Monday

Review Honda HR - V Mugen

Review Honda HR - V Mugen - Diperkenalkan pada ajang GIIAS 2016 pertengahan tahun 2016 tak membuat Honda Berlama-lama menggeluarkan produknya yang satu ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku distibutor Honda Mobil di Indonesia pada bulan November 2016 secara resmi menggeluarkan Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen dan Honda HR-V 1.8L Prestige-Mugen. Model ini merupakan varian asli dari Honda HR-V standar hanya saja di beri aksesoris dari mugen yang membuatnya bukan saja memiliki tampilan yang prima dan dari segi fitur juga dirasa cukup spesial.

Sekilas mengenai Honda HR-V versi sebelumnya dimana Angka penjualan Honda HR-V di Indonesia sendiri tergolong sangat baik, bhkan pada januari 2015 sampai dengan juni 2016 Mobil Honda HR-V ini telah mencatat angka penjualan 46.185 unit di seluruh nusantara, hal ini membuat Honda HR-V menjadi mobil di Segmen low SUV berhasil menjadi market leader, dengan munculnya Honda HR-V ini diharapkan anka penjualannya bisa melebihi dari Harga Honda HR-V versi standar. terlebih perbedaan harga yang dibawanya terbilang tidak terlalu jauh.

Buat sobat otomotif yang belum tahu Mugen, Mugen sendiri merupakan perusahaan aksesoris yang memiliki reputasi yang sangat baik dengan kualitas yang baik dan juga memiliki kesan sporty, dengan perpaduan Honda HR-V dan Mugen membuat Honda HR-V Mugen terlihat tough dan stylish. bebrapa aksesoris tambahan yakni pada bagian eskterior ada  Front Under Spoiler, Rear Under Spoiler,Tough 17” Alloy Wheel, Sporty Front Grille, Side Under Spoiler,  dan Tailgate Spoiler, Mugen Emblem dan Mugen Side Stripe Sticker.  yang manamembuat tampialn luarnya semakin sporty dengan tiga pilihan warna menarik White Orchid Pearl, Rallye red dan Crystal Black Pearl.

Selain tambhan eksterior Honda HR-V juga dibekali dengan tambahan interior dari Mugen diantaranya, seperti Audio Head Unit pada HR-V 1.5L E CVT Mugen diubah menjadi Smart 8” Floating A/V System.  Sedangkan untuk harga Honda HR-V Mugen 1.5L E CVT Mugen dibandrol dengan harga Rp 326.4 jutaan sedangakan untuk varian Honda HR-V 1.8 Prestige-mugen dihargai Rp 398.8 jutaan. nah untu sobat yang pensaran dengan spesifikasinya langsung saja kita simak tabel Spesifikasi Dan Harga Honda HR-V Mugen berikut ini.

Image result for honda hr - v mugen

 Review Honda HR - V Mugen


Eksterior


Sebagai mobil yang menyasar pada segmen Low SUV, tentu untuk tampilan desainnya tidak akan berbeda jauh dengan SUV pada umumnya. Dalam kaitannya dengan tampilan dari spesifikasi Honda HR-V Mugen ini, mobil ini akan mengusung konsep desain Dynamic Cross Solid yang memperlihatkan tampilan desain yang tampak begitu sporty dan kokoh khas mobil SUV. Konsep ini menampilkan kesan mewah dan eksklusif di mana terdapat banyak lekukan tegas yang semakin membuat mobil ini tampak terkesan gagah. Dari bagian depan bisa diketahui bahwa Honda menyematkan lampu LED Projector Headlight with LED Day Time Running Light (DRL) pada tipe tertinggi dari Honda HRV Mugen. Sehingga, mampu memberikan penerangan maksimal pada keadaan gelap. Selain itu, ditambah juga fog lamp pada bagian kanan dan kiri bagian depan yang ikut menyempurnakan pencahayaan yang ada. Sementara untuk tipe standar, Honda HRV Mugen masih mengandalkan Halogen Headlight + Auto Off. Di sisi lain, Honda HR-V Mugen ini juga dilengkapi dengan front grill di mana memiliki warna silver yang tidak mengkilap. Di satu sisi, dilengkapi juga dengan front under spoiler yang berada pada bagian bumper depan dan berguna untuk melindungi bumper depan. Keseluruhan itu semua menunjukkan bahwa spesifikasi Honda HR-V Mugen ini memang keren.

Menginjak pada bodi samping, tampaknya Honda juga menyematkan Side under spoiler yang dibalut dengan warna hitam dop. Tak hanya itu saja, pada bodi samping dari spesifikasi Honda HRV Mugen ini Honda juga tak melupakan memberikan Mugen Side Stripe Sticker pada bagian atas handle mobil yang terletak pada bagian depan saja untuk menambah kesan sporty dan menandai bahwa mobil ini varian premium. Sementara itu, menginjak pada sektor belakang mobil, sobat Mas Sena akan menjumpai Rear Under Bumper Spoiler yang letaknya berada di bagian bawah persis dari bumper belakang. Selain itu, pada sektor belakang bodi belakang dari spesifikasi Honda HR-V Mugen ini juga dilengkapi dengan sebuah tailgate spoiler yang membuat mobil garapan Honda ini makin terlihat lebih besar. Di sisi lain, dikarenakan mobil ini hadir sebagai mobil edisi khusus dari Honda HRV Mugen maka tak lupa juga Honda pun memberikan emblem Mugen pada bagian belakang mobil ini sehingga akan memperkuat kesan pembaruannya. Memang, jika dilihat secara keseluruhan, Honda HRV Mugen ini terlihat tampil lebih modern dengan beberapa tambahan fitur dan aksesoris yang dibawanya sehingga makin tampak lebih fresh untuk mobil sekelas SUV. Hal ini tentu menjadi sebuah kelebihan besar dari spesifikasi Honda HRV Mugen tersebut.

Interior

Image result for interior hr - v mugen


Pada sektor interiornya ini, Honda HR-V Mugen sendiri ini memiliki tampilan yang luas dan elegan di mana hal tersebut dipertegas pada penggunaan aksen warna yang begitu menawan dan mampu membuat nyaman setiap orang yang memasuki ruang kabin dari Honda HRV Mugen ini. Selain itu, untuk varian tertinggi akan disematkan pula beberapa fitur canggih dan menarik pada bagian dashboardnya di mana tampak sebuah layar Touchscreen 7.0″ yang sangat fungsional. Pasalnya, dengan adanya layar sentuh tersebut tentu bisa digunakan sebagai salah satu fitur hiburan berupa AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + NAVI System + USB Port + AUX input + Made for iPod/iPhone/Android + Bluetooth + HDMI. Sementara itu, untuk versi Honda HR-V Mugen standar hanya akan dibekali dengan layar 6″ serta beberapa fitur yang berkurang. Di samping itu, untuk menambah hiburan pada sistem audio maka Honda menyematkan Speaker 2 DIN yang akan memberikan suara menggelegar dan kepuasan dalam mendengarkan musik, sehingga perjalanan lebih menyenangkan. Tak sampai di situ saja, pada tipe Honda HRV Mugen Prestige sendiri dilengkapi dengan Sunroof dan AC with Smart Touch di mana sistem operasinya cukup mudah, yaitu hanya sekali tekan semua berjalan secara otomatis. Akan tetapi, untuk tipe Honda HR-V Standar tersebut masih menggunakan AC manual yang harus diatur oleh tangan si pengendara. Walaupun demikian, hal tersebut tak membuat kerennya spesifikasi Honda HR-V Mugen ini menjadi berkurang.

Dimensi


Perlu diketahui bahwa mobil garapan Honda ini merupakan mobil Low SUV yang diketahui memiliki interior luas dan tampilan eksterior yang tampak besar. Tentu, hal tersebut tak lepa dari dimensi pembentuknya di mana dalam hal ini, Honda HR-V mugen memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.294 mm, lebarnya 1.772 mm, dan tinggi mencapai 1.580 mm serta memiliki jarak sumbu roda hingga 2.610. Selain itu, Honda HRV Mugen ini juga memiliki bobot yang berbeda-beda setiap variannya. Tersebut bobot 1.226 Kg menjadi bobot varian 1.5 liter. Sedangkan untuk varian 1.8 liter tentu saja lebih tambun dengan bobot  1306 kg. Dengan melihat ukuran dan bobot tersebut maka wajar jika Honda HR-V Mugen ini memiliki bentuk bodi yang tampak cukup besar dan luas sehingga membuat gerak penumpangnya semakin lega. Tak hanya itu saja, mobil Low SUV garapan pabrik asal Jepang ini pun juga memiliki tinggi ground clearance setinggi 185 mm yang tentunya akan membuat mobil ini tetap aman jika melewati jalanan yang penuh bebatuan tinggi maupun polisi tidur. Di sisi lain, guna menunjang kenyamanan dalam berkendara, Honda juga membekali Honda HRV Mugen ini dengan suspensi MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam yang mana keduanya akan mampu meredam setiap goncangan ketika mobil ini melewati kontur jalan yang kurang rata. Sementara itu, pada sektor velgnya, Honda akan membekalinya dengan tipe Bold 17’ Alloy Wheel untuk varian Prestige sedangkan untuk varian standar akan dibekali dengan velg tipe Sporty 17’ Alloy Wheel. Kedua velg dari 2 varian Honda HRV Mugen tersebut nantinya akan sama-sama dibalut dengan sebuah ban berukuran 215/66 R17. Terlepas dari itu, untuk mempermudah pengemudi dalam mengontrol laju mobil maka disematkan pula sistem pengereman lengkap dengan teknologi ABS + EBD (Electronic Brake Force Distribution) + BA yang akan memaksimalkan pengereman agar mobil tetap stabil meski direm secara mendadak. Tak cukup sampai di situ saja, Honda HR-V Mugen ini masih akan dilengkapi dengan sistem pengeremannya berteknologi Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold untuk melepas dan mengaktifkan rem pada mobil secara otomatis menggunakan sebuah panel tombol. Keren bukan spesifikasi Honda HRV Mugen ini?

Mesin

Image result for mesin hr - v mugen


Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Honda HR-V Mugen ini nantinya akan hadir dengan 2 varian dan dengan mesin yang berbeda pula. Pertama yaitu varian Honda HR-V 1.8L Prestige-Mugen yang akan dibekali mesin 1.8 liter tipe SOHC 4 Silinder dengan 16 katup i-VTEC+DBW berkapasitas 1.759cc. Sementara itu, untuk varian standar atau Honda HR-V 1.5L E CVT-Mugen akan dibekali mesin 1.5 liter tipe SOHC 4 Silinder dengan 16 katup i-VTEC+DBW dan berkapasitas 1.497cc. Meskipun kedua varian Honda HRV Mugen tersebut mengusung mesin berbeda namun tetap akan menghasilkan tenaga yang tak jauh berbeda. Untuk varian HR-V Prestige, akan mampu memberikan tenaga hingga 139 Ps setiap putaran 6.500 rpm dan mampu mencapai torsi hingga 169 Nm pada putaran 4.300 rpm dengan perbandingan kompresi 9.7 : 1. Sementara itu, untuk tipe Honda HRV Mugen CVT Standar akan menghasilkan tenaga sebesar 120 Ps setiap putaran ke 6.500 dan mampu mencapai torsi sampai pada titik 14 Nm pada putaran ke 4.600 rpm dengan perbandingan kompresi 10.3 : 1. Nah, untuk sistem transmisinya akan terbagi menjadi 2 pilihan juga, di antaranya untuk tipe pertama akan mengandalkan tipe CVT dan M/T 6-percepatan. Untuk CVT akan digunakan pada varian Prestige, Type E CVT, Type S CVT sedangkan untuk M/T 6-percepatan akan digunakan pada tipe S M/T, Type A M/T. Dengan mesin dan sistem transmisi yang diusung kedua tipe dari Honda HR-V Mugen tersebut, meskipun berbeda namun kedua-duanya akan mampu membuat laju mobil ini menjadi kian gesit dan cepat. Bahkan, walaupun memiliki tenaga besar namun mobil garapan Honda ini akan tetap irit bahan bakar mengingat sudah mengandalkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI untuk kedua varian tersebut sehingga konsumsi bahan bakar pun kian efisien. Di samping itu, untuk tangki bahan bakar Honda HRV Mugen inipun juga akan tersedia dalam 2 pilihan mengikuti jenis mesin yang digunakan. Untuk varian Prestige akan mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter sedangkan tipe standar (tipe 1.5 L) akan mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 40 liter saja. Meskipun berbeda namun kedua kapasitas bahan bakar tersebut cukup untuk menampung bahan bakar guna dijadikan bekal jika dikendarai untuk perjalanan jauh. Hal ini berarti spesifikasi Honda HR-V Mugen tersebut cocok untuk diajak menjelejah ke berbagai tempat.

Fitur


Berkaitan dengan fitur maka untuk mobil ini sudah dibekali dengan banyak fitur yang semakin memanjakan dan mempermudah aktivitas pengguna saat menggunakan mobil ini, seperti adanya fitur Engine Start Stop tombol ini untuk mempermudah sobat dalam menyalakan dan mematikan mesin, salah satu fitur keunggulan dari Honda HR-V Mugen adalah layar Touchscreen 7.0″ yang memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalah AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + NAVI System + USB Port + AUX input + Made for iPod/iPhone/Android + Bluetooth + HDMI. Sedangkan untuk versi terendahnya hanya dibekali dengan layar 6″ serta beberapa fitur yang berkurang. Untuk Sistem keamanan mobil sendiri Honda membekali Honda HRV Mugen ini dengan fitur keamanan yang komplit, contoh saja dengan adanya Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Smart Entry dimana fitur keamanan ini membuat sobat merasa aman meninggalkan mobilnya dalam parkiran tanpa khawatir adanya resiko kehilangan dan pencurian. Selain itu, untuk menunjang keselamatan maka Honda pun juga membekali mobilnya ini dengan sistem pengereman canggih, yaitu ABS + EBD (Electronic Brake Force Distribution) + BA yang akan memaksimalkan pengereman agar mobil tetap stabil meski direm secara mendadak. Tentu saja, spesifikasi Honda HRV Mugen tersebut membuktikan bahwa Honda sangat peduli dengan keselamatan konsumennya.

Video


 

 Demikianlah Review Honda HR - V Mugen yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

0 komentar:

Post a Comment