED yang dibawanya tak kalah futuristik juga jika dibandingkan dengan bagian depan tadi. Tampaknya, memang spesifikasi Toyota C-HR ini memiliki tampilan desain yang begitu modern dan futuristik sehingga memperkuat kesan sporty pada setiap sisinya.

Interior 

Image result for interior toyota c-hr
Interior Toyota C-HR
Melihat pada sisi interior dari SUV mewah besutan Toyota ini, akan disuguhkan kabin luas dan suasana interior yang begitu elegan yang kian tampak pada setiap sisi dari interiornya. Tak sampai di situ saja, tak tanggung-tanggung pula dan menyesuaikan dengan harga Toyota C-HR yang nantinya akan dibanderol dengan angka yang tinggi maka pihak Toyota sendiri memberikan perlengkapan bukan hanya sebatas kenyamanan tempat duduk yang dibalut material kualitas tinggi. Namun, untuk memberikan nuansa baru, produsen otomotif asal Negeri Sakura ini pun telah menambahkan aksen warna biru yang begitu elegan pada beberapa bagian, yang semakin membuat Toyota CHR menjadi mobil SUV premium berkelas. Sementara itu, pada lini dashboard akan dilengkapi dengan multimedia yang berupa panel layar touchscreen seluas 8 inci yang bisa dijadikan sebagai salah satu media hiburan. Bahkan, pada sektor dashboard ini juga sudah dilengkapi dengan panel khusus yang bisa dijadikan untuk menghubungkan antara perangkat smartphone si pengguna dalam konteks memutar daftar lagu favorit. Di sisi lain, kemudahan pun juga diberikan oleh Toyota C-HR pada stir kemudinya di mana untuk memudahkan pengendara dalam melakukan pergantian lagu ataupun menjangkau panel yang ada di bagian layar, Toyota memberikan paketan tombol lengkap di bagian kemudi. Sehingga, pengemudi pun tetap bisa fokus dalam mengendari SUV ini. Tak kalah dengan tampilan luar, sepertinya sektor interior dari spesifikasi Toyota C-HR ini memang didesain untuk membrikan nuansa SUV berkelas premium yang memang oke punya.

Suspensi 


Image result for suspensi toyota c-hr

Setelah kita membahas sektor eksterior dan interiornya, pada segmen berikutnya ini kita akan membahas pada sektor dimensi dan suspensi dari spesifikasi Toyota C-HR. Jika melihat desain bodi yang tampak besar dan interiornya yang terlihat luas, tentu itu semua tak lepas dari ukuran dimensinya. Sebab, SUV mewah garapan Toyota ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.360, memiliki lebar 1.795 mm, dan tingginya mencapai 1.565 mm. Melihat ukuran dimensi tersebut maka bisa diketahui bahwa Toyota C-HR ini bakal tampak besar dan memberikan raung kabin yang luas sehingga akan memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada para penumpangnya. Namun, sayangnya untuk ukuran jarak sumbu roda, suspensi, dan ground clearance belum diketahui kepastiannya. Yang jelas bahwa Toyota CHR akan mengusung vleg berukuran 17 inci dan 18 inci dengan desain sporty serta memiliki ground clearance dengan ukuran yang cukup tinggi sehingga bisa melaju nyaman ketika melewati semua medan jalan. Di sisi lain, untuk sisitem pengremannya, spesifikasi Toyota C-HR akan menggunakan pengereman fitur ABS yang dipadukan dengan EBD dan BA agar sistem pengeremannya semakin maksimal.

Mesin

Selain memiliki tampilan luar yang elegan dengan interiornya yang begitu mewah, spesifikasi Toyota C-HR ini juga akan mengusung sektor dapur pacu yang begitu gahar dan handal. Bahkan, Toyota pun juga akan hadir dengan menawarkan 3 varian mesin berbeda di mana bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk varian Hybrid yang mengusung mesin 1.8 Liter akan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 96.51 Horsepower dan torsinya mencapai 193 Nm. Menariknya lagi, mesin  tersebut ternyata berfitur hybrid yang jika dihubungkan ke motor listrik maka mesin Toyota C-HR  tersebut akan mampu menghasilkan power maksimum mencapai 71.05 Horsepower dan torsi 163 Nm. Selain itu, C-HR hybrid juga dilengkapi sistem transmisi CVT dengan sistem penggerak roda depan. Di sisi lain, bagi kawan Mas Sena yang menyukai mesin berteknologi Turbo maka Toyota C-HR yang dilengkapi mesin bensin turbocharged pun bisa menjadi pilihan. Tipe ini jauh lebih powerfull mengingat mesin yang diusungnya ini akan mampu mengeluarkan tenaga maksimum mencapai 113.94 Horsepower dan torsi puncak 185 Nm. Mesin tersebut akan dihubungkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan dengan sistem pengerak roda depan ataupun semua roda yang dimilikinya. Tak hanya itu, Toyota C-HR  juga tersedia dalam varian continuously variable transmission (CVT) yang sama-sama bertenaga. Sementara itu, untuk varian mesin naturally aspirated, diklaim akan mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 147.45 Horsepower dan torsi puncak sebesar 193 Nm. Sayangnya hanya tersedia pilihan transmisi otomatis atau CVT yang disempurnakan oleh sistem penggerak roda depan. Namun, yang jelas bahwa dengan hadirnya ketiga varian mesin yang diusung pada spesifikasi Toyota C-HR tersebut maka otomatis akan membuat harganya berbeda.

0 komentar:

Post a Comment