Tuesday

Review Mobil Isuzu Panther

Isuzu Panther adalah kendaraan Diesel serba guna yang dibuat Isuzu di Indonesia untuk pasar Asia. Dirakit berdasarkan chasis dan model yang hampir mirip dengan Toyota Kijang. Model ini sangat cocok untuk membawa banyak penumpang atau barang. Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya setempat yang bersifat kekeluargaan. Mobil sejenis yang mirip dengannya ialah Toyota Kijang dan Mitsubishi Kuda

Image result for isuzu panther
"Isuzu Panther"

Sejak tahun 2000 beredar Isuzu Panther generasi ke-3 dengan kode produksi TBR-541, diawali dengan generasi pertama tahun 1991 sampai tahun 1996 dengan kode produksi TBR-52 dan generasi kedua tahun 1996 sampai tahun 2000 dengan kode produksi TBR-54.

Isuzu panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode AUV (Asian Utility Vehicle), selain di Indonesia juga diproduksi di Filipina dengan nama Isuzu Crosswind, di Vietnam dengan nama Isuzu Hi-Lander dan di India dengan nama Chevrolet Tavera.

Eksterior

Pertama-tama, mari kita telusuri bagian eksterior Isuzu Panther terlebih dahulu. Siapapun orangnya pasti setuju menyebut dua kata yaitu “gagah perkasa” untuk menggambarkan seluruh aspek yang ada pada bodinya. Bagaimana tidak, dimensi yang panjang hingga 4535mm, dengan lebar 1770 mm serta tinggi 1873 mm sangat pas untuk versi Touring. Terlebih untuk versi Grand Touringnya, tingginya pun menjulang hingga 1920 mm. Tak heran jika dari segi ukuran sudah dapat ditebak bahwa kedua versi MPV hasil besutan Isuzu tersebut nampak begitu besar dan garang.

Image result for isuzu panther eksterior
"Eksterior Isuzu Panther"
Untuk menggambarkan kegarangannya, tentu desain bagian depan menjadi hal mutlak yang perlu ditonjolkan. Pada bagian wajah ini baik dari segi ukuran maupun desain merepresentasikan kegagahannya. Anda akan menjumpai sebuah grille yang didesain dalam bentuk garis yang kokoh dimana pada bagian tengahnya telah terselip emblem Isuzu. Agak sedikit ke bawah, rupanya disana telah tersemat sebuah bumper dari plat yang begitu keras serta ditanamkannya headlamp dengan perpaduan lampu utama dan lampu sein yang ditempatkan pada satu wadah diikuti dengan FOG lamp tepat di bawahnya. Beralih pada bagian samping, Isuzu membubuhkan goresan garis horizontal pada bodinya dimana garis ini dirancang lebih menenonjol pada setiap daun pintu baik itu pintu sisi kanan maupun kiri. Tidak hanya itu, untuk menyuntikkan kesan lebih gagah bagian atas bannya telah terpasang body tambahan yang dibuat menonjol dengan bentuk lengkung khas yang semakin membuatnya gagah.  Beralih ke bagian belakang, disana telah tersemat bumper yang sama kuat dan gagahnya sebagaimana dengan bumper depan. Yang membedakannya disini yaitu back door garnish yang hadir dengan desain yang mutakhir untuk membuatnya gagah sekaligus sporty.

Interior

Setelah puas mengamati tampilan eksterior yang gagah, kini anda kami ajak melihat-lihat apa saja yang tersaji pada bagian interiornya. Pada bagian ini anda akan disuguhi ruang kabin yang luas, longgar serta penuh kenyamanan yang bisa anda rasakan pada segala tipe mobil Panther. Namun, terkait fitur-fitur canggih yang akan kami ulas disini hanya dapat anda temukan pada Panther versi touring. Fitur ini bernama New Complete Meter yang menjadi wadah berkumpulnya berbagai macam indikator penting. Untuk fitur hiburan, Isuzu menyematkan monitor DVD yang letaknya pada langit-langit kabin yang telah terintegrasi dengan fitur pemutar pada bagian dashboardnya, begitupun halnya dengan fitur MP3, radio dan CD.

Image result for isuzu panther interior
"Interior Isuzu Panther"

Tidak hanya dijejali dengan fitur hiburan, kabin Isuzu Panther pun dilengkapi dengan panel LCD yang berfungsi maksimal sebagai parking monitor. Fitur ini telah terhubung dengan kamera yang terletak pada bagain belakang mobil untuk mempermudah proses memarkir tanpa tukang parkir. Fitur lain yang tak kalah menggoda yaitu Subwoofer yang telah tertanam untuk memuaskan setiap pasang telinga karena suara bombastis yang dikeluarkannya sehingga perjalanan anda menjadi jauh lebih menyenangkan.  Agar suhu ruangan kabin tetap dingin, air conditionerlah yang bertanggung  jawab penuh dimana fitur pengatur suhu ini telah dibenamkan pada bagian depan maupun belakang atau bisa disebut sebagai Double Blower.

Performa

Jika dalam pikiran anda masih terdapat kata “ragu” terkait performa Isuzu Panther, sebaiknya buang jauh-jauh. Kenapa? Menilik sistem dapur pacunya, Isuzu Panther selalu menomorsatukan part yang berkualitas, terlebih performa mesin tiap waktunya. Seperti yang telah disematkan pada Isuzu Panther Touring, dimana pada bagian dapur pacunya telah diperkuat mesin 4JA 1 L dengan turbocharger yang dioperasikan pada sistem Diesel Direct Injection. Adapun kubikasi mesin guna mendukung laju kendaraan ini yaitu sebesar 2499 cc. Tak heran jika power maksimum yang disemburkannya hingga 80 PS dengan putaran mesin sebesar 3500 rpm. Adapun untuk Torsi maksimum yang dapat diraihya hingga 91,5 Kgm pada 1800 rpm.

Image result for isuzu panther mesin
"Mesin Isuzu Panther"
Berdasarkan test drive yang telah dilakukan, memang benar jika Isuzu Panther terasa sangat nyaman pada setiap tarikannya, terutama dalam perpindahan gigi dimana sensasinya terasa sangat berbeda serta jauh lebih nyaman ketimbang mobil lain yang bahan bakarnya bensin atau gasoline. Yang terpenting disini yaitu tenaga yang dipancarakan cukup besar. Terlebih ketika sedang menanjak, seberapapun tinggi tanjakan dan juga kemiringannya akan dapat dilahap dengan mudah oleh mobil pabrikan Isuzu ini. Untuk mencapai kecepatan maksimal, waktu yang dibutuhkan pun cukup singkat karena mobil satu ini cukup responsive, terlebih versi lamanya.

Keamanan

Karena keamanan penumpang dipertaruhkan disini, Isuzu Panther tak main-main dengan fitur keamanan yang tersemat di dalamnya. Tidak mau kalah dengan mobil-mobil yang berkeamanan tinggi lainnya, kehadiran beberapa fitur keamanan di dalamnya sudah cukup mumpuni dalam menunjang keselamatan berkendara. Fitur-fitur itu antara lain ABS + EBD + Brake Assist, Rear Parking, 7 Airbag dan Seatbelt with Pretentioner dan Force Limiter.

Konsumsi Bahan Bakar

Menilik dari perawakannya yang bongsor dan besarnya mesin yang diusung, mungkin anda meragukan keiritan konsumsi bahan bakarnya. Jangan salah, mobil bermesin diesel ini terkenal sebagai kuda besi yang irit bahan bakar di antara mobil-mobil lainnya yang sekelas. Tak heran jika mobil-mobil dengan mesin berkapasitas besar mengikuti jejak Isuzu Panther dengan menggunakan mesin yang serupa. Terlebih, Isuzu Panther mengkonsumsi solar yang harganya lebih murah dari premium sehingga sudah pas untuk tujuan efisiensi. Dengan demikian, keuntungan yang akan anda dapatkan dari mobil bermesin diesel semacam Isuzu Panther ini akan berlipat ganda.

Keseluruhan

Isuzu Panther memiliki tampilan khas mobil besar, terlebih versi touringnya. Dengan dimensi yang bongsor, mobil yang satu ini nampak perkasa dengan balutan bodi yang kuat pada tiap sisinya. Mulai dari bagian depan yang mentereng dengan hiasan bumper besar, lampu utama serta lamp FOG yang khas menjadikannya berpenampilan garang. Untuk sisi body lainnya mulai dari samping hingga belakang pun menyembulkan kesan yang sama, yakni  eksterior yang begitu macho. Hal yang sama juga berlaku pada interiornya. Mobil yang satu ini dianugerahi desain interior yang lega berkat besarnya dimensi yang diusung secara keseluruhan. Namun demikian, kenyamanan serta keindahan interior tetap layak diperhitungkan dan disejajarkan dengan mobil-mobil keren lainnya.

Dengan desain bongsor yang diusungnya, sebenarnya performa dapur pacu dipertaruhkan di lintasan. Akan tetapi, Isuzu mampu menjawabnya dengan mesin diesel andalannya yang telah tersemat pada Panther untuk berbagai tipe. Mesin berkapasitas besar yang diusungnya tak menjadikan mobil ini boros, justru sebaliknya mobil ini sangat irit bahan bakar, apalagi dengan konsumsi solarnya. Fitur keamanan pun tak kalah dengan mobil-mobil yang lain sehingga para pengendara dan penumpangnya tak perlu khawatir terkait teknologi yang digunakan dalam menjaga keselamatan mereka. Bisa dikatakan, mobil yang satu ini siap memenuhi segala ekspektasi pemakainya, mulai dari eksterior hingga dapur pacunya.

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther

Dalam memilih mobil, perlu bagi pembeli untuk menimbang bebet dan bobotnya. Hal ini berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Jika anda tertarik dengan Isuzu Panther, berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang melekat padanya:

Kelebihan

Kelebihan yang pertama terletak pada bodinya yang bongsor. Inilah yang akan menyediakan space yang begitu luas bagi interior sehingga kabin yang tersedia cukup lega juga nyaman. Selanjutnya yang menjadi kelebihan mobil yang satu ini yaitu peredaman yang bagus. Dengan ditunjang suspense yang berkualitas ditambah rancangan bodi yang nyaman, Isuzu Panther dapat meminimalisir setiap getaran dan guncangan dalam berkendara agar penumpang tetap nyaman. Selanjutnya, harga sparepartnya pun murah sehingga tak terlalu menguras kantong. Begitupun dengan perawatan yang mudah memungkinkan anda sebagai sang pemilik untuk mengotak-atiknya sendiri atau pun membawa ke bengkel. Pasalnya, banyak sekali bengkel (bengkel biasa sekalipun) yang dapat menangani servis atau perbaikan jika terjadi kerusakan. Selain itu, Isuzu Panther terlah banyak berseliweran kemana-mana sehingga mobil ini sudah tak asing lagi, sekalipun di pelosok-pelosok. Yang terakhir dan tak kalah penting yaitu konsumsi bahan bakar yang irit.

Kekurangan

Selain kelebihan, Isuzu Panther masih menyisakan beberapa kekurangan. Apa saja itu? Yang pertama terletak pada akselerasinya yang kurang memuaskan dan kurang responsif dibanding mobil-mobil lainnya. Tentu ini bukanlah sesuatu yang bagus jika bagi anda yang suka ngebut. Tidak hanya itu, body roll mobil ini begitu terasa meskipun anda berkendara dengan kecepatan rendah. Selanjutnya, doortrim yang disematkan padanya juga terkesan murahan sehingga kesan mewah yang anda harapkan bisa sirna seketika. Yang terakhir, fitur-fitur interior alakadarnya dan terkesan minim tanpa ada sesuatu yang ditonjolkan di dalamnya.

Spesifikasi Isuzu Panther

 Secara keseluruhan, spesifikasi yang ditawarkan Isuzu Panther antara lain:

Exterior

  • Body Bongsor
  • Desain Gagah dan Garang
  • Garis Pintu Menonjol dan Khas
  • Back door garnish yang mutakhir

Interior

  • Kabin yang lega
  • Monitor DVD yang tersinkronisasi
  • Double AC Blower
  • Subwoofer yang menggelegar

Mesin

  • Mesin JA 1 liter dengan Turbocharge
  • Kapasitas mesin 2.499 cc
  • Teknologi Diesel Direct Injection
  • Konsumsi bahan bakar irit

Safety

  • Rear Parking Camera
  • Seatbelt with Pretentioner dan Force Limiter
  • Airbag
  • ABS + EBD + Brake Assist
Demikianlah review Mobil Isuzu Panther yang dapat kami sampaikan. namun sebelum saya  tutup artikel ini saya ingin menawarkan sebuah produk bagus yang dapat melindungi mobil kesayangan pembaca dari cuaca panas, hujan, debu dan kotoran menggunakan
PLUS1 Body Cover Panther [BC-0004]

  PLUS1 Body Cover Panther [BC-0004] 

Bahan parasut berkualitas dengan Coating Waterproof membuat Body Cover tahan hujan sekaligus panas matahari, tidak gampang robek, dengan jahitan yang rapi dan bisa menutupi mobil sampai ke ban. Terdapat pilihan ukuran untuk beberapa jenis mobil yang dapat Anda pilih.


Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof

PLUS1 Body Cover menggunakan Bahan Parasut Berkualitas dengan Coating Waterproof atau biasa di sebut juga dengan Kain taslan. Kain tersebut yang terbuat dari bahan serat sintetis berkualitas tinggi. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap air (Waterproof). Permukaan bahan agak licin dan memiliki kerapatan serat bahan tinggi, dengan lapisan balon di bagian dalam, lebih ringan sehingga mudah untuk dilipat.
 
*Gambar Sekedar Ilustrasi
Pada umumnya Body Cover mobil memiliki dua sisi yang berbeda yaitu sisi dalam dan sisi luar. Sisi dalam Body Cover mobil memiliki bahan yang lembut, sehingga mobil Anda tidak akan tergores pada saat mau menutup dan membukanya. Sedangkan pada sisi luar Body Cover memiliki fungsi sebagai penolak panas sinar matahari yang dapat merusak mobil Anda. Perhatikan juga saat Anda ingin menggunakan Body Cover mobil. Yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan Body Cover adalah sebagai berikut :
  1. Memasang Body Cover mobil dimulai dari kaca spion lalu bagian bumper depan dan belakang
  2. Usahakan untuk melipat Body Cover mobil agar tidak kena kotor dan debu
  3. Disarankan untuk tidak mencuci Body Cover mobil dengan menggunakan deterjen dan mesin cuci, sebab dapat merusak lapisan lilin dan material
  4. Jika Body Cover masih basah akibat terkena hujan disarankan untuk tidak langsung mengemasnya, sebab dapat menimbulkan bau tidak sedap dan merekat pada saat sudah kering.
 

1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete